GROSIR TANAMAN HIAS HIPOTES (Hypoestes phyllostachya) Rp. 10000,-

 



        Hypoestes phyllostachya atau lebih sering dikenal dengan nama hipotes, adalah salah satu jenis spesies tanaman berbunga dari keluarga Acanthaceae, Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan, madagaskar, dan  Asia tenggara. Bintik-bintik warna pada daun sering bergabung menjadi area warna yang lebih luas. Hipotes merupakan tanaman dengan daun yang cantik dan tergolong tanaman hias daun yang cukup populer. Cocok sebagai tanaman hias dalam pot yang diletakkan dalam ruangan, di teras atau di bawah naungan.
        Tanaman ini tumbuh setinggi 30 cm (12 inci) dan lebar. Hipotes memiliki daun berhadapan, lonjong dan runcing,  daun berwarna hiju dengan bintik-bintik merah, merah muda atau putih, seolah-olah disemprot cat, terkadang bintik warna akan bergabung menjadi area warna yamg lebih luas. Hipotes memiliki bunga kecil diujung batang berwarna merah, ungu, atau putih. Buahnya adalah kapsul dehiscent berbiji banyak.

A. Cara Perawatan
Hipotes tidak memerlukan perawatan khusus dan relatif mudah, yaitu:
1. Untuk menjaga wrna daun tetap cerah jangan temapatkan tanaman di tempat yang terkena sinar
    matahari langsung.
2. Pilih media tanam yang mampu  menyimpan air dan mampu menjaga kelembaban menjadi hal yang
    utama.
3. Jangan siram tanaman setiap hari, cukup lakukan penyiraman apabila media sudah mulai kering.
4. Pangkas pucuk tunasnya agar menjaga tanaman tidak terlalu tinggi, dan bertujuan untuk
    menumbuhkan cabang baru sehingga agar lebih lebat dan tetap menjaga keindahannya.

 B. Cara Budidaya

        Seperti mayorits tanaman hias lainnya hipotes dapat dapat diperbanyak dan dibudidayakan dengan  cara stek batang atau melalui benih, kedua metode ini mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Hipotes jarang terpengaruh oleh hama dan sama sekali tidak terpengaruh oleh berbagai penyakit. hama yang perlu diperhatikan yaitu kutu, tungau, laba-laba serta kutu putih, hama tersebut dapat dihilangkan menggunakan insektisida.