JUAL BIBIT SIRSAK JUMBO

 Buah sirsak dipanen setelah tua penuh, yakni durinya tampak jarang dan beraroma serta warna buah kekuning-kuningan. Buah dipanen dengan cara memotong tangkainya. Hasil buah sirsak rata-rata 20 buah/pohon/tahun dengan bobot berkisar 10—60 kg. Di Hawai, produksi buah sirsak bisa mencapai 7—18 ton/ha/tahun.
Buah sirsak masih dikonsumsi dalam negeri dan pabrik pengolahan atau industri rumah tangga. Namun, produksinya belum dapat mencukupi permintaan pasar dalam negeri maupun luar negeri. Hingga kini, industri rumah tangga masih kesulitan mengumpulkan buah sirsak bermutu untuk diolah menjadi minuman sari buah (jus) atau puree.
BOBOT 2,6 KG



BUAH BESAR DAN MULUS


LAYAK DI KEBUNKAN
peluang usaha sirsak

  1. Kenapa Kamu Haru Mencoba Bisnis Ini?
  2. Menanam sirsak bukanlah hal yang sulit dan bisa dilakukan oleh semua orang. Tanaman ini bisa tumbuh di mana saja sehingga jika kamu hanya memiliki pekarangan rumah kamu bisa menanamnya di sana, dan syukur jika kamu memiliki lahan seperti kebun yang terbengkalai karena kamu bisa menanaminya dengan tanaman sirsak.
    Modal yang diperlukan untuk menanam sirsak tidaklah banyak. Bahkan, jika kamu hanya punya biji dan sepetak lahan maka kamu sudah bisa memulai bisnis ini dan percayalah hasilnya akan menakjubkan.
  3. Berapa Modal Yang Dibutuhkan Dan Keuntungan Yang Didapatkan?
  4. Untuk budidaya sirsak skala serius (profesional), maka kamu perlu mempersiapkan beberapa hal dan untuk itu tentunya kamu harus mengeluarkan modal produksi untuk pembibitan hingga perawatan. Berikut ini merupakan rincian modal yang kamu butuhkan untuk menamam sirsak pada lahan seluas 100 meter (60 pohon).
    Untuk lahan yang hanya seluas 100 meter, kamu bisa melakukan budidaya ini sendirian saja atau tanpa bantuan tenaga orang lain. Namun jika kamu membutuhkan tenaga orang lain, barangkali cukup dengan menyewa 1 orang untuk 3 hari pembersihan dan pembuatan lahan tanam.
    Bibit sirsak bisa dibeli dipenjual bibit (baik bibit cangkok atau biji) namun untuk rincian ini saya hanya menuliskan biaya pemibitan sirsak dari biji dengan cara membeli buah sirsak berkualitas baik dan mengambil bijinya.
    2 buah sirsak cukup menyediakan biji sebanyak 60 (lebih malah) dan biji tersebut bisa digunakan sebagai bibit. Khusus bagi kamu yang hendak memfokuskan untuk memanen daun sirsak, bibit dari biji ini sangat direkomendasikan karena bibit ini akan menghasilkan banyak daun jika dibandingkan dengan bibit cangkokan.
    Asumsi dari uraian ini, kamu memiliki lahan sendiri atau tidak menyewa lahan. Namun jika kamu menyewa lahan sebagiknya kamu menyewa dalam jangka waktu yang lama sekitar 15-20 tahun dengan biaya yang bisa kamu tambahkan sendiri pada daftar biaya produksi yang akan aku sampaikan.
    • Bibit Sirsak: 50.000
    • Media Tanam: 1.000.000
    • Pupuk: 1.000.000
    • Polybag: 25.000
    • Peralatan: 500.000
    • Tenaga: 300.000
    • Lain-Lain: 500.000+
    • Total: 3.375.000
    Oleh karena penanaman ini menggunakan bibit yang berasal dari biji, maka kamu akan menikmati panen buah ketika tanaman berusia 4-5 tahun. Sementara itu, selama menunggu kamu bisa memanen daun sirsak ketika pohon ini berusia dua tahun dan telah memiliki banyak percabangan.
    Setiap tiga bulan sekali, satu pohon sirsak bisa dipanen daunnya sebanyak ½ hingga 1 Kg per pohon (menyesuaikan dengan kesuburan daun tanaman).
    Jika pohonmu sebanyak 60 batang, maka diandaikan kamu bisa memanen sedikitnya 30 kg daun setiap tiga bulan sekali. Daun ini bisa kamu jual ke pengusaha ekstrak daun sirsak dengan harga minimal 100.000 rupiah per Kg. Maka, setiap tiga bulan sekali kamu bisa memperoleh uang sebesar 3 juta rupiah.
    Atau jika kamu ternyata bisa mengolah daun ini sendiri atau bahkan menjual per paket lembaran daun kering, tentu laba yang kamu dapatkan lebih besar lagi.
    Di beberapa penjual, 1 paket yang berisi 70 lembar daun sirsak (misalnya) bisa dijual dengan harga mulai dari 30 ribu rupiah. Sementara 1 kg daun itu bisa berisi ratusan lembar daun sirsak basah. Coba kalikan sendiri berapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan perhitungan semacam ini?
    Nah, sekarang kita kembali ke fokus utama, yakni buah sirsak. Setalah tanamanmu mulai berbuah, dalam satu tahun rata-rata tiap pohon bisa menghasilkan buah dengan jumlah total 20-50 kg (bergantung pada tingkat produktivitas, umur, kesuburan, kualitas, dan besarnya pohon sirsak).
    Jika kita ambil angka minimal, yakni 20 kg per pohon dalam setahun, maka jika kamu memiliki 60 pohon kamu akan memanen 1200 kg per tahun dengan penghasilan 1200x10.000 rupiah (harga minimal)= 12.000.000 rupiah.
    Nah, angka produksi tersebut merupakan angka yang paling minim yang bisa kamu peroleh dari budidaya sirsak (buah dan daun) yang bisa kamu dapatkan hingga bertahun-tahun ke depan sampai pohonmu tak lagi produktif. Sementara modal dan usaha yang kamu lakukan untuk ini tidaklah banyak lho.
    Itulah kenapa kamu harus mencoba untuk memulai bisnis ini. Semua orang bisa kok, kenapa tidak!