POHON BERBUNGA LEBAT PENEDUH JALAN


POHON  BERBUNGA  LEBAT  PENEDUH  JALAN

        Musim panas memang waktu paling cocok untuk pertumbuhan bunga. Jika di Jepang ada pohon sakura untuk peneduh jalan, di Indonesia juga ada versi lokalnya loh. Kira-kira tanaman apa saja ya, kita simak bersama yuk gaiss..
        Tanaman peneduh adalah  jenis tanaman yang berbentuk pohon dengan percabangan yang tingginya lebih dari dua meter dan dapat memberikan keteduhan serta menahan silau cahaya matahari yang terpancar. Jenis tanaman peneduh jalan ada dua jenis yakni pohon berbunga dan pohon tidak berbunga, kali ini mimin mau membahas jenis tanaman peneduh pohon berbunga, berikut nama-nama tanamannya:

1. Tabebuya Pink dan Putih



     (sumber: kebun sinox nursery)                         (sumber: pinterest)

    Tanaman ini paling nge-trend  dan paling sering kita temui di jalan pusat kota. Dengan ciri khas bunga yang lebat dan berwana kalem. Untuk ciri khusus sendiri sebenarnya tabebuya pink dan tabebuya putih memiliki ciri fisik yang susah dibedakan ketika belum berbunga, karena dari bentuk dan warna batang maupun dahan sama saja. Tanaman ini mengapa sangat digandrungi oleh penggemarnya tidak lain karena bunganya yang sangat mempesona bak pohon sakura, pohon ini juga memberikan nuasa estetis pada jalan maupun pekarangan rumah.

2. Tabebuya Ungu

 (sumber: pinterest)

      Pohon yang satu ini tidak kalah cantik dengan pohon sakura loh, warna ungu kadang agak kebiruan ini memberikan nuansa sejuk jika dipandang. Untuk ciri-ciri pohon ini yakni sangat jelas pada warna daunnya. Jika dibandiingkan dengan jenis tabebuya pink atau putih, jenis daun tabebuya ungu ini dapat dilihat dengan bercak ungu di bagian punggung daunnya. 

3. Tabebuya Kuning


         
  (sumber: kebun sinox nursery)                              (sumber: pinterest)
     
Sangat berbeda dengan dua jenis tabebuya sebelumnya. Tabebuya kuning ini memiliki ciri daun dan batang yang berbeda, daun berbentuk menjari dan batang bertekstrur lebih halus ini memiliki bunga kuning yang sangat cantik dan eye-catching banget. Ketika musim panas, bunga ini berbunga sangat lebat dan ketika bunganya mulai berguguran akan memberi kesan atau vibe layaknya di autumn Eropa. 

4. Cassia

           (sumber: pinterest)

    Pohon Cassia, yang juga dikenal sebagai Cassia fistula, merupakan salah satu pohon yang populer digunakan sebagai tanaman peneduh di berbagai wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Pohon Cassia dikenal karena dedaunannya kecil-kecil yang lebat seperti dau asam jawa dan penampilannya yang indah, serta bunga kuningnya yang menarik perhatian dan buah yang mencolok.
 
5. Bungur 


         (sumber: pinterest)


    Pohon bungur ungu ( Lagerstroemia speciosa ) adalah tanaman yang sangat populer sebagai tanaman peneduh karena keindahan bunganya dan kemampuannya untuk memberikan teduh yang menyegarkan. Selain manfaat fungsionalnya, pohon bungur ungu juga memberikan nilai estetika yang signifikan dalam lanskap. Daunnya yang hijau dan bunganya yang indah menambah keindahan visual di sekitar area taman atau pekarangan.
        
6. Flamboyan

          (sumber: pinterest)


        Pohon flamboyan merah (Delonix regia) adalah pohon yang menarik perhatian karena keindahan bunganya yang merah terang dan mahkotanya yang lebat, yang membuatnya cocok untuk digunakan sebagai tanaman peneduh. elain manfaat fungsionalnya, pohon flamboyan merah juga memberikan nilai estetika yang signifikan dalam lanskap. Bunganya yang cerah dan mahkotanya yang lebat menambah keindahan visual di sekitar area taman, jalan, atau pekarangan.


        Nah, itu dia tadi pohon berbunga dengan fungsi peneduh. Sinox Nursery menyediakan bibit tanaman-tanaman tersebut dengan harga yang terjangkau. Juga kami menyediakan jasa penanamannya loh. Kalo kalian suka tanaman yang mana nih?