ALANG-ALANG EKOR KUDA MEMBUAT AESTHETIC RUMAH







    Rumput ekor kuda (Pennisetum alopecuroides) atau biasa dikenal dengan sebutan alang-alang, adalah tanaman yang termasukk ke dalam spesies rumput-rumputan di keluarga Poaceae, yang berasal dari daratan Asia dan Australia, tanaman ini bisa mencapai panjang hingga 130cm tanaman ini akan tumbuh semakin panjang akan mengarah ke bawah.

Nama lokal                     : rumput ekor kuda (indonesia), fountain grass (inggris)

Family                            : Poaceae

Tipe tanaman                  : ground cover

Bentuk tajuk                   : menjurai

Ketinggian lokasi tumbuh         : Dataran rendah, Dataran tinggi

Kelembaban                    : sedang

Penyinaran                      : langsung, semi naungan

Kebutuhan air                 : semi intensif

Warna bunga                   : putih

Warna daun                     : hijau

Perbanyakan                   : biji, rizhoma

Kecepatan tumbuh          : cepat

    Masyarakat banyak menggunakan tanaman ini untuk hiasan di taman atau sebagai pagar lis di bagian rumah yang agak tinggi, dengan pertumbuhannya yang menjuntai akan menambah keindahan jika ditanam atau ditempatkan di bagian rumah yang agak tinggi, sehingga daun-daun dari tanaman ekor kuda ini dapat menjuntai jatuh ke bawah. Ditambah dengan bunganya yang tumbuh tegak keatas dan berbentuk seperti kapas sehingga menambah kesan alami dan aestetic.

Jika kamu ingin menanamnya di rumah cara perhitungannya adalah 1 m2 diisi dengan 8-15 pohon ekor kuda dengan cara menanamnya membentuk zig-zag, sehingga bisa langsung terlihat rimbun dan tidak menghambat pertumbuhan tanaman.

Merawat tanaman ekor kuda ini juga tergolong mudah, cukup dengan menyiramnya secara teratur yaitu pada pagi dan sore hari, jika daun-daunnya sudah mulai berantakan dan kepanjangan cukup dengan merapihkan dan memotong bagian yang kepanjangan, pemberian pupuk juga cukup dengan memberikan pada waktu berkala dalam jangka waktu sebulan sekali saja.

Sinox nursery menjualnya dengan harga hanya Rp 5.000 per polibag, dan tersedia ribuan stok.