200 Tanaman yang Cocok untuk Taman Sekolah

1. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek merupakan tanaman hias bunga yang sangat populer sekali di Indonesia. Bunga anggrek ini sering dijadikan sebagai ungkapan rasa sayang seseorang, simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun dahulu. Bunga yang masuk ke dalam suku Orchidaceae ini memiliki banyak sekali varietas dengan keindahan yang dibawa masing-masing variasi dari bunga anggrek ini.
Di Indonesia sendiri, ada sekitar kurang lebih dari 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang sengaja dibudidayakan atau tumbuh secara liar. Kita juga bisa dengan mudah menemukan bunga anggrek yang dijual di dalam pot pada toko-toko tanaman bunga.
Bunga Anggrek juga biasa digunakan sebagai bunga potong. Pesona yang terdapat dari bunga anggre ini membuat bunga ini menjadikannya  bunga nasional Singapura dan Thailand.
2. Bunga Mawar

Bunga mawar adalah tanaman yang mempunyai julukan sebagai “Ratu Bunga” dikarenakan bunga ini mempunyai keindahan dan keunikan yang luar iasa. Bentuk yang indah pada kelopak bunga mawar ini didukung dengan aromanya yang sangat harum. Selain anggrek, tanaman hias bunga mawar ini juga diindentikan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.
Bunga mawar sendiri memilik banyak sekali warna-warna yang terang, mulai dari putih, merah, pink, dan ungu. Bunga mawar sendiri dibedakan juga menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat dan tumbuhnya, mulai dari Hybrid Tea, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, dan Climbing Rose.
Bunga Mawar termasuk sebagai tanaman hias bunga yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi karena harga jual dari per satu set tanaman, bunga potong, hingga bunga taburnya bisa mencapai angka jutaan rupiah.
3. Bunga Melati



Bunga Melati digolongkan sebagai tumbuhan bunga perdu yang termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga. Tanaman bunga ini merambat yang terdiri dari sekitar 200 spesies bunga tumbuh dengan subur di daerah yang beriklim tropis dan hangat seperti Eurasia, Australasia, Oseania, dan Indonesia. Bunga Melati sendiri terkenal akan aroma wanginya yang sangat khas.
Pembudidayaan bunga melati sendiri di Indonesia ini sudah dilakukan sudah cukup lama. Bahkan, ada salah satu jenis bunga melati yang dijadikan simbol nasional atau “puspa bangsa” bunga yaitu melati warna putih (Jasminum sambac) yang dijadikan lambang kesucian, kemurahan, dan punya kaitan kuat dengan berbagai tradisi di banyak suku di daerah Indonesia.
4. Bunga Kembang Sepatu

Hibiscus rosa-sinensis atau bisa disebut juga dengan kembang sepatu ini adalah sebuah tanaman bunga yang memiliki kelopak cantik berwarna merah terang yang tergabung dalam familly Malvaceae. Kembang sepatu ini adalah tanaman yang bersemak dan berasal dari Asia Timur. Di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia ini, maka kembang sepatu lebih sering ditanam sebagai tanaman hias di karangan rumah.
Warna merah yang cantik dan dengan ukuran kelopaknya juga yang besar dan melebar menjadikan ciri khas tersendiri dari bunga kembang sepatu ini.
Selain warnanya yang merah tunggal, ada juga bunga kembang sepatu yang memiliki warna lain seperti kuning, oranye, putih, merah tua, dan merah jambu. Bunga kembang sepatu di daerah Sumatera dan Malaysia disebut sebagai bunga raya. Sementara di Malaysia sendiri, tepatnya tanggal 28 Juli 1960 bunga kembang sepatu ini disahkan sebagai bunga nasional di Negara Malaysia.
5. Bunga Kamboja



Ditemukan oleh seorang botanis yang berasal dari berkebangsaan Perancis, Charles Plumier, menjadikan bunga kamboja ini menyandang nama latin dengan Plumeria. Keberadaan bunga kamboja di Indonesia sendiri menjadikan tempat tumbuhnya mendapatkan anggapan sebagai tempat yang keramat, semisal di pemakaman atau tempat-tempat untuk sebagian orang yang masih menjalankan ritual-ritual tertentu.
Meskipun bunga ini mendapatkan kesan yang cukup horor, bunga kamboja ini termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga dengan keindahan yang tak mungkin bisa untuk ditampik lho.
Bunga kamboja sendiri bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang kikarenakan memiliki sejumlah senyawa berkhasiat, seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin. Zat-zat tersebutlah yang bisa membantu meredakan demam, mengatasi radang, dan mengurangi rasa sakit pada tubuh manusia.
6. Bunga Kenanga

Selanjutnya adalah bunga Kenanga yang juga termasuk dalam macam-macam tanaman hias bunga. Kenanga sendiri dikenal juga dengan nama latin yaitu Cananga odorata. Bunga Kenanga ini merupakan nama dari bunga dan pohon yang menghasilkannya.
Ada beberapa forma kenanga yaitu  macrophylla, genuina, dan kenanga perdu atau Cananga odorata fruticosa yang banyak sekali ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.
Pertumbuhan bunga kenanga ini dipengaruhi oleh sinar matahari. Tanaman yang menghasilkan bunga cantik ini menyukai tempat atau tanah dengan kandungan asam pada habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Warna pada bunga ini yaitu hijau kekuningan, menggulung seperti bintang laut, daunnya yang panjang, halus, dan berkilau.
Bunga Kenanga perdu ini yang paling banyak ditanam sebagai tumbuhan penghias halaman rumah bisa tumbuh paling tinggi hingga 3 meter.
7. Aglaonema

Algeonema atau lebih akrab dikenal dengan sapaan sri rejeki, merupakan tanaman hias yang berasal dari suku talas-talasan (Araceae). Sri rejeki ini mempunyai habitat asli yang berada di dalam hutan hujan tropis dengan tingkat intensitas penyinaran yang cukup rendah dan kelembaban yang tinggi.
Tanaman Aglaonema ini telah dikembangkan menjadi tanaman yang sangat menarik dengan berbagai warna yang cantik, bentuk, dan ukuran sehingga menjadikan tanama ini tergolong ke dalam macam-macam tanaman hias daun yang berbeda dari spesies alami.
8. Paku Tanduk Rusa

Di Indonesia sendiri, tanaman yang berasal dari famili Polypodiaceae ini dikenal juga dengan nama lain yaitu Simbar Menjangan. Tidak semua paku tanduk rusa yang tergolong dalam kelompok tumbuhan paku epifit ini yang dijadikan sebagai tanaman hias. Paku tanduk rusa yang terkenal sebagai tanaman yaitu P. bifurcatum. Jenis tanaman hias dan daun dari koloni rimpang ini mempunyai banyak sekali cabang sehingga memiliki lebih daripada satu titik pertumbuhan.
9. Palem Kuning

Jika kamu mempunyai pekarangan rumah yang cukup luas dan bingung untuk ditanami tanaman apa, maka kamu harus coba tanam Palem Kuning ini. Palem kuning adalah tanaman hias yang termasuk tanaman yang tahan panas matahari yang tergabung dalam anggota suku pinang-pinangan, yang berasal dari Madagaskar dan sekarang bisa dijumpai dengan mudah di Negara Indonesia ini.
10. Zamia

Tanaman hias zamia ini merupakan tanaman gurun yang dapat menggambarkan pada masa purbakala dulu. Dikarenakan berasal dari gurun, tanaman zamia ini mempunyai ketahanan terhadap udara kering (bisa hidup optimal pada suhu 30 – 35 celcius). Bagi kamu yang mau membudidayakan tanaman zimia ini maka kamu bisa dengan menggunakan tunas akarnya yang ditanam di dalam pot. Tanaman hias daun zamia ini bisa hidup sampai lebih dari lima tahun.
11. Spider Plant

Jika tanaman Calathea adalah yang merupakan prayer plant karena daunnya yang bisa melipat sendiri sehingga dianggap sebagai tumbuhan yang sedang bersujud atau berdoa, beda halnya dengan tumbuhan Spider Plant ini. Tanaman hias yang satu ini disebut juga sebagai spider plant karena di saat batang tanamannya menyentuh tanah, maka tanaman ini akan mengakar alias merambat.
Tanaman Spider Plant ini digolongkan ke dalam tanaman hias gantung yang memiliki kemampuan untuk menyerap racun-racun berbahaya yang mencemari udara di sekitaran rumah kamu.
12. Siklok 

Apabila kamu memiliki taman di belakang atau teras rumah, maka tanaman hias daun ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk membuat tamanmu lebih asri. Bentuk tanaman hias daun yang satu ini menyerupai pedang dengan warna kekuningan di tepinya dan hijau pada bagian tengah.
Harga tanaman hias daun ini juga terjangkau. Kamu sudah bisa memiliki tanaman hias daun ini beserta potnya hanya dengan beberapa puluh ribu saja. Keunggulan lainnya, tanaman hias daun ini tahan terhadap sinar matahari seharian. Kamu pun hanya perlu menyiramnya tiap pagi dan memberi pupuk beberapa minggu sekali.

SINOX NURSERY

HARGA TANAMAN HIAS

Bulan Februari 2021

NO

JENIS TANAMAN

NAMA ILMIAH

 HARGA

1

Air mancur

Russelia equisetiformis

 Rp             4.000

2

Akalipa brokoli

euodia ridleyi dwarf

 Rp             5.000

3

Akalipa Hijau

 

 Rp             5.000

4

Andong coklat

Cordyline fruticosa

 Rp             2.000

5

Andong merah

 

 Rp             5.000

6

Andong mini

 

 Rp             2.000

7

Aralea

Osmoxylon lineare

 Rp             5.000

8

Asoka holand

 

 Rp           10.000

9

Asoka india

Saraca indica

 Rp             5.000

10

Asoka javanika daun besar

Saraca asoca

 Rp           10.000

11

Asoka king

 

 Rp           10.000

12

Asoka singapure

 

 Rp             5.000

13

Aurelia

 

 Rp           10.000

14

Bakung besar variegata

Crynum asiaticum

 Rp           25.000

15

Bakung besar wulung

Crynum asiaticum red

 Rp           50.000

16

Bakung bunga putih

 

 Rp             5.000

17

Bakung bunga ungu

 

 Rp             5.000

18

Bambu mini

Pogonatherum paniceum

 Rp           15.000

19

Bayam merah

 

 Rp             3.000

20

Bougenville Lokal

Bougenvillea sp

 Rp           10.000

21

Bougenville Sambung

 

 Rp           35.000

22

Bougenville BiColor

 

 Rp           50.000

23

Bougenville Tricolor

 

 Rp         125.000

24

Bougenville Singapure

 

 Rp           50.000

25

Buby blue

Nemophila menziesii

 Rp             3.000

26

Bunga lilin kuning

Pachystachis lutea

 Rp             3.000

27

Bunga lilin merah

 

 Rp             5.000

28

Bunga terompet kuning

 

 Rp             5.000

29

Bunga terompet ungu

 

 Rp             5.000

30

bunga trompet putih mini

 

 Rp             5.000

31

Celosia kuning

 

 Rp             8.000

32

Celosia merah

 

 Rp             6.000

33

Cemara golden

 

 Rp           50.000

34

Cemara papua

Cupressus papuanus

 Rp           30.000

35

Cemara rentes

 

 Rp           80.000

36

Cemara rentes kecil

 

 Rp           30.000

37

Ceplok piring hijau

Gardenia jasminoides

 Rp             5.000

38

Ceplok piring varigata

 

 Rp           10.000

39

Crisdoren hijau

Asparagus aethiopicus

 Rp           10.000

40

Crisdoren variegata

 

 Rp           15.000

41

Crossandra  polibag 20

Crossandra infundibuliformis

 Rp             5.000

42

Crossandra  polibag 30

 

 Rp           10.000

43

Dracaena song of india S

Dracaena reflexa

 Rp             5.000

44

Dracaena song of india M

 

 Rp           10.000

45

Dracaena song of india L

 

 Rp           15.000

46

Dracaena song of india XL

 

 Rp           25.000

47

Dracaena song of Jamaika S

 

 Rp             5.000

48

Dracaena song of Jamaika M

 

 Rp           10.000

49

Dracaena song of Jamaika L

 

 Rp           15.000

50

Dracaena song of Jamaika XL

 

 Rp           25.000

51

Dracaena Reflexa Suji S

 

 Rp             5.000

52

Dracaena Reflexa Suji L

 

 Rp           15.000

53

Dracaena tricollor S

 

 Rp             5.000

54

Dracaena tricollor L

 

 Rp           25.000

55

Ekor kuda hijau

Equisetum palustre

 Rp           10.000

56

Ekor kuda merah

 

 Rp           10.000

57

Ekor tupai asparagus

 

 Rp           12.000

58

Erpah

Alternathera reineckii

 Rp             2.000

59

Erpah mini

 

 Rp             3.000

60

Erpah putih

 

 Rp             3.000

61

Euphorbia impor

Euphorbia milii

 Rp           15.000

62

Euphorbia lokal

 

 Rp           10.000

63

Euphorbia tanpa duri

 

 Rp           20.000

64

Euphorbia Kaktus S

 

 Rp             5.000

65

Euphorbia Kaktus M

 

 Rp           15.000

66

Euphorbia Kaktus L

 

 Rp           25.000

67

Heliconia strata

Heliconia psittacorum

 Rp           25.000

68

Heliconia tegak

 

 Rp             5.000

69

Hujan emas

Galphimia speciosa

 Rp           25.000

70

Iler / miana

Plectranthus scutellarioides

 Rp             3.000

71

Iler / miana merah

 

 Rp             3.000

72

Iris

Iris germanica

 Rp             1.000

73

Jarak Bali

Jatropha podagrica

 Rp           15.000

74

Kamboja bali 1 m

Plumeria sp

 Rp           25.000

75

Kamboja bali 2 m

 

 Rp           75.000

76

Kamboja bali 2,5 m

 

 Rp         250.000

77

Kamboja bali 3 m

 

 Rp         350.000

78

Kamboja bali 3,5 m

 

 Rp         400.000

79

Kamboja bali 4 m

 

 Rp         500.000

80

Kamboja jepang lokal

Adenium obesum

 Rp           15.000

81

Kamboja jepang Tumpuk

 

 Rp           30.000

82

Kamboja jepang Tumpuk Size B

 

 Rp           45.000

83

Kamboja jepang Tumpuk Size C

 

 Rp         150.000

84

Kamboja jepang Tumpuk Super

 

 Rp         350.000

85

Kamboja jepang Biji Impor

 

 Rp         150.000

86

Kamboja Arabikum

 

 Rp         450.000

87

Kamelia 20 cm

Camelia sinensis

 Rp           15.000

88

Kana bangkok

Canna indica

 Rp           10.000

89

Kana hijau

 

 Rp             5.000

90

Kana kuning

 

 Rp           10.000

91

Kana merah

 

 Rp           10.000

92

Karet kebo 50 Cm

 

 Rp           25.000

93

Karet kebo 1 m

Ficus elastica

 Rp           50.000

94

Karet kebo variegata 50 cm

 

 Rp           50.000

95

Karet kebo variegata 1 m

 

 Rp           75.000

96

Kembang sepatu Lokal 50 cm

Hibiscus rosa-sinensis

 Rp             5.000

97

Kembang sepatu Lokal 1 m

 

 Rp           15.000

98

Kembang sepatu var

 

 Rp           10.000

99

Kemuning

Murraya paniculata

 Rp           10.000

100

Kolbanda 20 cm

 

 Rp           10.000

101

Kolbanda 40 cm

 

 Rp           25.000

102

Kolbanda 1 m

 

 Rp           50.000

103

Krokot kuning

 

 Rp             1.000

104

Krokot merah

Portulaca oleracea

 Rp             1.000

105

Kucai Bangkok

Mondo Grass/Ophiopogon Japonicus

 Rp             4.000

106

Kucai mini

Allium schoenoprasum

 Rp             1.000

107

Kucai Lokal

 

 Rp             2.000

108

Lavender bangkok

Lavandula afficinalis

 Rp             5.000

109

Lavender lokal

 

 Rp             3.000

110

Lavenia

Ravenia spectabilis

 Rp           10.000

111

Leak

 

 Rp           30.000

112

Lidah mertua

Sansiviera trifasciata

 Rp             3.000

113

Lili brazil hijau

Dianella Tasmanica

 Rp             5.000

114

Lili brazil putih

 

 Rp             5.000

115

Lili brazil kuning

 

 Rp             5.000

116

Lili paris

Chlorophytum comosum

 Rp             3.000

117

Lili pink

 

 Rp             3.000

118

Lili putih

 

 Rp             2.000

119

Liquanyu/ tanaman rambat

Vernonia elliptic

 Rp             3.000

120

Lohansung (<50 cm)

Podocarpus macrophyllus

 Rp           15.000

121

Lohansung (>50 cm)

 

 Rp           25.000

122

Cabe

Capsicum frutescens

 Rp             5.000

123

Cabe Kriting

 

 Rp             5.000

124

Cabe Sret

 

 Rp             5.000

125

Cabe Rawit

 

 Rp             5.000

126

Cabe Ungu

 

 Rp           15.000

127

Loropetalum

 

 Rp           10.000

128

Lumbago

Morinda citrifolia

 Rp           10.000

129

Lusiana

Calliandra haematocephala

 Rp           25.000

130

Mandogras

 

 Rp             2.000

131

Mata kucing

Shorea javanica

 Rp             5.000

132

Matamori

Brunfelsia uniflora

 Rp           25.000

133

Montro wangi

 

 Rp           25.000

134

Melati gambir

Jasminum officinale

 Rp           10.000

135

Melati jepang

Pseuderanthemum Reticulatum

 Rp             3.000

136

Melati wangi

Jasminum Sambac

 Rp             5.000

137

Nusa indah ungu

Garcinia dulcis

 Rp           10.000

138

Pachira (<50 cm)

Mussaenda pubescens

 Rp           10.000

139

Pachira (>50 cm)

Mussaenda pubescens

 Rp           20.000

140

Pachira (Batang Kepang)

 

 Rp           50.000

141

Pacing

Pachira aquatica

 Rp             5.000

142

Pagoda 1 m

Costus spicatus

 Rp           25.000

143

Pagoda 1,5 m

Costus spicatus

 Rp           50.000

144

Pagoda 3 m

Clerodendrum japonicum

 Rp         150.000

145

Pandan bali kecil

Rhapis excelsa

 Rp           50.000

146

Pandan hias variegata

Cordyline australis

 Rp           25.000

147

Pandan mini kuning

 

 Rp             5.000

148

Pandan wangi

Pandanus pygmaeus

 Rp             5.000

149

Pangkas hijau

Pandanus amaryllifolius

 Rp             5.000

150

Pangkas kuning

 

 Rp             3.000

151

Patah tulang

Pasiflora edulis

 Rp             5.000

152

Pentas merah

 

 Rp           10.000

153

Pohon kayu manis

Heliconia rostrata

 Rp           20.000

154

Pohon kayu putih

Cinnamomun verum

 Rp           40.000

155

Pohon kelapa

Melaleuca leucadendra

 Rp           25.000

156

Pohon kelapa 3 m

Melaleuca leucadendra

 Rp         700.000

157

Pohon meihwa (<1 m)

Cocos nucifera

 Rp           50.000

158

Pohon meihwa (>1 m)

Cocos nucifera

 Rp         100.000

159

Polisias lokal

Polyscias Fruticosa

 Rp             5.000

160

Polisias mini

 

 Rp           10.000

161

Polisias variegata

 

 Rp             6.000

162

Portulaka grandiflora

 

 Rp             2.000

163

Pucuk kuning

Petunia alpicola

 Rp           15.000

164

Pucuk merah

Eugenia oleina

 Rp           10.000

165

Pucuk putih besar

Syzygium myrtifolium

 Rp           50.000

166

Pucuk putih kecil

 

 Rp           15.000

167

Pucuk Ungu

 

 Rp           15.000

168

Puring bali

Alstonia scholaris

 Rp           10.000

169

Puring cakwe

Codiaeum variegatum

 Rp           10.000

170

Puring kura

 

 Rp           35.000

171

Puring oskar

 

 Rp           15.000

172

Puring spiral

 

 Rp           10.000

173

Puring udang

 

 Rp           10.000

174

Puring z

 

 Rp           10.000

175

Red Mapple

Acer Rubrum

 Rp             5.000

176

Roelia pendek

 

 Rp             3.000

177

Roelia tegak 

Tacoanthus Baill

 Rp             1.000

178

Rombusa kuning

 

 Rp             5.000

179

Rombusa Putih

Tabermaentanama Sp

 Rp             5.000

180

Rumput akar wangi per m

Passiflora foetida

 Rp             5.000

181

Sabrina Hijau

 

 Rp             5.000

182

Sabrina Kuning

 

 Rp             5.000

183

Sabrina Silver

 

 Rp             5.000

184

Sambang darah

Prunus serrulata

 Rp             5.000

185

Sansievera Boncel anakan

 

 Rp           20.000

186

Sansievera Boncel variegata

 

 Rp           20.000

187

Sansievera Boncel

 

 Rp           40.000

188

Sansivera Twister

Sansevieria trifasciata

 Rp           50.000

189

Sansiviera hijau

Excoecaria cochinchinensis

 Rp             5.000

190

Sansiviera koleksi

 

 Rp           30.000

191

Sansiviera kuning

 

 Rp             3.000

192

Santos lemon

 

 Rp           15.000

193

Sedap malam

Xanthostemon chrysanthus

 Rp             5.000

194

Sente kraton/ keladi wulung

Polianthes tuberosa

 Rp           15.000

195

Sente kraton/ keladi wulung besar

Polianthes tuberosa

 Rp           35.000

196

Sikas revoluta

Alocasia plumbea

 Rp           50.000

197

Sikas zamia

cycas revoluta

 Rp         500.000

198

Sikat botol 2 m

zamia furfuracea

 Rp         150.000

199

Stok mini / lagestrus

Stephanotis floribunda

 Rp             5.000

200

Sutra bombai

fragaria x ananassa

 Rp             2.000

201

Taiwan beauty

Tabebuia rosea

 Rp             1.000

202

Tapak doro

Mimusops elengi

 Rp           10.000

203

Terang Bulan

 

 Rp             3.000

204

Torenia putih

Solanum melongena

 Rp             5.000

205

Torenia ungu

Torenia fournieri

 Rp             5.000

206

Trembesi

Torenia asiatica

 Rp           25.000

207

Trembesi 4 m

Samanea saman

 Rp         300.000

208

Wali songo daun besar

Thunbergia grandiflora

 Rp           30.000

209

Wali songo daun lima

schefflera actinophylla

 Rp           10.000

210

Wali songo hijau

 

 Rp           10.000

211

Wali songo kuning

Schefflera arboricola

 Rp           15.000


Harga tersebut merupakan harga grosir di Sinox Nursery Semarang
Sumber: https://elnuha.net