JUAL BERBAGAI MACAM JENIS BROMELIA DI SEMARANG


Bromelia adalah kelompok tanaman yang bernaung di bawah keluarga Bromeliaceae yang terdiri atas sekitar 3000 spesies dan ratusan hingga ribuan hibrida. Asal muasal tanaman yang salah satunya adalah nanas yang berasal dari Amerika. Tercatat hanya satu yang habitat nya di Afrika, yaitu Pitcairnia feliciana.

Bromelia
Bromelia karatas2.jpg
Bromelia karatas
Klasifikasi ilmiah
Kingdom:Plantae
(tidak termasuk):Angiospermae
(tidak termasuk):Monokotil
(tidak termasuk):Commelinids
Ordo:Poales
Famili:Bromeliaceae
Subfamili:Bromelioideae
Genus:Bromelia

Bentuk Fisik Tanaman Hias Bromelia
 Tanaman hias satu ini memiliki bentuk yang unik dan cantik. Bentuk daunnya yang melingkar rapat dan memiliki lingkaran mirip dengan bunga mawar. Helaian daun Bromelia sendiri ada yang melingkar panjang dan ada pula yang menekuk ke arah dalam sehingga tampak seperti mawar yang sedang mekar.
Ragam jenis warna daunnya ada yang merah jingga menyala, hijau semburat merah, bercak merah di sekujur daun, belang-belang hitam putih serta bentuk bunga yang mirip nanas atau kembang api.

 Cara Merawat Tanaman Hias Bromelia Yang Perlu Diperhatikan
 Apakah anda tertarik menanam tanaman hias Bromelia di taman rumah? Jika iya, perhatikan beberapa tips jitu merawat tanaman cantik itu berikut.
  1. Perhatikan media tanam Bromelia
Tanaman yang berasal dari daratan Amerika ini merupakan jenis tanaman yang membutuhkan tanaman lain. Ia adalah jenis tanaman yang akan menempel pada tanaman lain sehingga tidak cocok dengan media tanam seperti tanah. Sekam bakar yang dicampur dengan humus dan serbuk kelapa menjadi salah satu media tanam Bromelia yang paling bagus.

2. Perhatikan naungan paranet di taman
Mengapa Bromelia cocok dijadikan tanaman hias dalam taman indoor? Sebab tanaman ini tumbuh di daerah yang tidak terkena sinar matahari secara langsung sehingga perlu diberikan naungan paranet jika anda ingin menanamnya sendiri di rumah.

3. Sistem penyiraman
Bromelia cocok diaplikasikan pada taman kering karena anda tidak perlu melakukan penyiraman yang rutin. Meski ia tumbuh di daerah hutan yang lembab, Bromelia tidak boleh disiram terlalu sering sebab akan membuat ia cepat membusuk dan mati.

4. Penanggulangan hama dan penyakit
Meski Bromelia adalah tanaman yang memiliki tingkat ketahanan terhadap hama dan penyakit cukup tinggi, anda wajib memperhatikan kebersihannya juga. Pastikan anda memangkas daun yang terkena penyakit tanpa harus langsung menyemprotkan pestisida.

4 cara merawat tanaman hias Bromelia tersebut bisa anda coba sendiri di rumah. Anda bisa mencari bibit tanaman ini di sekitar daerah anda yang membudidayakannya. Banyak orang kepincut dengan pesona tanaman hias satu ini sehingga anda tidak akan kesulitan menemukan bibitnya. Taman di rumah anda pun bakal terlihat lebih eksotis jika menempatkan Bromelia di salah satu sudutnya.










Beberapa tips sederhana dibawah ini dapat Anda lakukan untuk membudidayakan tanaman hias bromelia, baik untuk di dalam maupun di luar ruangan.
  • Memberikan cahaya terang tanpa terkena sinar matahari langsung
  • Pertahankan kelembaban optimal
  • Biarkan udara mengalir di sekitar lingkungan tumbuh
  • Pastikan tanaman tetap lembab tetapi tidak terlalu basah
  • Berikan drainase yang memadai
  • Pemupukan dengan kadar yang berimbang/tidak berlebihan