12 Tanaman yang Cocok untuk Taman Sekolah

1. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek merupakan tanaman hias bunga yang sangat populer sekali di Indonesia. Bunga anggrek ini sering dijadikan sebagai ungkapan rasa sayang seseorang, simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun dahulu. Bunga yang masuk ke dalam suku Orchidaceae ini memiliki banyak sekali varietas dengan keindahan yang dibawa masing-masing variasi dari bunga anggrek ini.
Di Indonesia sendiri, ada sekitar kurang lebih dari 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang sengaja dibudidayakan atau tumbuh secara liar. Kita juga bisa dengan mudah menemukan bunga anggrek yang dijual di dalam pot pada toko-toko tanaman bunga.
Bunga Anggrek juga biasa digunakan sebagai bunga potong. Pesona yang terdapat dari bunga anggre ini membuat bunga ini menjadikannya  bunga nasional Singapura dan Thailand.
2. Bunga Mawar

Bunga mawar adalah tanaman yang mempunyai julukan sebagai “Ratu Bunga” dikarenakan bunga ini mempunyai keindahan dan keunikan yang luar iasa. Bentuk yang indah pada kelopak bunga mawar ini didukung dengan aromanya yang sangat harum. Selain anggrek, tanaman hias bunga mawar ini juga diindentikan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.
Bunga mawar sendiri memilik banyak sekali warna-warna yang terang, mulai dari putih, merah, pink, dan ungu. Bunga mawar sendiri dibedakan juga menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat dan tumbuhnya, mulai dari Hybrid Tea, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, dan Climbing Rose.
Bunga Mawar termasuk sebagai tanaman hias bunga yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi karena harga jual dari per satu set tanaman, bunga potong, hingga bunga taburnya bisa mencapai angka jutaan rupiah.
3. Bunga Melati



Bunga Melati digolongkan sebagai tumbuhan bunga perdu yang termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga. Tanaman bunga ini merambat yang terdiri dari sekitar 200 spesies bunga tumbuh dengan subur di daerah yang beriklim tropis dan hangat seperti Eurasia, Australasia, Oseania, dan Indonesia. Bunga Melati sendiri terkenal akan aroma wanginya yang sangat khas.
Pembudidayaan bunga melati sendiri di Indonesia ini sudah dilakukan sudah cukup lama. Bahkan, ada salah satu jenis bunga melati yang dijadikan simbol nasional atau “puspa bangsa” bunga yaitu melati warna putih (Jasminum sambac) yang dijadikan lambang kesucian, kemurahan, dan punya kaitan kuat dengan berbagai tradisi di banyak suku di daerah Indonesia.
4. Bunga Kembang Sepatu

Hibiscus rosa-sinensis atau bisa disebut juga dengan kembang sepatu ini adalah sebuah tanaman bunga yang memiliki kelopak cantik berwarna merah terang yang tergabung dalam familly Malvaceae. Kembang sepatu ini adalah tanaman yang bersemak dan berasal dari Asia Timur. Di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia ini, maka kembang sepatu lebih sering ditanam sebagai tanaman hias di karangan rumah.
Warna merah yang cantik dan dengan ukuran kelopaknya juga yang besar dan melebar menjadikan ciri khas tersendiri dari bunga kembang sepatu ini.
Selain warnanya yang merah tunggal, ada juga bunga kembang sepatu yang memiliki warna lain seperti kuning, oranye, putih, merah tua, dan merah jambu. Bunga kembang sepatu di daerah Sumatera dan Malaysia disebut sebagai bunga raya. Sementara di Malaysia sendiri, tepatnya tanggal 28 Juli 1960 bunga kembang sepatu ini disahkan sebagai bunga nasional di Negara Malaysia.
5. Bunga Kamboja



Ditemukan oleh seorang botanis yang berasal dari berkebangsaan Perancis, Charles Plumier, menjadikan bunga kamboja ini menyandang nama latin dengan Plumeria. Keberadaan bunga kamboja di Indonesia sendiri menjadikan tempat tumbuhnya mendapatkan anggapan sebagai tempat yang keramat, semisal di pemakaman atau tempat-tempat untuk sebagian orang yang masih menjalankan ritual-ritual tertentu.
Meskipun bunga ini mendapatkan kesan yang cukup horor, bunga kamboja ini termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga dengan keindahan yang tak mungkin bisa untuk ditampik lho.
Bunga kamboja sendiri bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang kikarenakan memiliki sejumlah senyawa berkhasiat, seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin. Zat-zat tersebutlah yang bisa membantu meredakan demam, mengatasi radang, dan mengurangi rasa sakit pada tubuh manusia.
6. Bunga Kenanga

Selanjutnya adalah bunga Kenanga yang juga termasuk dalam macam-macam tanaman hias bunga. Kenanga sendiri dikenal juga dengan nama latin yaitu Cananga odorata. Bunga Kenanga ini merupakan nama dari bunga dan pohon yang menghasilkannya.
Ada beberapa forma kenanga yaitu  macrophylla, genuina, dan kenanga perdu atau Cananga odorata fruticosa yang banyak sekali ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.
Pertumbuhan bunga kenanga ini dipengaruhi oleh sinar matahari. Tanaman yang menghasilkan bunga cantik ini menyukai tempat atau tanah dengan kandungan asam pada habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Warna pada bunga ini yaitu hijau kekuningan, menggulung seperti bintang laut, daunnya yang panjang, halus, dan berkilau.
Bunga Kenanga perdu ini yang paling banyak ditanam sebagai tumbuhan penghias halaman rumah bisa tumbuh paling tinggi hingga 3 meter.
7. Aglaonema

Algeonema atau lebih akrab dikenal dengan sapaan sri rejeki, merupakan tanaman hias yang berasal dari suku talas-talasan (Araceae). Sri rejeki ini mempunyai habitat asli yang berada di dalam hutan hujan tropis dengan tingkat intensitas penyinaran yang cukup rendah dan kelembaban yang tinggi.
Tanaman Aglaonema ini telah dikembangkan menjadi tanaman yang sangat menarik dengan berbagai warna yang cantik, bentuk, dan ukuran sehingga menjadikan tanama ini tergolong ke dalam macam-macam tanaman hias daun yang berbeda dari spesies alami.
8. Paku Tanduk Rusa

Di Indonesia sendiri, tanaman yang berasal dari famili Polypodiaceae ini dikenal juga dengan nama lain yaitu Simbar Menjangan. Tidak semua paku tanduk rusa yang tergolong dalam kelompok tumbuhan paku epifit ini yang dijadikan sebagai tanaman hias. Paku tanduk rusa yang terkenal sebagai tanaman yaitu P. bifurcatum. Jenis tanaman hias dan daun dari koloni rimpang ini mempunyai banyak sekali cabang sehingga memiliki lebih daripada satu titik pertumbuhan.
9. Palem Kuning

Jika kamu mempunyai pekarangan rumah yang cukup luas dan bingung untuk ditanami tanaman apa, maka kamu harus coba tanam Palem Kuning ini. Palem kuning adalah tanaman hias yang termasuk tanaman yang tahan panas matahari yang tergabung dalam anggota suku pinang-pinangan, yang berasal dari Madagaskar dan sekarang bisa dijumpai dengan mudah di Negara Indonesia ini.
10. Zamia

Tanaman hias zamia ini merupakan tanaman gurun yang dapat menggambarkan pada masa purbakala dulu. Dikarenakan berasal dari gurun, tanaman zamia ini mempunyai ketahanan terhadap udara kering (bisa hidup optimal pada suhu 30 – 35 celcius). Bagi kamu yang mau membudidayakan tanaman zimia ini maka kamu bisa dengan menggunakan tunas akarnya yang ditanam di dalam pot. Tanaman hias daun zamia ini bisa hidup sampai lebih dari lima tahun.
11. Spider Plant

Jika tanaman Calathea adalah yang merupakan prayer plant karena daunnya yang bisa melipat sendiri sehingga dianggap sebagai tumbuhan yang sedang bersujud atau berdoa, beda halnya dengan tumbuhan Spider Plant ini. Tanaman hias yang satu ini disebut juga sebagai spider plant karena di saat batang tanamannya menyentuh tanah, maka tanaman ini akan mengakar alias merambat.
Tanaman Spider Plant ini digolongkan ke dalam tanaman hias gantung yang memiliki kemampuan untuk menyerap racun-racun berbahaya yang mencemari udara di sekitaran rumah kamu.
12. Siklok 

Apabila kamu memiliki taman di belakang atau teras rumah, maka tanaman hias daun ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk membuat tamanmu lebih asri. Bentuk tanaman hias daun yang satu ini menyerupai pedang dengan warna kekuningan di tepinya dan hijau pada bagian tengah.
Harga tanaman hias daun ini juga terjangkau. Kamu sudah bisa memiliki tanaman hias daun ini beserta potnya hanya dengan beberapa puluh ribu saja. Keunggulan lainnya, tanaman hias daun ini tahan terhadap sinar matahari seharian. Kamu pun hanya perlu menyiramnya tiap pagi dan memberi pupuk beberapa minggu sekali.

Sumber: https://elnuha.net