Tips Membuat Taman Rumah Murah dan Indah bersama Sinox Nursery

 







Siapa penyuka tanaman? Siapa yang ingin membuat taman di rumah tapi bingung mengawalinya? Tenang di artikel kali ini akan memberitahumu tips dan langkah membuat taman di rumah. Tips ini mudah dilakukan terlebih untuk kamu para pemula.

Kehadiran tanaman atau taman di rumah, akan membuat rumahmu semakin segar dan estetik. Bahkan, adanya taman akan membuat kualitas udara di sekitar rumahnya bagus. Tak hanya itu, taman yang kamu buat di rumah bisa kamu isi dengan berbagai sayuran dan buah-buahan hingga bumbu dapur, sebagai bahan makanan yang fresh, higienis, sehat dan hemat.

Dengan alat dan pengetahuan yang tepat, membuat halaman belakangmu menjadi surga tanaman akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. 

1. Memilih Lokasi yang Tepat

Pilihlah lokasi yang tepat untuk menanam. Sebagian besar bunga dan sayuran memerlukan beberapa jam sinar matahari langsung sehari, jadi carilah area yang menerima cukup sinar matahari penuh untuk apa yang kamu tanam. Menanam tanaman juga akan lebih mudah di sebidang tanah datar yang tidak banyak didatangi angin kencang.

Pikirkan pula akses di taman baik untuk memetik, menyiram dan merawat tanamanmu. Serta pilihlah lokasi yang aman dari hewan liar, binatang peliharaan, atau yang jauh dengan area bermain anak. Hal-hal tersebut dapat mengganggu pertumbuhan tanaman di kebunmu.

2. Memutuskan Konsep Taman Rumah Sederhana

Langkah selanjutnya, pikirkan konsep yang ingin kamu buat menjadi taman depan rumah yang cantik.

Banyak model taman yang bisa kamu adopsi. Misalkan saja taman depan rumah tropis yang akan membuat hunian kian menjadi sejuk.

3. Merancang Layout-nya

Sebagai acuan, bikinlah denah dari tata letak elemen taman tropis minimalis yang kamu inginkan.

Idealnya area untuk tanaman hijau minimal adalah sepertiga luas lahan. Kemudian, tentukan elemen taman, seperti kolam ikan sederhana.

4. Menentukan Tanaman yang Digunakan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih jenis tanaman apa yang akan kamu tanam. Jika kamu masih bingung, pakailah panduan zona iklim, maksudnya adalah ketahuilah zona iklim di lokasi kamu berada. Lalu carilah tanaman apa yang sesuai untuk wilayah iklim di daerahmu dan musim untuk menanamnya.

Panduan kedua kamu bisa memilih tanaman yang ingin kamu konsumsi. Buah dan sayur favoritmu, rempah yang sering kamu gunakan, atau tanaman bunga yang cantik bisa kamu pilih untuk kamu tanam di tamanmu. Kamu juga bisa mempertimbangkan apakah tanaman buah dan sayur yang kamu tanam untuk disimpan dalam waktu yang lama, atau untuk langsung dikonsumsi.

Panduan selanjutnya adalah dengan memerhatikan ruang berkebun di rumahmu yang tersedia. Jika hanya memiliki ruang untuk taman kecil, sebaiknya hindari tanaman berukuran besar.

5. Memikirkan Saluran Airnya

Kehadiran saluran air amatlah penting, karena bagian ini akan mengatur kelebihan air hujan agar tidak menggenang.

Maka, pada saat ingin membuat taman depan rumah mewah jangan lupa ya dengan sistem saluran airnya.

6. Mempercantik dengan Pencahayaan dan Dekorasi

Kamu juga perlu menambahkan area hijau itu dengan lampu taman dan dekorasi sesuai tema yang diinginkan.

Karena kedua hal itu akan memberi tambahan aksentuasi yang indah pada taman depan rumah sederhana type 36.