16 JENIS TANAMAN BROMELIA YANG BISA KAMU TANAM DI RUMAH


16 JENIS TANAMAN BROMELIA YANG BISA KAMU TANAM DI RUMAH 

Ditengah kesibukan rutinitas sehari-hari akan lebih bermanfaat jika diselingi dengan kegiatan berkebun, salah satu tanaman hias yang layak untuk kamu tanam dan rawat adalah bromelia.

Bromelia sendiri merupakan kelompok tanaman dari keluarga Bromeliaceae yang berasal dari Argentina dan Brazil yang terdiri dari sekitar 3.000 spesies dan ratusan hingga ribuar hibrida.

Banyak jenis bromelia yang menarik untuk dibudidayakan. Daun yang beraneka warna dan corak daun yang memesona membuat tanaman ini disukai sebagai tanaman hias daun.


    Neoregelia Fireball                                                           Bromelia Lipstik

       Bromelia Lipstik Pink                                          Bromelia Tricolor

Tanaman yang masih satu keluarga dengan nanas ini kaya kalsium dan vitamin C. Berkhasiat sebagai obat cacing , Selain itu daun bromelia juga bisa mengempukkan daging

Keunikan dari tanaman bromelia dilihat dari pola daunnya. Daun bromelia berwarna hijau yang berbentuk seperti pedang, tersusun membentuk roset pada batang yang sangat pendek.

Bromelia setidaknya memiliki 40 helai daun yang bagian ujungnya melengkung, ada beberapa spesies bromelia yang pada bagian pinggir daunnya bergerigi.


    Neoregelia Fireball                                                            Hylaeaicum


Bromelia Giant                                                                     Canistropsis

CARA PERAWATAN BROMELIA

Perawatan bromelia tergolong mudah dan tidak membutuhkan alat atau pupuk khusus. Di musim panas, mereka bisa ditanam di luar ruangan. Tanaman bromelia mentolelir berbagai suhu dari mendekati titik beku hingga 38 celcius. Kebanyakan bromelia akan baik dan maksimal dalam pertumbuhannya yaitu dalam suhu yang berkisar antara 18 sampai 32 celcius pada siang hari dan 10 hingga 18 celcius pada malam hari. Kebanyakan bromelia mendapat manfaat dari kelembaban tinggi dan sirkulasi udara yang baik.


                                     Neoregelia Johannis                        Vriesea Ospinae

Neoregelia Johannis                      Billbergia Saundersii

Bromelia yang ditanam diudara harus disiram setiap hari dengan cara membasahi tanaman. Mereka juga mendapat manfaat dari direndam dan merendam tanaman dalam air seminggu sekali.

Seluruh famili bromeliaceae umumnya dapat hidup diberbagai iklim dan karakternya tidak suka sinar matahari langsung yang berpotensi merusak daun. 


                                  Hylaeaicum eleut heropetalum     Bromelia Tokok

Nampun apabila tidak terkena sinar matahari sama sekali juga membuatnya manjadi kusam serta layu. Untuk itu tetap berikan pencahayaan dengan intensitas redup sekitar 30 persen.

Tanaman ini bahkan bisa tumbuh hingga tinggi 10m, bromelia tergolong dengan kemampuan adaptasi baik, sebab dapat dijumpai tumbuh pada pepohonan sebagai tanaman epifit hingga di bebatuan.


                                  Neoregelia Carolinae                    Neoregelia Ampillacea
 Bagaimana sobat sinox, apakah sudah ada keinginan untuk menanam tanaman bromelia di rumah? :)