Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

 Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan Tubuh


    Daun sirih memiliki berbagai manfaat dan mengandung protein, sodium, Vitamin B1, Vitamin B2, asam nikotinat, fenol dan masih banyak lagi yang terkandung didalamnya. Daun sirih mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. manfaatnya mulai dari meredakan gejala asma sampai menjaga kesehatan organ lambung. 
Daun sirih hijau biasanya digunakan untuk mengatasi bau badan dan mulut, mimisan, gatal-gatal serta anti bakteri. Nah dari sedikit penjabaran diatas berbagai manfaat daun sirih mari kita ulas ada apa saja manfaat daun sirih, sebagai berikut :

1. Sebagai Natiseptik dan Anti Jamur
Daun sirih yaitu memeliki antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol terutama chavicol yang menawarkan perlindungan pada kuman. daun sirih juga dapat membasti jamur yang ada pada tubuh. Anti jamur yang luar biasa memberikan kelegaan instan dari infeksi yang disebabkan jamur.

2. berpotensi menurunkan gula darah
jika seseorang mempunyai kadar gula darah yang tinggi mengkonsumsi air rebusan daun sirih dapat menurunkan kadar gula darah secara perlahan. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Daun sirih digunakan sebagai pedamping pengobatan diabetes bukan berarti menggantikan pengobatan utama diabetes. 

3. Menjaga kesehatan mulut dan gigi
Pada dahulu banyak sekali orang-orang mengunyah sirih dicampur biji pinang, hal ini bermanfaat bagi kesehatan gusi dan memperkuat gusi selain itu air liur yang bercampur daun sirih juga pinang bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel. Berkumur menggunakan rebusan daun sirih berpotensi menghambat bakteri-bakteri yang tumbuh didalam mulut dan zat asam penyebab gigi berlubang. 

4. Obat diare
Tanaman herbal ini mengandung bakteri, terutama mengandung bakteru e. coli penyebab diare. Hal ini dikarenakan rebusan daun sirih mengandung sterol yang bekerja melawan kuman yang ada didalam tubuh terutama pencernaan. 

Demikian beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita. dari banyaknya berbagai manfaat daun sirih alangkah baiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi daun sirih mencegah terjadi efek samping yang ada.