GROSIR TANAMAN HIAS BUNGA SEPATU Rp. 10.000.-

 







     Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu. Biasanya tanaman dapat tumbuh hingga tinggi 2 - 5 meter, dan tidak memerlukan perawatan khusus dan mudah tumbuh.

     Bunga jenis ini terdiri dari 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

       Kembang sepatu banyak dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik. Beberapa manfaat dari bunga sepatu yaitu, bunga dapat digunakan sebagai pewarna baik makanan atau bukan, di beberapa negara bunganya digunakan sebagai bunga persembahan. Selain itu daun dan bunganya dapat digunakan obat herbal (fitofarmaka). Kembang sepatu yang dikeringkan juga diminum sebagai teh.

       Dalam dunia medis bunga sepatu memiliki beberapa manfaat yang sudah dibuktikan dengan penelitian dan bukti ilmiah yaitu, dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes, air rebusan daun sepatu dapat digunakan sebagai obat malaria, demam dan, flu, selain itu dapat juga digunakan sebagai obat kumur untuk menyembuhkan sariawan.

    Selain bunganya yang cantik konsumsi teh dari bunga sepatu secara teratur dapat menunjang kecantikan seorang wanita, bunga sepatu juga dapat membantu meringankan Pre-Menstrual Syndrome (PMS). Bunga sepatu mengandung antioksidan yang dapat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan lemak dalam tubuh sehingga dapat menjaga bentuk tubuh yang ideal. Bunga sepatu juga bermanfaat dalam mejaga dan mempercantik rambut, seperti mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut.