GROSIR TANAMAN HIAS (Portulaca oleracea) Rp 12500.-

 



Portulaca oleracea variegata

      Portulaca oleracea biasa dikenal juga dengan nama"Sutra bombai", “Gelang biasa” atau “Resereyan” adalah tanaman tahunan yang termasuk familia Portulacaceae. Tanaman krokot merupakan terna banyak mengandung air, tumbuh tegak atau sebagian/ seluruh bagian tanaman  merayap di permukaan tanah tanpa keluar akar dari bagian tanaman yang merayap tersebut. Batangnya bulat dan warnanya cokelat keunguan, panjangnya dapat mencapai 50 cm dan memiliki sekitar 40 varietas yang dibudidayakan.

     Portulaca oleracea variegata merupakan salah satu dari varietas yang banyak dicari dan dibudidayakan. Portulaca oleracea variegata banyak dikenal juga dengan nama "portulaca hana misteria" atau "moss rose variegata", dengan daun berwarna hijau, putih keunguan dan bunga berwarna merah jambu yang cantik tanaman ini sangan cocok dan banyak diminati sebagai tanaman hias. Tanaman ini menyukai tempat tempat yang terkena sinar matahari langsung atau tempat dengan intensitas cahaya yang tinggi sehingga cocok sebagai tanaman outdoor atau sebagai hiasan teras rumah.

        Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus dan relatif mudah dengan penyiraman rutin dan memeberikan pupuk secukupnya saja atau dapat juga menggunakan pupuk kompos yang langsung dicampur pada media tanam dengan rasio tertentu, walaupun tanpa pupuk tanaman ini masih dapat rumbuh dengan baik. Namun pada saat tertentu tanaman ini memerlukan perhatian khusus yaitu dengan replant dan penanganan hama. 


 
Portulaca oleracea

Manfaat:

         Meskipun gelang biasa dianggap sebagai rumput liar, dalam varietas tertentu tanaman ini juga dapat dimakan sebagai sayur. Tanaman ini memiliki rasa asam dan asin. Di Indonesia tepatnya di desa Galengdowo tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai kue, sayur, dan botok. Selain itu dapat dimanfaatkan juga sebagai insektisida alami, karena mengandung zat tannin, fosfat, dan magnesium dalam jumlah banyak. Gelang juga mengandung zat besi, alumunium, mangan, kalsium, potassium, sodium dan urea.

         WHO telah menetapkan tanaman ini dalam daftar tanaman obat yang diprioritaskan di dunia, dan 23 negara telah menggunakan tanaman ini. Dalam farmakologi cina tanaman ini dapat menyembuhkan disentri, selain itu tanaman ini juga bersifat penenang, peluruh air seni dan sebagai tonik.