GROSIR TANAMAN HIAS BUNGA PUKUL DELAPAN Rp. 10000.-



Tahukah Anda tanaman berkhasiat yang disebut dengan bunga Pukul Delapan atau Portulaka? Mungkin masih belum banyak orang yang mengetahui persis apa itu Portulaka. Bunga dengan nama ilmiah Turnera subulata hanya mekar beberapa jam saja, sekitar jam 8 pagi sampai sekitar jam 12 siang. Maka dari itu, jenis tumbuhan ini dinamakan bunga pukul delapan.

Nama lain dari tanaman bunga pukul delapan (Turnera subulata) adalah lidah kucing (Jawa) dan holly rose (Inggris). Varietas bunga pukul delapan selain ada yang berwarna putih, juga ada yang berwarna kuning. Buah tanaman ini berbentuk telur lebar dengan biji lebih dari 30.

Portulaka ini biasanya ditanam dan dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan-pekarangan rumah atau taman. Untuk dapat bertumbuh subur dan gembur, tanaman ini membutuhkan sinar matahari secara penuh.

Bunga Pukul Delapan ini berbatang basah dan bertumbuh ke samping atau naik ke atas, memiliki panjang sekitar 15-30 cm dan bercabang mulai dari pangkalnya. Daunnya tunggal, tidak memiliki tangkai, serta di ujung batangnya berjejal padat, dan ke bagian pangkal daunnya lebih panjang. Untuk bunganya sendiri berkumpul membentuk kelompok antara 2-8 di ujung batang, biasanya mekar pada pukul delapan pagi (karena itulah disebut sebagai bunga pukul delapan) dan juga layu di sore hari.

 

Bunga ini memiliki warna merah, orange, putih, dan juga kuning. Memiliki buah yang berbentuk telur, dengan permukaannya yang berambut, serta panjangnya 5-8 mm. Bijinya bulat, kecil, dan memiliki warna cokelat muda. Tanaman Portulaka ini bisa diperbanyak dengan cara setek batang atau biji yang sudah tua.

 

Bagian tumbuhan  bunga pukul 8 yang dapat digunakan sebagai obat adalah daun dan akarnya. Daun dan akar digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung dan tidak nafsu makan, rematik sendi yang disertai bengkak, bengkak karena memar, dan lemah setelah sembuh dari sakit berat.