Ragam SANSEVIERIA






SANSEVIERIA

Tanaman yang memiliki segudang nama dan jenis ini, ternyata menyimpan banyak fungsi dan potensi yang menjanjikan kehidupan manusia. Bahkan sebagian orang merasa yakin bahwa tanaman ini merupakan tanaman ideal untuk masa depan. Alasannya tentu karena sifat yang dimilikinya sangat cocok dengan gaya hidup masyarakat yang berkembang saat ini. Sebagai tanaman hias dia mudah dirawat, tidak butuh banyak lahan dan dapat berfungsi sebagai penyerap polutan. Ketiga hal tersebut merupakan sifat utama sansevieria yang memenuhi kriteria terhadap tuntutan masyarakat zaman ini dan masa yang akan datang, yang semakin sibuk dan tak punya lahan yang luas. Tentu masih banyak lagi potensi lain yang dimiliki dan menjadi ladang bisnis yang menggiurkan.
Keragaman jenisnya juga diikuti dengan keragaman namanya. Ibarat manusia, pemberian nama tentu ada sejarah atau maknanya. Selain dikenal dengan nama "SANSEVIERIA" tanaman ini juga disebut "tanaman pedang-pedangan" alasannya tentu saja karena besar daunnya yang memanjang sampai 75 cm. Dengan ujung yang runcing seperti pedang. Ada juga yang menyebutnya"tanaman ular", hal tersebut karena tekstur daunnya yang mirip kulit ular. Warna daun ada yang hijau muda bercampur dengan alur menyerupai pita dan bersisik mirip sekali dengan kulit ular. Sebutan lain yang akrab untuk mengidentifikasi tanaman ini adalah: kaktus kodok (karena bentuk daun yang seperti kodok, lidah mertua (karena daun mudanya yang muncul menyerupai lidah dan tajam), tanaman abad 20 (karena mulai dikenal pada era ini), tanaman keberuntungan (mudah tumbuh dipelihara sebagai simbol rezeki) atau si belang yang mempesona (karena warna daun yang belang-belang).
Banyak orang mengenal nama tanaman keberuntungan, ini karena pemiliknya dapat memperoleh rezeki bila tanaman ini dapat tumbuh subur, ketegaran dan kekompakan bentuk daunnya melambangkan keteguhan, dan kekukuhan pemiliknya.Tanaman ini tumbuh diruangan yang sangat minim cahaya dan pada tempat yang mendapat cahaya penuh. Tetap tumbuh pada kondisi kering sehingga jika beberapa hari tidak disiram pun tanaman ini masih mampu tumbuh.
Ternyata sansevieria dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Contohnya sansevieria trifasciata lorentii sebagai obat diabetes, obat ambeien, dll. Polusi dari asap rokok juga mampu dinetralizer oleh tanaman sansevieria, oleh karenanya tanaman sansevieria di dalam ruangan sangat baik, karena akan mampu menyerap asap rokok dan bau tak sedap disekitar ruangan. Banyak sekali daya tarik yang lain tentang sansevieria sehingga perlu kiranya kita membuka mata hati kita untuk mau peduli dengan keberadaan sansevieria di lingkungan kita.