TIPS CARA PERAWATAN TAMAN OLEH SINOX NURSERY















Melakukan pembuatan taman pada lahan yang ada di sekitar rumah Anda, maka kewajiban Anda tidak berhenti ketika proses pembuatan taman selesai karena harus melakukan perawatan pada taman yang Anda buat. Perawatan taman dilakukan agar taman yang telah Anda bangun dengan susah payah tetap memberikan nilai keindahan dan tetap nyaman dipandang. Terdapat beberapa metode atau cara untuk melakukan perawatan.

Perawatan Taman memang sangat di perlukan agar taman kita terlihat tetap indah dan asri dipandang mata. Serta memberi kenyamanan pada setiap orang yang memandang dan berada di area taman anda. Oleh karena itu anda perlu melakukan Perawatan Taman secara teratur minimal 1 bulan sekali agar tanaman anda tetap terjaga dan terlihat rapi. Sepesial pada tanaman anda. Menurut pengalaman kami setelah kami melakukan Perawatan Taman khususnya bagi pemilik taman sebagian besar kurang mementingkan tanaman dan taman yang sudah dibuat. Padahal kami yakin anda membuat taman sudah pasti mengeluarkan biaya yang tidak sedikit bukan sangat sayang jika anda sudah membuat taman yang memakan biaya yg tidak sedikit. Menanam pohon pohon yang berkualitas tapi tidak dirawat terlalu sayang.
Sebagus apapun taman yang anda buat. Jika tidak di rawat maka tanaman dan taman yg anda tanam akan mengalami kerusakan hingga mengalami kematian. Sayang bukan jika taman anda menjadi hancur akibat kurang perawatan. Disela sela kesibukan anda. Disini kami memberikan solusi kepada anda untuk menawarkan jasa rawat tanaman agar taman anda menjadi terjaga keasrian nya. Pelayanan kami menjangku wilayah Semarang dan sekitarnya.
 Pelayanan yang kami sediakan adalah untuk rawat tanaman dari
·     Pemotongan tanaman
·     pemupukan dan penyiraman
·     pemangkasan tanaman perdu dan rumput
·     pembentukan pohon
·     penggantian pohon yg rusak/mati.

Tidak hanya sekedar merawat tapi kami mengerjakan dengan penuh tanggung jawab agar anda mejadi puas atas kinerja kamidan kami juga memberikan solusi solusi yang lebih mendetail mengenai permasalahan yang terdapat di lapangan.

Pemupukan Tanaman
Taman yang Anda bangun bukanlah taman yang keseluruhannya berisi benda mati, karena pasti terdapat bagian yang menggunakan tanaman. Agar tanaman yang Anda tanam di taman Anda dapat terus hidup, Anda harus memberikan perawatan taman untuk tanaman misalnya dengan pemupukan. Pupuk yang dapat digunakan yaitu pupuk organik, pupuk kimia ataupun pupuk cair yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Tanaman yang berasal dari jenis rumput, tanaman besar dan semak dapat diberi pupuk secara rutin setiap bulan atau sekali dalam 3 bulan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah tumbuhan yang ada di taman kekurangan pasokan atau sumber makanan yang ada di sekitar tempat tanaman tersebut tumbuh. Jika pemeliharaan taman untuk tanaman tidak dilakukan dengan baik, daun tanaman dan pohon akan mulai layu dan setengah kering. Beri pupuk yang sesuai dengan takaran yang dianjurkan karena jika kelebihan akan memberikan efek yang kurang baik bagi tanaman. Pemberian pupuk juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan misalnya pupuk daun untuk merangsang pembentukan daun. Pemupukan juga dapat Anda lakukan lewat lubang biopori yang juga berfungsi untuk menyerap air hujan agar dapat meresap ke tanah dan memasukkan unsur hara ke dalam lapisan yang lebih dalam.
Pemangkasan Tanaman
Perawatan taman selanjutnya adalah dengan melakukan pemangkasan terutama pada rumput atau tanaman yang telah tinggi dan pohon yang sudah mempunyai daun lebat dan ranting yang mengganggu agar pemandangan menjadi lebih enak untuk dilihat. Pemangkasan harus memperhatikan mengenai estetika agar pohon tidak terlalu gundul dan perhatikan yang tumbuh di bawah semak karena akan mengganggu masuknya pupuk ke dalam tanah. Untuk pemangkasan, dapat dilakukan dengan menggunakan pisau, gunting taman, gergaji atau dengan pemotong rumput.
Pembersihan Area Taman
Pembersihan yang dimaksud sebagai salah satu metode perawatan taman adalah dengan membersihkan tanaman kering, daun kering yang masih menempel di pohon atau yang sudah jatuh terutama untuk jenis tanaman palem dan pisang-pisangan. Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup, Anda dapat membersihkan batang dari pohon jenis bambu kuning, palem ataupun pisang-pisangan sehingga tanaman tersebut akan menampilkan kesan yang lebih indah lagi. Gunakan kain basah untuk mencuci daun pada tanaman yang pendek misalnya gelombang cinta. Jangan lupa untuk membersihkan ranting dan sampah kering dari tanaman tersebut dapat Anda gunakan untuk membuat pupuk kompos. Hal yang paling peting untuk pembersihan area taman adalah pembersihan rumput liar. 
Tanaman dalam pot dan hama
Jika Anda memiliki tanaman yang ditanam dalam pot, jangan lupa untuk membersihkan sampah, memberikan pupuk dan juga mengganti media tanam satu kali dalam 6 bulan yaitu dengan campuran dari tanah, pasir dan pupuk organik. Anda dapat menggunakan media tanam yang lain misalnya sekam padi dan serutan kayu sebagai alternatif. Pemeliharaan taman yang tidak boleh ditinggalkan adalah perawatan untuk pengendalian hama terutama jika taman Anda terdapat tanaman yang berproduksi misalnya jambu, tomat, cabai. Tidak semua pengendalian hama dapat dilakukan dengan cara menggunakan pestisida karena terlalu banyak menggunakan zat kimia dapat berbahaya. Anda dapat menggunakan garam untuk mengendalikan gangguan dari bekicot.