Phillodendron Hijau Besar Murah

 



Cara Merawat Tanaman Philodendron

Kepopuleran tanaman hias seperti philodendron, tentu dipilih tidak hanya tampilannya yang cantik saja, tapi juga cara perawatannya yang mudah. Sama seperti merawat tanaman hias kebanyakan, philodendron juga membutuhkan beberapa hal, seperti:

 

1.    Sinar Matahari yang Cukup

Untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup, kamu bisa meletakkannya di lokasi yang terang namun tidak terpapar sinar matahari langsung. Jika terdapat beberapa daun yang menguning di saat yang bersamaan, hal ini menandakan jika tanaman tersebut terlalu banyak mendapat cahaya. Sebaliknya, jika batangnya berkerut dan tumbuh panjang, itu pertanda kurang mendapat cahaya matahari.

Rutin melakukan penyiraman

Seperti kebanyakan tanaman hias lainnya, philodendron juga membutuhkan air yang cukup. Untuk itu, siramlah secara teratur namun jangan sampai terlalu banyak hingga tanaman tersebut tergenang air. Apabila terlalu banyak air, maka bisa membuat akar philodendron membusuk. Oleh karena itu, pilihlah pot dengan lubang drainase yang baik. Siram selama 2-3 kali seminggu jika kamu menempatkannya dalam ruangan. Untuk jenis yang biasa diletakkan di luar ruangan seperti taman, kamu bisa menyiramnya 1 kali sehari.

Beri pupuk khusus tanaman daun

Untuk perawatan lanjutan, lakukan pemupukan 5-6 kali dalam setahun. Gunakan pupuk cair khusus untuk tanaman daun agar daun bisa berkembang lebih besar dan berwarna hijau sempurna. Warna daun yang pucat bisa menjadi pertanda tanaman tersebut kurang mendapat nutrisi.

 

4.    Menjaga kondisi suhu lingkungan

Tanaman philodendron menyukai tempat yang teduh, tentu saja suhu yang dibutuhkan berkisar antara 18 sampai 24 C

Untuk kelembaban udara yang dibutuhkan tanaman philodendron antara 50% sampai 60%

5.    Menjaga karakteristik tanah

Perlu diketahui juga media tanah menjadi hal yang penting untuk dulur ketahui, sebab karakteristik yang diinginkan tanaman philodendron subur, porous serta gembur

Masih membahas mengenai karakteristik tanah yang dibutuhkan philodendron,tahapan selanjutnya dulur akan mengetahui persiapan media tanam berikut: