67 JENIS POHON UNTUK PENGHIJAUAN DI SINOX NURSERY SEMARANG

 Sekarang ini sudah banyak gerakan-gerakan dan komunitas yang mengajak kita untuk bergaya hidup peduli lingkungan dan penghijauan. Salah satu caranya adalah menanam pohon untuk penghijauan. Dimana pohon yang akan ditanam sebagai penghijauan tetapi juga dapat sebagai pohon yang bisa menyerap polusi.

Pada daerah perkotaan amatlah banyak menghasilkan polusi terutama dari polusi kendaraan dan pabrik di sekitar. Jika tidak ada pohon yang bisa menyerap polusi tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan setiap orang yang tinggal disitu. 
Untuk itu masyarakat perlu melakukan kegiatan untuk melakukan penghijauan sehingga dapat mengurangi polusi yang ada. Berikut ini tim dari "energi dan lingkungan hidup" akan memberikan sedikit penjelasan tentang apa saja pohon yang dapat di jadikan penyerap polusi. Diantaranya adalah:

1.Pohon Akasia (Acacia Auriculiformis)



http://www.veeriku.tartu.ee/%7Eppensa/Acacia1.jpg
Akasia berasal dari bahasa Yunani, "akis" yang berarti duri. Tanaman ini memiliki poling yang berbentuk seperti bantalan duri, Sama seperti pohon penghijauan yang lain, akasia ramah lingkungan dan mampu menahan air dengan baik . Akasia memiliki beberapa manfaat bagi manusia. Akasia banyak digunakan sebagai pohon ornamen dan dalam industri parfum. Beberapa spesies akasia yang digunakan sebagai pohon hias diantaranya adalah Acacia dealbata, Acacia retinodes, Acacia xanthophloea, dan Acacia baileyana. Akasia juga banyak digunakan di bidang kedokteran. Acacia nilotica digunakan untuk mengobati masalah yang terkait dengan ejakulasi dini. Dalam metode pengobatan kuno, akar akasia yang direbus bisa digunakan sebagai pengobatan untuk rabies. Tanin yang diekstraksi dengan cara menguapkan kayu akasia umum digunakan sebagai astringent.

2.Pohon Matoa



http://informasitanamanhijau.files.wordpress.com/2013/05/matoa.jpg
Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman buah asli khas Papua, Matoa berasal dari keluarga (family) rambutan (Sapindaceae). Matoa sebenarnya tumbuh liar di hutan-hutan Papua, sejenis tumbuhan pohon besar, tinggi pohon rata-rata 16 meter dengan diameter rata-rata maksimum 90 cm. Matoa berbuah sekali dalam setahun, berbunga pada bulan Juli hingga Oktober.

3.Angsana (Pterocarpus Indicus)


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA16mpXDzKCKplhTMEtiX-pJ90Vqz2XMFlv4fvd9Iii65HlsUGMRIWeJvsVLTVzGZT5zeGw2GlwtAr414KIfqmnMi_DBet51GMydIWmQC-lgSLpgN7JINRb7yGWqOYg9qxVblurJ51vPg/s1600/jenis-pohon-angsana-berbunga.jpg
Angsana (Pterocarpus indicus) atau terkadang disebut juga sono kembang. Pertumbuhan yang cepat , kayu yang kuat sering dimanfaatkan sebagai penghijauan dijalan raya atau lingkungan masyarakat. Angsana juga menghisap polutan dengan baik. Diameter batangnya mampu mencapai ukuran 350 cm dengan tinggi 40 meter. Pohon ini mudah diperbanyak dengan stek ranting. Rindang, pertumbuhan cepat dan multifungsi juga menjadi kelebihan pohon angsana. Dari kulit kayu , getah dan daunnya banyak dimanfaatkan untuk obat atau ramuan herbal. Kayunya juga berguna untuk digunakan sebagai mebel halus. Penanamannya yang mudah membuat pemerintah sering meletak angsana di Jalan-jalan besar perkotaan.

4.Pohon Bambu


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgf2_dVrSORH79HUiQtT9pQT9S0YAtDlOL_DjSJ9rMgyAbSyIwRUGdd7bVmLVgTU9pFdFcAtAki_7Z16IdRrae_fGn9rtNdVwa0sd9Aq34pRNXj0PeQu1uZTOD7RM5pyr406UMQZ4Svgc/s1600/bambu+eksotis.jpg
Tanaman bambu merupakan tanaman yang sangat baik bagi lingkungan karena tanaman ini mampu menyerap empat kali lipat lebih banyak karbondioksida daripada tanaman biasa lain.
Tanaman bambu menghasilkan 35 persen lebih banyak oksigen daripada tanaman lain pada umumnya.

5.Bungur (Lagerstroemia Speciosa)


https://40.media.tumblr.com/c0ee4dd92867a55cec33cd5537474e5d/tumblr_nfmp0eWsfr1qbn20xo1_500.jpg

Tanaman Bungur (Lagerstroemia) merupakan tumbuhan berwujud pohon atau perdu yang dikenal sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Bunganya berwarna merah jambu, bila mekar bersama-sama akan tampak indah.Perbanyakan anakannya dari biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai. Bijinya berbentuk bulat berwarna coklat sebesar kelereng. Selain itu bisa juga diperbanyak dengan pencangkokan.mampu hidup ditanah gersang atau subur , bungur menjadi pilihan yang tepat untuk menggabungkan konsep tanaman hias. Bungur mampu hidup diketinggian 800 mdpl.  selain sebagai pohon penghijauan, Biji bungur digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi.Sementara Kulit kayu digunakan untuk pengobatan :diare, disentri, dan kencing darah. Daun digunakan untuk pengobatan : kencing batu, kencing manis, dan  tekanan darah tinggi.


Pucuk merah merupakan jenis pohon peneduh yang sangat cantik. Daun-daunnya berwarna hijau tapi tampak sedikit warna merah di bagian pucuknya. Semakin tua daunnya, maka warnanya akan berubah menjadi hijau. Ketika daunnya diremas, maka akan keluar aroma yang sangat khas.

7.Johar (Cassia Siamea)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhw33Ee5u8V284CeJG1lHCChw0m5eyEnAaVfJ4mdU73j5II5H8koT-mqdm7z-Q8SU-2wK2i3YL2sEzgAdve6nfn89o87UfHalBL_BeHfFr38EKWSZxkvwwWNz0n7XcQheuTf_Ic6DFlUqU/s1600/C.siamea+02_trunk.jpg
Johar atau juar adalah nama sejenis pohon penghasil kayu keras yang termasuk suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan). Daunnya menyirip genap, 10 - 35 cm panjangnya; dengan tangkai bulat torak sepanjang 1,5 - 3,5 cm yang beralur dangkal ditengah poros tanpa kelenjar. Johar juga sering ditanam dalam sistem pertamanan campuran (agroforestri ) . Perakarannya yang luas mampu menahan air secara baik . Pohon ini juga dimanfaatkan sebagai obat cacingan , sawan , diabetes dan sebagainya. 
 Johar merupakan pohon yang sangat umum ditanam di pinggir jalan sebagai tanaman peneduh. Johar ini sangat mudah dikenali dengan bunganya yang berwarna kuning dan daun majemuk menyiripnya ditambah untaian buah polongnya yang biasa kering di tangkainya. Johar termasuk tanaman yang cepat tumbuh dan mampu beradaptasi pada daerah kering, sehingga sering dimanfaatkan sebagai pohon pelindung atau sebagai tanaman perintis.

8.Kiara Payung


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLqAd8X2Y2AHkvdhsEEVEWVO3O1PgFCQdtKKPBgNDupstwxbKFOBf28nzab8f7jREJ6VrwGwcgcRKn1xTCKZbcu1yXJgVaYHkrN4ZksX2fWUJosMm1qAP_quhvbiVROnXZhaHJaT8AgEQx/s320/Filicium+decipiens.JPG
Pohon kiara payung (Fellicium Decipiens) merupakan pohon yang cocok ditanam pada penghijauan lingkungan rumah.  Pohon ini sangat rindang dan bertajuk  luas, memiliki tinggi hingga 11 meter, dengan Batang utama pohon tidak terlalu besar seperti Pohon Tanjung dan Pohon Mangga. kemampuannya dalam menyerap gas CO2 (riset Endes N. Dahlan) berada diurutan ke-5 di bawah pohon Trembesi, Cassia, Kenanga, Pingku dan Beringin.  Ranting-rantingya  tidak terlalu besar namun kuat dari terpaan angin. Pertumbuhan daun dari pohon Kiara Patung berbentuk bulat dan simetris secara otomatis tanpa perlu pemangkasan seperti jenis tanaman pagar teh-tehan. Tanaman pagar teh-tehan harus anda pangkas agar pertumbuhannya simetris dan teratur seperti halnya rambut manusia.

9.Kihujan/ Trembesi

Trembesi Jenis Pohon Peneduh


Pohon trembesi atau disebut juga pohon kihujan (Samanea saman) merupakan salah satu pohon penghijauan terbaik. Pertumbuhannya cepat, batangnya besar , kuat dan bentangan kanopinya lebar dan mampu menyerap 28 Ton Co2 pertahunnya. Trembesi bisa  hidup didaerah yang kritis dan memiliki keasaman yang tinggi.Penelitian membuktikan , pohon terambesi yang ditanam di lahan satu hektar dapat mengikat 0,6 Ton Oksigen perhari. Pohon ini unggul menanggulangi banjir , mampu menyimpan 900 meter kubik air juga menyalurkan 4000 liter air perhari.  Selain sebagai tanaman penghijauan,  berdasarkan penelitian Hartwell (1967-1971) di Venezuela, akar Trembesi dapat digunakan sebagai obat tambahan saat mandi air hangat untuk mencegah kanker. Ekstrak daun Trembesi dapat menghambat pertumbuhan mikrobakterium Tuberculosis (Perry, 1980) yang dapat menyebabkan sakit perut. Trembesi juga dapat digunakan sebagai obat flu, sakit kepala dan penyakit usus Namun pohon ini lebih cocok ditanam disekitar taman kota atau dilapangan yang lebar, selain memakan tempat. Jaringan Akar pohon terlalu besar dan menjangkau jauh kesekitar, sehingga merusak jalan atau bangunan.

10.Pohon Mahoni

Hasil gambar untuk pohon mahoni


Pohon mahoni  (Swietenia sp)sangat cocok untuk penghijauan di sekolah , jalan raya atau lingkungan . Selain pertumbuhannya yang cepat, perawatan yang mudah . Pohon mahoni juga dikenal rakus menyerap air. pertumbuhan pohon mahoni bisa mencapai 50 Meter. Kemampuan filterisasi udara mahoni juga cukup diacungi jempol, pohon mahoni bisa menyerap 47 - 69 % Polusi udara disekitarnya.  Kayunya kuat dan sering dijadikan perabot rumah tangga.  Selain itu , buah mahoni juga dapat dijadikan banyak obat  juga penangkal radikal bebas. Getahnya sering dijadikan bahan baku lem. Dan daunnya bisa digunakan sebagai pakan ternak. Hanya saja kita perlu sedikit rajin membersihkan sampah dari biji dan daunnya yang harus kita kerjakan lebih sering dari pohon yang lain.

11.Palem Putri


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDvQRWSi7W8HhrrS5tF1dD_-aiz3_ZcTxyXpdhyphenhyphentu4Q-V5lOZpoibjTEx0ABaQGtaS2GTo4p5biMvEQlxCu-xQf9k-lAczpH510Z7n8OPg8xK8f8UKijZS2IpsvRU6q2Y3Nnp3w29hzPE/s1600/Foto0057.jpg
Palem putri memiliki bentuk seperti palem raja,Namun Bentuknya lebih kecil(makanya disebut palem putri).Palem ini menunjukan kecantikanya ketika memiliki buah layaknya putri cantik pake perhiasan 


12.Palem Raja


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVCBaM9flFtrWhQvBm-Htc7RMO1beZv2o52OjckmE567-FjoCrNX-msPInEdihFPhkGUpbzrwPiQamRiSBkZyXjAtSiKioKQ2kv00bN1NT-u2wpnF9cAvpdF7_e8269BovDcwiViGC1jc/s1600/Palem+Raja+%28Roystonea+regia%29+3.jpg
Palem raja  dan palem putri cocok digunakan untuk penghijauan sekitar komplek perumahan atau tempat yang tidak membutuhkan ruang besar. Mampu hidup hingga ketinggian 1400 mdpl. tumbuhan ini tidak bercabang dan mampu tumbuh hingga 20 meter . Sebagai penyejuk udara palem raja juga sering digunakan sebagai pohon hias.

13.Pohon Tanjung


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDVpt97WBUaPEJ-GqjyyMXcB3D0akyj9kTWJyB1K-y_Gd8cYNuGtnJ1Y3sr6cvLYeYwyKW3qKnP2zx5BKU6v-7moxwVmEMSw6HP1D3yhKJfYNkdv1sCAV8kewTXPn-DBg7JxRV7ZfXR-U/s1600/pohon+Tanjung2.jpg
Pohon tanjung sudah ditanam dari jaman dulu oleh pemerintah dari jaman dulu.karena daunya rimbun sangat cocok untuk orang berteduh.Tanjung tergolong tanaman yang dapat bertahan hingga usia tua. Konon pohon tanjung tercatat dapat hidup hingga usia ratusan tahun.
Itulah beberapa jenis pohon yang biasa untuk penghijauan dan untuk taman kota. Dengan adanya penghijauan polusi akan diserap dan akan menghasilkan oksigen serta lingkungan kita menjadi bebas dari polusi.

Itulah beberapa jenis pohon yang biasa untuk penghijauan dan untuk taman kota. Dengan adanya penghijauan polusi akan diserap dan akan menghasilkan oksigen serta lingkungan kita menjadi bebas dari polusi.

Mungkin ada yang pernah liat pohon pohon di atas tapi ada juga yg tau namanya,tanaman yg sangat cocok untuk penghijauan juga.Mungkin segini dulu ya gan.Jika ada kekurangan silakan agan tambahkan :D

14 Tabebuya


 Pemandangan jalanan protokol Kota Surabaya pada akhir November ini berbeda dari bulan sebelumnya. Hal itu dikarenakan bunga pohon tabebuya yang ditanam di Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo, dan Jalan Raya Gubeng bermekaran. 

Kembangnya yang mekar lebih banyak daripada daun membuat pemandangan jalanan Kota Pahlawan tersebut serupa dengan panorama ketika musim sakura tiba di Jepang. Orang pun banyak yang berfoto di lokasi tempat mekarnya bunga tabebuya.



SINOX NURSERY

HARGA TANAMAN HIAS

Bulan Februari 2021

NO

JENIS TANAMAN

NAMA ILMIAH

 HARGA

1

Angsana

Pterocarpus indicus

 Rp         150.000

2

Bambu jepang

Pseudosasa japonica

 Rp           20.000

3

Bambu kuning

Bambusa vulgaris

 Rp           70.000

4

Bambu ndani hijau

Phyllostachys aurea

 Rp           20.000

5

Bambu ndani kuning

 

 Rp           50.000

6

Batavia

Jatropha hastata

 Rp         350.000

7

Beringin hijau

Ficus benjamina

 Rp           15.000

8

Beringin kuning 30

 

 Rp           15.000

9

Beringin kuning 40

 

 Rp           40.000

10

Bintaro hijau

Cerbera Manghas

 Rp         200.000

11

Bintaro ungu

 

 Rp         300.000

12

Biola cantik

Ficus lyrata

 Rp         175.000

13

Bunga kupu kupu 3 m

Bauhinia Purpurea

 Rp         200.000

14

Bunga kupu kupu 1 m

Bauhinia Purpurea

 Rp           20.000

15

Bungur

Lagerstroemia indica

 Rp         250.000

16

Cemara araokaria

Araucaria sp

 Rp           50.000

17

Cemara kipas

Platycladus orientalis

 Rp         150.000

18

Cemara laut

Casuarina equisetifolia

 Rp           90.000

19

Cemara norflok

Araucaria heterophylla

 Rp           80.000

20

Dadap merah

Erythrina crista-galli

 Rp         150.000

21

Dracaena song of india H

 

 Rp         250.000

22

Dracaena song of Jamaika H

 

 Rp         250.000

23

Flamboyan 3 m

Delonix regia

 Rp         250.000

24

Flamboyan 5 m

 

 Rp      1.000.000

25

Gaharu

Aquilaria malaccensis

 Rp           15.000

26

Glodogan pecut 1 m

 

 Rp           25.000

27

Glodogan pecut 1,5 m

 

 Rp           75.000

28

Glodogan pecut 2 m

 

 Rp         200.000

29

Glodogan pecut 3 m

 

 Rp         300.000

30

Glodogan ranting 1 m

 

 Rp           35.000

31

Glodogan ranting 2 m

 

 Rp         100.000

32

Glodogan ranting 3 m

 

 Rp         250.000

33

Karet kebo 2 m

 

 Rp         150.000

34

Karet kebo 3 m

 

 Rp         250.000

35

Karet kebo variegata 2 m

 

 Rp         200.000

36

Karet kebo variegata 3 m

 

 Rp         350.000

37

Kelapa sawit 1,5 m

 

 Rp         100.000

38

Kelapa sawit 3 m

Elaeis guineensis

 Rp         750.000

39

Kenari

Canarium ovatum

 Rp         100.000

40

Ketapang  kencana 4 m

Terminalia catappa

 Rp         400.000

41

Ketapang kencana 1 m

 

 Rp           25.000

42

Ketapang kencana 1,5 m

 

 Rp           50.000

43

Ketapang kencana 2 m

 

 Rp         100.000

44

Ketapang kencana 3 m

 

 Rp         300.000

45

Ketapang kencana 5 m

 

 Rp         500.000

46

Ketapang kencana 50 cm

 

 Rp           15.000

47

Ketapang lokal 2 m

 

 Rp           50.000

48

Ketapang lokal 3 m

 

 Rp         150.000

49

Kolbanda 2,5 m

Pisonia alba

 Rp         250.000

50

Pinisium

 

 Rp         100.000

51

Pinus

Filicium decipiens

 Rp           25.000

52

Pinus besar

Filicium decipiens

 Rp         100.000

53

Pisang bali

Pinus merkusii

 Rp             5.000

54

Pohon rainboy

Prunus mume

 Rp           50.000

55

Pohon sapu tangan 2 m

Eucalyptus Deglupta

 Rp         100.000

56

Pule

Cynometra cauliflor

 Rp           25.000

57

Pule 3 m

 

 Rp         250.000

58

Pule 4 m

 

 Rp         750.000

59

Sakura

 

 Rp         150.000

60

Sakura 1 m

 

 Rp           25.000

61

Sakura 2 m

 

 Rp         150.000

62

Sakura 50 cm

 

 Rp           15.000

63

Spatodea

 

 Rp         150.000

64

Tabebouya kuning

Portulaca glandiflora

 Rp         250.000

65

Tabebouya pink

Handroanthus chrysotrichus

 Rp         250.000

66

Tabebouya Putih

 

 Rp         250.000

67

Tanjung

 

 Rp           25.000