PASIFFLORA BERBUNGA MERAH & PUTIH




Passiflora adalah jenis tumbuhan yang terdiri kurang lebih 500 spesies, merupakan tumbuhan memanjat yang berasal dari Amerika. Tumbuhan ini bisa digunakan sebagai tanaman hias (Passiflora vitifolaPaasiflora racemosa) dan sebagai makanan (Markisa, Passiflora edulis). Dan Markisa Konyal (Passiflora ligularis), Rambusa dan Erbis. Pada Passifora edulis, bijinya mempunyai rasa segar, diminum dalam sirup dan limun.

Passiflora juga digunakan dalam membuat obat untuk mengatasi kesulitan tidur (insomnia), gangguan pencernaan karena kecemasan atau kegugupan, gangguan kecemasan umum, menghilangkan gejala yang berhubungan dengan pengehentin pemakaian narkotika, kejang, penyakit saraf, asma, gejala menopause, gangguan hiperkinetik, jantung berdebar, denyut jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi dan pereda nyeri. Sebagian orang menggunakan Passiflora untuk mengatasi luka bakar, rasa sakit dan pembengkakan. Dalam makanan dan minuman, Passiflora digunakan sebagai penyedap atau bumbu masakan.

 



Passiflora merah (Passiflora coccinea; bahasa Inggris: red passion flower) adalah tumbuhan berkayu dan termasuk ke dalam keluarga Passifloraceae. Tumbuhan merambat yang memiliki batang berwarna hijau dengan bentuk daun memanjang. Tumbuhan ini mempunyai bunga berwarna merah yang biasanya mekar antara bulan Juli sampai September. Dalam pertumbuhannya, tumbuhan ini membutuhkan matahari penuh dan air yang banyak. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Selatan, tetapi juga dapat ditemukan di Indonesia.

Tumbuhan ini dijadikan sebagai tumbuhan hias karena bunganya yang menarik dan sudah diperjualbelikan secara bebas. Passiflora coccinea dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan, dan digunakan untuk mengobati gejala sakau, obat luka dan memperbaiki kualitas tidur.