GROSIR TANAMAN HIAS STEFANOT UNGU (Mansoa alliacea) Rp. 15000.-

 

      Bunga garlic vine (Mansoa alliacea) merupakan tanaman liana tropis dari keluarga Bigoniaceae, dengan batang semi-kayu yang menempel disekitar batang pohon besar. Helaian anak daun dimosifikasi menjadi sulur untuk membantu merambat tanaman inang. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan bagian Utara dan telah menyebar ke Amerika Tengah dan Brazil. Stefanot ungu memiliki nama lain wild garlic, false garlic atau forest garlic tanaman ini memiliki ciri khas yakni warna dan bau bunga yang khas.

       Bunga garlic vine atau stefanot ungu (Mansoa alliacea) Stepanot ungu merupakan tanaman rambat atau pergola. Bunganya berwarna ungu dan memiliki bau seperti bawang. Tentunya bau inilah yang tidak disukai oleh serangga dan ulat. Bunga tanaman ini juga cukup indah dan sangat mudah di tanam. Bunganya cantik bergerombol berwarna ungu. Sangat cantik di tanam cluster dalam pot atau dirambatkan pada pagar rumah. Stepanot sangat mudah hidup ditanam dengan cara stek batang.

        Stefanot adalah tanaman merambat dengan tingkat pertumbuhan sedang. Stefanot dapat ditanam dalam wadah dan harus dipangkas setelah bunganya hilang, tanam dalam pot ukuran 12-20 cm harus dijaga agar tingginya tetap terjaga sekitar 90 cm. salah satu cara untuk menjaganya dalam batas yang wajar adalah dengan melatih pertumbuhan cabang baru disekitar lingkaran rotan atau kawat. apabila ditanam diluar ruangan tanaman tidak boleh terlalu sering dipangkas karena kuncup bunga muncul pada pertumbuhan cabang baru, dengan terlalu sering dilakukan pemangkasan akan mencegah tanaman untuk berbunga.

        Stefanot Ungu mengandung senyawa sulfur yang mirip dengan kandungan bawang putih, yang di dominasi oleh senyawa allin dan sulfide alil, sehingga dapat digunakan sebagai anti fungal atau sebagai anti mikroba. Tanaman ini selain berada di Indonesia juga telah tersebar di seluruh negara di dunia. Selain itu tanaman ini juga memiliki kandungan antosianin yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol.