Cara Merawat Bunga Matahari Mini dengan Harga Rp 5.000,00

 

Bunga matahari memiliki mahkota berwarna kuning yang cantik. Warnanya yang cerah sangat pas menjadi hiasan di taman depan rumah, atau sebagai teman minum teh di kebun belakang.

Tanaman ini juga memiliki bunga yang besar dimana kehadirannya pasti akan langsung menghadirkan suasana yang ceria.

Jika kamu tertarik menanam bunga matahari di rumah, sesuai namanya, bunga ini termasuk yang sangat menyukai cahaya matahari langsung yang panas.

Berikut cara mudah merawat bunga matahari, mengutip berbagai sumber.

1. Taruh di bawah sinar matahari langsung

Sebagaimana yang telah disampaikan di atas, bunga matahari sangat menyukai sinar matahari. Bunga matahari muda bahkan dengan sendirinya menghadap ke timur untuk menyerap sinar matahari pagi dan melacak pergerakan matahari hingga mengarah ke barat di sore hari.

Begitu bunga mencapai kematangan, mereka berhenti mengikuti arah matahari dan terus menghadap ke timur.

2. Penyiraman

Bunga matahari sesungguhnya merupakan tanaman yang tahan kering dan panas. Namun, mereka masih tetap membutuhkan penyiraman yang sering.


Bibit bunga matahari harus disiram setiap hari agar tanah lembap tetapi tidak basah kuyup. Namun, saat bunga matahari tumbuh subur, mereka cukup disiram seminggu sekali.Saat tanaman mulai tumbuh, tanaman perlu disiram di sekitar area akar yang berjarak sekitar 7-10 cm dari batang.

3. Pemupukan

Bunga matahari tak membutuhkan pupuk, kecuali jika tanah Anda miskin nutrisi. Jika demikian, tambahkan pupuk kompos di atas tanah. Hindari memberikan pupuk terlalu dekat dengan pangkal tanaman. Memberikan pupuk ke tanah yang sudah sehat dapat menghasilkan terlalu banyak nitrogen dan menyebabkan batang patah atau terlambat mekar.

4. Menjaga dari hama dan penyakit

Saat menanam bunga matahari, perhatikan hewan seperti siput, burung, dan tupai. Siput bisa dicegah dengan repelan. Namun, jika burung dan tupai tertarik pada biji bunga matahari, tutupi tanaman dengan penutup yang terbuat dari polyspun.


5. Sediakan penyanggaJika daun bunga matahari menguning dan menyusut, kemungkinan tanah terlalu lembap. Tanah yang tergenang air dapat menyebabkan jamur dan membuat tanaman terinfeksi hingga tak menghasilkan bunga. Jika ini terjadi, buang daun yang terinfeksi dan kurangi penyiraman.

Beberapa varietas bunga matahari hadir dengan ukuran bunga yang besar dan batang yang tinggi. Kondisi seperti ini membuat tanaman membutuhkan bantuan penyangga agar bisa berdiri tegak.

Jika bunga matahari besar Anda mulai terkulai, ikat ke tiang atau penyangga yang kokoh. Cara ini juga diperlukan untuk tanaman yang berada di lokasi berangin.