JUAL TANAMAN HIAS BAMBU

Hasil gambar untuk tanaman pohon bambu cendani ciri cirinya
Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.

Bambu
BambooKyoto.jpg
Hutan bambu di KyotoJepang
Klasifikasi ilmiah
Kingdom:Plantae
(tanpa takson):Angiospermae
(tanpa takson):Monokotil
(tanpa takson):Commelinids
Ordo:Poales
Famili:Poaceae
Subfamili:Bambusoideae
Superbangsa:Bambusodae
Bangsa:Bambuseae
Kunth ex Dumort.
Upasuku
Baca selengkapnya Taksonomi Bambuseae.
Diversitas
[[Taksonomi Bambuseae|Sekitar 92 genera dan 5.000 spesies]]
Bambu dilaporkan dapat tumbuh 100 cm (39 in) dalam 24 jam. Namun laju pertumbuhan ini amat ditentukan dari kondisi tanah lokal, iklim, dan jenis spesies. Laju pertumbuhan yang paling umum adalah sekitar 3–10 cm (1,2–3,9 in) per hari. Bambu pernah tumbuh secara besar-besaran pada periode Cretaceous, di wilayah yang kini disebut dengan Asia. Beberapa dari spesies bambu terbesar dapat tumbuh hingga melebihi 30 m (98 ft) tingginya, dan bisa mencapai diameter batang 15–20 cm (5,9–7,9 in). Namun spesies tertentu hanya bisa tumbuh hingga ketinggian beberapa inci saja.
Bambu termasuk dalam keluarga rumput-rumputan, yang dapat menjadi penjelasan mengapa bambu memiliki laju pertumbuhan yang tinggi. Hal ini berarti bahwa ketika bambu dipanen, bambu akan tumbuh kembali dengan cepat tanpa mengganggu ekosistem. Tidak seperti pohon, batang bambu muncul dari permukaan dengan diameter penuh dan tumbuh hingga mencapai tinggi maksimum dalam satu musim tumbuh (sekitar 3 sampai 4 bulan). Selama beberapa bulan tersebut, setiap tunas yang muncul akan tumbuh vertikal tanpa menumbuhkan cabang hingga usia kematangan dicapai. Lalu, cabang tumbuh dari node dan daun muncul. Pada tahun berikutnya, dinding batang yang mengandung pulp akan mengeras. Pada tahun ketiga, batang semakin mengeras. Hingga tahun ke lima, jamur dapat tumbuh di bagian luar batang dan menembus hingga ke dalam dan membusukkan batang. Hingga tahun ke delapan (tergantung pada spesies), pertumbuhan jamur akan menyebabkan batang bambu membusuk dan runtuh. Hal ini menunjukkan bahwa bambu paling tepat dipanen ketika berusia antara tiga hingga tujuh tahun. Bambu tidak akan bertambah tinggi atau membesar batangnya setelah tahun pertama, dan bambu yang telah runtuh atau dipanen tidak akan digantikan oleh tunas bambu baru di tempat ia pernah tumbuh.
Tanaman Hias Bambu yang Cantik

Bambu lebih dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan bangunan, misalnya untuk plafon, tiang penyangga, dinding (bilik anyaman), atau pagar rumah. Sebagian masyarakat, terutama di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo jawa tengah, menjadikannya sebagai bahan baku kerajinan (besek, mebel, dan aksesoris). Tahukah Anda, bambu juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias?

TENTU
 Anda tidak percaya kalau bambu bisa dijadikan tanaman hias. Bagaimana mungkin tanaman yang tumbuh secara merumpun, dengan batang besar dan tinggi, ini layak dijadikan tanaman hias? Dengan performa tanamana seperti itu, halaman rumah justru terlihat kotor dan semerawut.


Ketidakpercayaan itu memang benar, jika jenis (spesies) yang digunakan adalah bambu biasa, yang setiap hari kita lihat. Padahal, di seluruh dunia, terdapat 1.100 spesies tanaman bambu. Dari jumlah tersebut, 65 spesies terdapat di Indonesia.
Nah, jenis bambu yang layak dijadikan tanaman hias umumnya dari China, Jepang, dan Thailand. Misalnya bambu gendang (Bambusa ventricosa), bambu jepang (Arandinaria japonica), bambu jepang variegata (Sasa fortune), bambu kuning (Phyllostachys sulphurea), bambu siam (Thyrsostachys siamensis), dan bambu pagar (Bambusa glaucescens).

Jenis-jenis itulah yang memiliki keindahan pada setiap buluh, ruas, dan batangnya. Batangnya tidak terlalu besar, bahkan tidak terlalu tinggi, sehingga memudahkan perawatan. Selain itu, daun-daun bambu hias juga dapat mempercantik taman kita. 

Harmoni Lingkungan

Untuk menentukan jenis bambu hias yang akan dipilih, kita mesti menyesuaikan dulu dengan ukuran halaman/pekarangan rumah, serta karakteristik tanaman itu sendiri. Misalnya tinggi tanaman, panjang daun, dan sebagainya. Penyesuaian amat diperlukan, jika kita meng-inginkan harmoni antara tanaman dan lingkungan rumah.
Misalnya bambu gendang yang memiliki tinggi batang hanya 1-2 meter, dengan panjang daun rata-rata hanya 18 cm. Jenis ini cocok ditanam di pekarangan sempit. 
Bambu subtropis dari China ini dikenal paling unik ketimbang jenis-jenis bambu hias lainnya. Sebab ruas-ruas batangnya menggelem-bung di bagian tengah, namun mengecil pada bagian ruasnya. Sepintas lalu mirip bentuk kendang (gendang), sehingga disebut juga bambu gendang.

Di negeri asalnya, tanaman ini dijuluki sebagai Buddha’s belly bamboo. Yang tak kalah menariknya, ruas batangnya berwarna hijau tua dan keras. Bahkan, tanaman ini sangat cocok dijadikan bonsai.

Apabila Anda memiliki pekarangan yang luas, disarankan memilih bambu jepang. Sebab tinggi batangnya mencapai lima meter, dengan panjang ruas sekitar 30 cm. Tanaman ini mudah diperbanyak dengan rimpang atau setek batangnya.

Batangnya tegak dan berwarna hijau kelabu. Percabangan muncul dari buku-buku bagian tengah, sehingga jajaran batang bisa membentuk pagar jika ditanam secara berderet. 

Sesuai dengan namanya, bambu ini berasal dari Jepang. Bambu berdaun halus ini banyak ditanam berderet di sepanjang pagar atau dinding, sehingga mengurangi kesan ’’angkuh’’ yang muncul. Meski demikian, Anda bisa juga menanam satu-dua rumpun pada satu sisi taman. 

Bambu jepang memiliki hubungan kekerabatan dengan bambu jepang variegata. Penampilannya sangat menarik, dengan bentuk daun yang variatif. Rumpunnya tumbuh rapat, dengan ukuran daun yang kecil se-hingga bisa dipangkas membulat atau bentuk lainnya. 

Sosoknya jauh lebih kecil daripada bambu jepang, sehingga lebih bagus jika ditanam tunggal pada salah satu sisi taman. Cocok pula ditaman pada halaman pekarangan yang tidak terlalu sempit maupun terlalu luas.

Jenis Bambu Hias

Ada sekitar 1.000 spesies bambu yang ada di dunia ini. Tanaman bambu mempunyai banyak sekali manfaatnya. Dapat digunakan sebagai material bangunan, juga bagus untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Untuk bambu hias, mempunyai beberapa jenis. Inilah beberapa diantaranya, yang banyak ditemukan pada penjual tanaman.

1. Bambu Kuning (Phyllostachys sulphurea)
Penampilan bambu ini sangat cantik. Batangnya berwarna kuning gading, teksturnya halus. Ini kontras dengan daunnya yang berwarna hijau terang selebar 5 cm dengan panjang 20 cm. Tidak seperti bambu lain yang cenderung melengkung, bambu kuning berbatang lurus. Dengan begitu, bambu jenis ini dapat dijadikan pembatas taman yang menarik.
Ketinggiannya dapat mencapai 3 m. Jika dirasa terlalu tinggi, cukup pangkas batang yang paling atas. Bambu pun tetap tumbuh rapi seperti sebuah pagar.

2. Bambu Jepang (Arandinari japonica)
Jenis bambu ini mempunyai bentuk yang khas dengan batangnya yang kecil dan daunnya yang halus. Ukuran daunnya maksimal hanya sepanjang 10 cm. Warna batang dan daunnya hijau pucat. Mirip seperti bambu kuning. Batang bambu jepang juga tumbuh lurus. Ini membuatnya cocok dijadikan pembatas atau berjajar di sepanjang dinding atau pinggir jalan. Ketika sudah rimbun, bambu jepang dapat dibentuk.

3. Bambu Cina (Bambusa glaucescens)
Ukuran batang dan daun bambu jenis ini lebih halus dari bambu jepang. Namun berbeda dengan kedua jenis bambu lainnya, bambu cina tumbuhnya lebih menyemak dan batangnya mudah melengkung. Warna batangnya hijau muda, agak kekuningan.



Bambu Kuning

Yang tak kalah menarik adalah bambu kuning. Tanaman yang berasal dari China, serta berjuluk yellow running bamboo ini memiliki warna bulu kuning emas. Batangnya juga berwarna kuning emas, sehingga bisa memberikan aksen warna pada taman atau pekarangan rumah. Percabangan tanaman muncul pada ruas-ruas di bagian atas, sehingga batangnya akan terlihat nyata.

Anda bisa menanamnya secara berderet sebagai pagar, pengarah jalan, sisi-sisi dinding, atau penghubung antargedung. Tinggi tanaman sekitar 4-9 meter, dengan diameter buluh 5-8 cm, panjang 12 cm, serta lebar 2 cm.

Thailand juga mempunyai spesies tanaman bambu hias, yang dikenal sebagai bambu siam. Sekilas, penampilannya mirip bambu jepang. Di negeri asalnya, rebung bambu siam biasa digunakan sebagai sayuran. 

Rumpun bambunya amat padat, dengan daun berukuran kecil-kecil tetapi lebat. Dengan performa seperti ini, Anda dapat membentuknya sesuai dengan selera. Biasanya, tajuk melebar seperti payung. 

Batangnya berwarna hijau keputihan, ramping, dan tegak. Bambu siam banyak ditanam di sisi dinding, baik berderet atau berkelompok. Penanaman di sisi dinding dapat mengurangi kekakuan dinding sebuah gedung/bangunan. 

Bukan hanya itu, bambu siam juga dapat berfungsi sebagai penghalang angin dan peredam suara. Tinggi batangnya 7-12 m, diameter 2-7 cm, dan panjang ruas sekitar 15 cm. Percabangan muncul pada buku bagian atas, serta diselimuti miang berwarna putih. 

Ada lagi yang disebut bambu pagar. Sesuai dengan namanya, ia ditanam berderet sebagai pagar hidup. Rumpunnya juga tumbuh rapat, dengan daun-daun yang kecil, yang bagian atasnya dapat dipangkas merata. Ruas-ruas batangnya pendek dan berwarna hijau. Nah, Anda tertarik yang mana?


SINOX NURSERY
JL. VILLA SIBERI KM.1 BANJAREJO BOJA KENDAL
TELP : 081229231277 – 085727054383
Email : guntorobsc2@gmail. Com
Website : www. Sinox nursery. Com
DAFTAR HARGA TANAMAN SINOX NURSERY SEMARANG
STOK BULAN SEPTEMBER 2019
   
NO JENIS TANAMAN HARGA
1 Adam hawa variegata  Rp        2,000.00
2 Adas  Rp        3,000.00
3 agave americana  Rp      10,000.00
4 aglonema butherfly  Rp      10,000.00
5 aglonema Dona karmen  Rp      10,000.00
6 aglonema milky way  Rp      10,000.00
7 aglonema sithipon  Rp      10,000.00
8 aglonema snow white  Rp      10,000.00
9 air mancur  Rp        3,000.00
10 Akalipa brokoli  Rp        4,000.00
11 alamanda kuning  Rp        5,000.00
12 alpukat mentega jumbo  Rp      15,000.00
13 alpukat seedling ( batang bawah )  Rp        3,000.00
14 Andong coklat  Rp        1,000.00
15 andong merah  Rp        3,000.00
16 Andong mini  Rp        2,000.00
17 anggrek bulan  Rp      80,000.00
18 anggrek dendrobium  Rp      70,000.00
19 anggrek macan  Rp      50,000.00
20 anggrek tanah   Rp        5,000.00
21 anggur laut  Rp      30,000.00
22 angsana  Rp    150,000.00
23 anting putri 20 cm  Rp      15,000.00
24 aralea  Rp        5,000.00
25 Asoka holand  Rp        7,000.00
26 Asoka india  Rp        5,000.00
27 asoka javanika daun besar  Rp        7,000.00
28 asoka singapure  Rp        5,000.00
29 bakung besar variegata  Rp      25,000.00
30 bakung besar wulung  Rp      40,000.00
31 bakung putih  Rp        3,000.00
32 bakung ungu  Rp        5,000.00
33 bambu air  Rp      10,000.00
34 bambu jepang  Rp      19,000.00
35 bambu kodok  Rp      25,000.00
36 bambu kuning  Rp      35,000.00
37 bambu mini  Rp      10,000.00
38 bambu ndani hijau  Rp      19,000.00
39 bambu ndani kuning  Rp      50,000.00
40 bambu rejeki  Rp      10,000.00
41 bambu rejeki hijau   Rp        3,000.00
42 bambu rejeki kuning  Rp        3,000.00
43 bambu rejeki putih  Rp        3,000.00
44 bambu roma  Rp      80,000.00
45 bayam merah  Rp        2,000.00
46 belimbing wuluh  Rp      15,000.00
47 beringin dolar  Rp      10,000.00
48 beringin hijau  Rp      10,000.00
49 beringin kuning  Rp      10,000.00
50 beringin putih  Rp      25,000.00
51 binahong hijau  Rp      10,000.00
52 binahong merah  Rp      10,000.00
53 bintaro hijau  Rp    150,000.00
54 bintaro ungu  Rp    250,000.00
55 bisbol  Rp            25,000.00
56 blimbing demak  Rp      25,000.00
57 blimbing wuluh  Rp            15,000.00
58 Bogenville  Rp        7,500.00
59 bonsai anting putri 1 m  Rp    350,000.00
60 bonsai beringin dolar  Rp    950,000.00
61 bromelia  Rp      10,000.00
62 bromelia giant  Rp      50,000.00
63 bromelia lipstik  Rp      10,000.00
64 bromelia mawar  Rp      30,000.00
65 bromelia putih  Rp        4,000.00
66 bromelia trotol  Rp      25,000.00
67 buah melodi  Rp      10,000.00
68 buby blue  Rp        5,000.00
69 Bunga kupu kuning  Rp        3,000.00
70 bunga kupu kupu  Rp    200,000.00
71 bunga lilin kuning  Rp        3,000.00
72 bunga lilin merah  Rp        5,000.00
73 bunga trompet putih mini  Rp        3,000.00
74 bungur  Rp    200,000.00
75 calatea bangkok  Rp      10,000.00
76 calatea batik hijau  Rp        3,000.00
77 calatea daun besar  Rp      15,000.00
78 calatea lurik  Rp        3,000.00
79 calatea mini  Rp        3,000.00
80 calatea silver  Rp        6,000.00
81 calatea varigata  Rp        4,000.00
82 candana india  Rp      25,000.00
83 celosia  Rp      10,000.00
84 cemara araokaria  Rp      50,000.00
85 cemara golden  Rp      50,000.00
86 cemara kipas  Rp    100,000.00
87 cemara papua  Rp    100,000.00
88 cemara udang  Rp      50,000.00
89 ceplok piring hiaju  Rp        3,000.00
90 ceplok piring varigata   Rp      10,000.00
91 dadap merah  Rp    150,000.00
92 daun min  Rp        5,000.00
93 daun ungu  Rp        8,000.00
94 difenbachia lipstik  Rp      10,000.00
95 difenbachia sebra  Rp        7,500.00
96 dlingo  Rp               4,000.00
97 dolar pacar tembok daun besar  Rp      10,000.00
98 Dolar/ pacar tembok daun kecil  Rp        5,000.00
99 Dracaena florida beauty  Rp      10,000.00
100 Dracaena india plg 30  Rp      10,000.00
101 Dracaena Jamaika plg 20  Rp        5,000.00
102 dracaena jamaika plg 30  Rp      10,000.00
103 dracaena milky way  Rp      10,000.00
104 Dracaena tricollor  Rp        6,000.00
105 duku  Rp      25,000.00
106 durian montong  Rp      25,000.00
107 durian musang king  Rp      25,000.00
108 duwet  Rp            25,000.00
109 ekor kuda hijau  Rp        8,000.00
110 ekor kuda merah  Rp      10,000.00
111 ekor tupai asparagus  Rp      10,000.00
112 erpah  Rp        1,000.00
113 erpah mini  Rp        2,000.00
114 erpah putih  Rp        3,000.00
115 euphorbia impor  Rp      10,000.00
116 euphorbia lokal  Rp        5,000.00
117 flamboyan  Rp    250,000.00
118 glodogan pecut 4 m  Rp    300,000.00
119 glodogan ranting 4 m  Rp    400,000.00
120 heliconia strata  Rp      25,000.00
121 heliconia tegak  Rp        3,000.00
122 hema  Rp        2,000.00
123 Iler  Rp        2,000.00
124 iris  Rp        1,000.00
125 jabotikaba/ anggur brazil  Rp    100,000.00
126 jahe merah  Rp        5,000.00
127 jahe putih  Rp        5,000.00
128 jambu air  Rp      25,000.00
129 jambu guava  Rp            25,000.00
130 jambu kristal  Rp      15,000.00
131 jeruk dekopon  Rp      15,000.00
132 jeruk keprak batu 55  Rp      15,000.00
133 jeruk kip  Rp      15,000.00
134 jeruk lemon  Rp      10,000.00
135 jeruk lemon kalifornia  Rp      25,000.00
136 jeruk nagami  Rp      15,000.00
137 jeruk nipis jawa  Rp      15,000.00
138 jeruk purut  Rp      15,000.00
139 jeruk siem  Rp      15,000.00
140 kamboja bali 1 m  Rp      25,000.00
141 kamboja bali 2 m  Rp      50,000.00
142 kamboja bali 3 m  Rp    200,000.00
143 kamboja bali 4 m  Rp    400,000.00
144 kamboja jepang  Rp    100,000.00
145 kana bangkok  Rp        6,000.00
146 kana hijau  Rp        4,000.00
147 kana kuning  Rp        4,000.00
148 karet kebo  Rp      10,000.00
149 karet kebo variegata  Rp            15,000.00
150 kelapa hibrida  Rp      25,000.00
151 kelapa sawit  Rp    400,000.00
152 kembang sepatu merah  Rp      10,000.00
153 kembang sepatu var 20  Rp        5,000.00
154 kembang sepatu var 30  Rp      10,000.00
155 kembang telang  Rp      10,000.00
156 kemuning  Rp      10,000.00
157 kenari  Rp    100,000.00
158 kencur  Rp        5,000.00
159 Kencuran  Rp        2,000.00
160 kepel  Rp      25,000.00
161 ketapang kencana  Rp      20,000.00
162 kolbanda  Rp    150,000.00
163 kosandra  polibag 20  Rp        5,000.00
164 krokot kuning  Rp        1,000.00
165 Krokot merah  Rp        1,000.00
166 kucai mini  Rp        1,000.00
167 kumis kucing  Rp        5,000.00
168 kunir  Rp        5,000.00
169 kurma  Rp      30,000.00
170 lavender bangkok  Rp        5,000.00
171 lavender lokal  Rp        1,000.00
172 lavenia  Rp      15,000.00
173 leak  Rp      30,000.00
174 lengkuas  Rp               4,000.00
175 lidah buaya  Rp        5,000.00
176 lidi air  Rp      10,000.00
177 lili brazil hijau  Rp        3,000.00
178 lili brazil putih  Rp        5,000.00
179 lili paris  Rp        3,000.00
180 lili pink  Rp        2,000.00
181 lili putih  Rp        2,000.00
182 liquanyu/ tanaman rambat  Rp        3,000.00
183 lohansung  Rp    150,000.00
184 lombok / cabai  Rp               4,000.00
185 mangga besar  Rp      80,000.00
186 mangga kecil  Rp      20,000.00
187 Maranta lurik  Rp        3,000.00
188 Mata kucing  Rp        3,000.00
189 matamori  Rp      20,000.00
190 matoa  Rp      15,000.00
191 melati air  Rp      20,000.00
192 melati gambir  Rp        7,500.00
193 Melati jepang  Rp        2,000.00
194 Melati lokal  Rp        5,000.00
195 Mirten  Rp        4,000.00
196 mundu  Rp            25,000.00
197 nangka merah  Rp            25,000.00
198 nangka mini  Rp            25,000.00
199 pacar tembok daun besar  Rp      10,000.00
200 Pacar tembok/ ficus repens  Rp        5,000.00
201 pachira  Rp      10,000.00
202 pacing  Rp        5,000.00
203 pagoda 1,5 m  Rp      50,000.00
204 pagoda 3 m  Rp    150,000.00
205 palem botol  Rp      50,000.00
206 palem ekor ikan  Rp    100,000.00
207 palem ekor tupai  Rp      10,000.00
208 palem jepang  Rp    100,000.00
209 palem kamedorea  Rp    100,000.00
210 palem kipas  Rp      10,000.00
211 palem kuning  Rp      10,000.00
212 palem merah  Rp      50,000.00
213 palem putri  Rp      10,000.00
214 palem siagrus  Rp    500,000.00
215 palem waregu  Rp      40,000.00
216 pandan bali kecil  Rp      25,000.00
217 pandan hias variegata  Rp      15,000.00
218 pandan mini kuning  Rp        5,000.00
219 pandan wangi  Rp        5,000.00
220 papirus  Rp        5,000.00
221 Patah tulang  Rp        3,000.00
222 peperomia  Rp        5,000.00
223 philodendron bullmaks  Rp        5,000.00
224 philodendron gergaji  Rp      10,000.00
225 philodendron hijau  Rp        3,000.00
226 Philodendron kuning  Rp        3,000.00
227 philodendron lemon squash  Rp      10,000.00
228 philodendron linet  Rp      10,000.00
229 philodendron marbel  Rp      10,000.00
230 philodendron tangkai merah  Rp      10,000.00
231 phn bambu cendani  Rp      15,000.00
232 phn bambu cendani kuning  Rp      50,000.00
233 phn bambu jepang  Rp      20,000.00
234 phn bambu kodok  Rp      20,000.00
235 phn bambu kuning  Rp      50,000.00
236 phn bambu trisik/ pagar  Rp      15,000.00
237 phn bambu variegata  Rp      25,000.00
238 phn rainboy  Rp    100,000.00
239 pinisium  Rp    100,000.00
240 Pisang bali  Rp        5,000.00
241 pohon sapu tangan  Rp      50,000.00
242 polisias cikra cikri  Rp        6,000.00
243 Polisias lokal  Rp        3,000.00
244 polisias mini  Rp      10,000.00
245 polisias variegata  Rp        6,000.00
246 pucuk kuning  Rp      15,000.00
247 pucuk merah  Rp        5,000.00
248 pucuk putih besar  Rp      50,000.00
249 pucuk putih kecil  Rp      15,000.00
250 puki anjing  Rp      50,000.00
251 pule  Rp    200,000.00
252 puring bali  Rp        6,000.00
253 puring cakwe  Rp        6,000.00
254 puring kura  Rp      10,000.00
255 puring oskar  Rp      20,000.00
256 puring spiral  Rp        6,000.00
257 puring udang  Rp        5,000.00
258 puring z  Rp        6,000.00
259 rambutan  Rp      25,000.00
260 Roelia pendek  Rp        1,000.00
261 Roelia tegak   Rp        1,000.00
262 rombusa kuning  Rp      10,000.00
263 rumput akar wangi per m  Rp      50,000.00
264 rumput arab hijau  Rp        3,000.00
265 rumput arab merah  Rp        3,000.00
266 rumput bermuda per m  Rp      55,000.00
267 rumput ekor kuda  Rp      10,000.00
268 rumput ekor kuda  Rp      10,000.00
269 rumput gajah lokal per m  Rp      12,500.00
270 rumput gajah mini per m  Rp      25,000.00
271 rumput golf per meter  Rp      55,000.00
272 rumput irian  Rp        3,000.00
273 rumput jepang per meter  Rp      25,000.00
274 rumput lamuran per meter  Rp      12,500.00
275 rumput sintetis per meter  Rp    150,000.00
276 rumput swis per meter  Rp      45,000.00
277 sabrina polibag 20  Rp        3,000.00
278 sabrina polibag 25  Rp        4,000.00
279 sabrina polibag 30  Rp        5,000.00
280 sakura  Rp    150,000.00
281 salam  Rp      10,000.00
282 Sambang darah  Rp        5,000.00
283 santos lemon  Rp      15,000.00
284 sawo kecik besar  Rp    250,000.00
285 sawo kecik kecil  Rp      20,000.00
286 sente kraton/ keladi wulung  Rp      20,000.00
287 serai  Rp               4,000.00
288 sikas revoluta  Rp    300,000.00
289 sikas zamia  Rp    100,000.00
290 sikat botol 2 m  Rp    150,000.00
291 sirih belanda hijau belang  Rp        5,000.00
292 sirih belanda kuning  Rp        5,000.00
293 sirih belanda putih  Rp        5,000.00
294 sirih hijau ( toga )  Rp      10,000.00
295 sirih kuning (toga )  Rp      10,000.00
296 sirih merah (toga )  Rp      10,000.00
297 sirsak  Rp      15,000.00
298 spatiphilum hijau  Rp        5,000.00
299 spatiphilum variegata  Rp      10,000.00
300 spatodea  Rp    150,000.00
301 Stefanut  Rp      10,000.00
302 stok mini / lagestrus  Rp        5,000.00
303 strobery  Rp      10,000.00
304 sukun  Rp      20,000.00
305 sutra bombai  Rp        2,000.00
306 tabebouya kuning  Rp    200,000.00
307 tabebouya pink  Rp    250,000.00
308 Taiwan beauty  Rp        1,000.00
309 tanjung  Rp      20,000.00
310 tapak doro  Rp        5,000.00
311 teratai  Rp      25,000.00
312 terong  Rp               4,000.00
313 trembesi  Rp      20,000.00
314 trembesi 4 m  Rp    200,000.00
315 tumbergia  Rp      15,000.00
316 wali songo daun besar  Rp      30,000.00
317 wali songo daun lima  Rp      10,000.00
318 Wali songo hijau  Rp        8,000.00
319 Wali songo kuning  Rp      10,000.00
320 zodiak  Rp      10,000.00