TAMAN BERMAIN DENGAN TANAMAN KACANGAN



Tanaman Kacangan (Arachis pintoi) adalah tanaman yang bentuknya mirip kacang tanah (Arachis hypogea). Jenis tanaman ini dapat dipakai sebagai tanaman penutup tanah di taman dan di kebun (kopi, cokelat, vanili, merica, kelapa, kelapa sawit, dsb) atau ladang. Kacang pintoi bisa tumbuh di tempat bernaungan dan bisa tahan kalau ada orang atau hewan menginjak-injaknya sehingga cocok untuk tanaman taman bermain. Tanaman ini, tidak memerlukan pengelolaan intensif karena tidak tumbuh tinggi (maksimal 30 cm) dan dapat ditanam dengan setek batang, menghasilkan hijauan ternak yang cukup nutritif.
Dari riset eksperimental di  Sulawesi Utara, menunjukkan bahwa kacang pintoi
merupakan pilihan yang baik untuk sistem peternakan dalam kebun kelapa, dengan produksi kira-kira 800 kg/ha setiap dua bulan.Tanaman ini memiliki kegunaan lain, yaitu:
Menahan erosi tanah: Akar akarnya mencegah tanah hanyut oleh air dan angin.
Daunnya mengurangi dampak tetes hujan sewaktu jatuh ke tanah.
Sumber nitrogen untuk tanaman pokok: Kacang pintoi adalah anggota famili kacang-kacangan yang
mempunyai kemampuan menyerap nitrogen dari udara dan mengubahnya ke bentuk yang dapat digunakan oleh tanaman lain. Oleh karena itu, kacang pintoi dapat membuat tanah lebih subur untuk tanaman lain.
Mencegah pertumbuhan gulma: Kacang pintoi sering“menang” ketika bersaing dengan gulma untuk
memperoleh air dan unsur hara.
Sebagai tempat berlindung musuh alami: Jumlah musuh alami di kebun dapat dinaikkan
dengan menyediakan tempat teduh dan tempat berlindung dari angin yang kuat atau hujan
deras. Tempat berlindung membantu musuh alami dengan menyediakan mangsa atau inang alternatif. Berbagai jenis musuh alami juga memakan sari madu dan serbuk dari tanaman kacang pintoi.