17 Jenis Tanaman Vertical Garden Versi Sinox Nursery Semarang

 






    Vertical garden kini sangat digandrungi oleh pecinta tanaman. Vertical garden sendiri merupakan cara menyusun taman pada bidang tegak lurus atau vertikal seperti dinding. Selain memangkas tempat, taman jenis ini juga dapat menambah nilai estetis rumah. Banyak sekali jenis tanaman vertical garden yang bisa dipilih.

Vertical garden bisa jadi alternatif bagi kamu pecinta tanaman hias dan butuh kesegaran dalam rumah tanpa harus memakan banyak tempat. Tapi, sebelum mulai menggunakan vertical garden, kenali dulu jenis-jenis tanaman yang cocok untuk taman vertikal.  Pasalnya, vertikal garden membutuhkan jenis tanaman yang mudah perawatannya dan tahan terhadap cuaca ya.

1. Lili Paris

Lili Paris

Tanaman hias dengan daun menjuntai seperti padi dengan warna hijau putih ini memiliki perawatan yang sangat mudah dan tahan terhadap sinar matahari. Lili paris atau bernama latin Chlorophytum Comosum seringkali digunakan sebagai tanaman penghias taman kota dan cocok diaplikasikan pada vertical garden.

2. Bunga Lipstik

Bunga Lipstik

Bernama latin Aeschynantus Radicans, Bunga Lipstik merupakan tanaman dengan daun hijau mungil yang berkilau dan warna bunga merah tua bagai lipstik. Tanaman ini tidak membutuhkan tanah terlalu dalam, sangat cocok diaplikasikan di dalam ruangan maupun sebagai tanaman outdoor. Bunga Lipstik sering dijumpai sebagai tanaman hias gantung yang dapat tumbuh baik di dalam maupun luar ruangan.

3. Dollar Plant

Dollar Plant

Sesuai namanya, tanaman ini memiliki bentuk daun seperti koin dollar dengan bentuk dahan memanjang dan daun yang tak begitu rapat. Dollar plant sangat tepat untuk aplikasi taman vertikal karena memiliki daya cengkram yang kuat pada dinding dengan jenis plesteran kamprot atau finishing kasar.

4. Sirih Gading

Sirih Gading

Tanaman rambat bernama latin Epipremnum Aureum ini tentu sudah popular didengar. Sirih gading sangat cocok pada taman vertikal karena bisa diatur cara merambatnya,  juga memiliki umur yang sangat panjang, serta perawatan yang sangat mudah.

5. Tradescantia

Tradescantia

Tradescantia memiliki daun dengan campuran warna unik seperti garis ungu, hijau, putih, dan silver. Dengan bentuk menjuntai. Warnanya yang indah akan membuat tampilan vertical garden makin estetis. Apalagi diletakkan pada kawasan perumahan yang asri dan segar, akan membuat tampilan rumah semakin menawan ya.


6. Tanduk Rusa

Tanduk Rusa

Tanduk rusa atau bernama latin platycerium bifurcatum, memiliki berbagai bentuk yang beragam dan unik yang menyerupai tanduk hewan rusa. Tanaman ini biasanya menempel pada pohon yang menjadi inang. Tanduk rusa sangat cocok diaplikasikan pada taman vertikal karena bentuknya yang harus menempel dan berdiri pada pohon serta perawatannya yang mudah.

7. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek

Siapa yang tak kenal tanaman satu ini? Bunganya yang indah dan bentuknya yang cantik membuat tanaman ini digemari. Tanaman hias satu ini biasa digantung pada area taman. Bunga Anggrek juga cocok digunakan pada taman vertikal karena perawatannya yang tak rumit dan mampu hidup hanya dengan menempel pada suatu permukaan.


8. Maranta leuconeura
8. Maranta leuconeura

Tanaman hias ini punya nama lain prayer plant yang berasal dari daerah tropis di Amerika Serikat. Tanaman ini diberi nama tersebut karena daunnya terbuka ketika siang dan menggulung saat malam seperti tangan ketika berdoa.

Usahakan agar tanaman hias maranta leuconeura mendapatkan sinar matahari tidak langsung dari jendela. Selama masa tumbuh, jangan lupa sering-sering menyirami tanaman ini.

Jangan biarkan tanah menjadi sangat kering. Namun, jika terlalu banyak air pun bisa mengubah daun tanamannya menguning.

9. Nephrolepis exaltata

9. Nephrolepis exaltata

Tanaman ini dikenal juga sebagai pakis salju. Hal yang menarik dari nephrolepis exaltata, yakni sangat mudah untuk dirawat dan dijaga.

Tanaman ini akan tumbuh bagus tempat yang lembap sehingga cocok ditempatkan untuk outdoor.

10. Spathiphyllum wallisii

10. Spathiphyllum wallisii

Tanaman ini cukup lazim dikenal dan ada di banyak taman rumah secara vertical. Dikenal juga sebagai 'bunga lili perdamaian', spathiphyllum wallisii tidak memerlukan banyak perawatan.

Sangat mudahnya dipelihara karena dalam intensitas cahaya rendah, tanaman ini masih bisa bertahan hidup.

11. Dracaena

tanaman vertical garden

Tanaman ini masuk dalam daftar tanaman vertical garden majorly karena popularitasnya.

Alasan utama mengapa ia menjadi pilihan populer adalah karena warna daunnya.

Kamu dapat mengharapkan warna putih, kuning, merah, dan krim akan menyemarakkan dinding rumahmu berkat tanaman ini.

12. Begonia

tanaman begonia

Tanaman dengan bunga cantik, begonia, ternyata dapat tumbuh subur di taman vertikal, lo!

Tanaman ini hadir dalam ukuran dan bentuk bunga yang beragam, mulai dari bunga begonia yang berwarna putih, merah muda, atau merah.

Bunganya yang memiliki warna cerah juga dapat memberikan splash of color pada taman rumahmu.


13. Bromelia


Tanaman Vertical Garden, bromelia


Kebanyakan bromeliad memiliki akar yang dangkal dan hanya membutuhkan sedikit ruang untuk tumbuh. Ciri ini membuat bromelua menjadi tanaman vertical garden yang bisa jadi pilihan Moms.

Daunnya yang berwarna-warni dan bunga yang indah menjadi nilai tambah dari tanaman satu ini.

14. Puring

Tanaman Vertical Garden, tanaman puring

Pohon puring adalah semak berwarna-warni dengan daun kasar berwarna-warni pada siang hari. Dalam kondisi cahaya rendah, daun baru akan lebih kecil dan kurang berpigmen.

Tanaman vertical garden ini sangat cocok berada di daerah dengan kelembapan tinggi. Cara merawatnya juga cukup mudah. Moms hanya perlu membiarkan permukaan tanah mengering ketika selesai disiram ya. Sehingga pohon dapat menyerap air dengan efektif.

 

15. Kuping gajah

Jenis dan Contoh Tanaman Untuk TAMAN VERTIKAL (Vertikal Garden)

Ciri khas yang di miliki oleh tanaman ini adalah daun yang berbentuk hati dengan garis – garis atau urat daun berwarna putih ke perakan. Kuping gajah sendiri terbagi menjadi dua jenis , kuping gajah jenis yang lama mempunyai helai daun yang besar , sedangkan untuk varian yang lebih baru dari kuping gajah helai daun nya lebih kecil .

16. Sirih merah

Jenis dan Contoh Tanaman Untuk TAMAN VERTIKAL (Vertikal Garden)

 

Sirih merah termasuk jenis tananan rambat. Cukup indah ditempelkan ke dinding pagar atau batang pohon lain.

17. Mandavilla

Jenis dan Contoh Tanaman Untuk TAMAN VERTIKAL (Vertikal Garden)

Mandavilla meruapakan salah satu tanaman rambat tahan panas yang berbunga kuning, putih, merah muda, dan merah. Batangnya tidak selalu mengikuti sulur jadi sesekali perlu ditali dengan rafia, jika ingin tumbuhnya mengikuti alur pagar rumah. Para pemilik rumah kian banyak menggunakan tanaman rambat ini karena kuat menahan serangan hama serangga dan juga mudah tumbuh di iklim tropis.

 

 

 





Itulah 17 tanaman hias yang populer digunakan pada bidang vertikal atau vertical garden. Jika kamu memiliki ruang lebih, kamu bisa mengaplikasikan semuanya sehingga makin segar dan berwarna.