JUAL BERBAGAI JENIS BROMELIA DENGAN HARGA GROSIR

JUAL BERBAGAI JENIS BROMELIA DENGAN HARGA GROSIR

 




        Banyak Bromelia yang menarik untuk dibudidayakan. Daun yang beraneka warna dan corak daun yang mempesona membuat tanaman ini disukai sebagai tanaman hias daun. Beberapa Bromelia memunculkan bunga dengan bentuk dan bunga yang atraktif, ada pula yang daunnya indah, ditamabah dengan bunga yang cantik. Khusus untuk Ananas, buahnya bisa dimakan. Kebanyakan Bromelia tumbuh dengan daun roset dan biasanya tanpa batang. Ukuran tanaman sangat bervariasi, dari yang sangat kecil, yaitu Tillandsia, hingga yang paling besar, yaitu Puya raimondii. Tinggi tanaman yang disebut terakhir ini dapat mencapai 10 meter. Di alam bebas Bromelia tumbuh pada lingkungan yang variatif, kebanyakan tumbuh pada pepohonan sebagai tanaman epifit. Ada juga yang tumbuh di tanah dan bebatuan.

Berikut ini beberapa informasi yang berhasil dihimpun dalam merawat bromelia, yaitu:

Suhu dan Kelembapan

Bromelia menyukai tempat lembap dengan sirkulasi udara yang baik. Kelembapan yang disukai tanaman ini berkisar 60% dan suhu 15—30 derajat. Tanaman ini dapat ditanam di mana pun, baik di dataran rendah hingga dataran tinggi, asalkan suhu dan pencahayaannya sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Kebutuhan Air

Penyiraman tanaman bromelia adalah 2 sampai 3 kali seminggu. Penyiraman sebaiknya dilakukan jika media tampak dan terasa kering. Kondisinya tentu berbeda pada saat cuaca panas, mendung, atau hujan. Ciri tanaman yang kekurangan air dapat terlihat dari daunnya yang berubah menguning. Apabila sudah disiram, warna daun kembali seperti semula. Fungsi penyerapan air juga dilakukan oleh daun. Maka bentuk daun bromelia memiliki disain khusus untuk menampung air. Cadangan air akan diserap secara osmosis, sehingga penyiraman tidak terlalu sering dilakukan.

Intensitas Cahaya Matahari

Kebanyakan tanaman Bromeliaceae tidak tahan terhadap terpaan cahaya matahari langsung dalam waktu lama. Ciri bromelia yang mampu bertahan adalah bromelia dengan daun tebal, kaku, berduri tajam, dan berwarna abu-abu hijau atau keperakan. Diantaranya adalah Ananas, Puya, Bilbergia, dan Hectias. Bentuknya semakin baik jika ditanam di tempat yang panas.

Bromelia sebaiknya ditanam di tempat yang ternaungi, dengan peneduh sampai intensitas sinar matahari berkurang antara 60—70%. Sinar matahari yang berlebih membuat daun menggulung atau terbakar. Intensitas cahaya yang kurang menyebabkan daun bromelia menjadi kusam serta warnanya kurang cerah.

Media Tanam

Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam bromelia adalah cocopeat, sekam, sabut kelapa, pakis cacah, dan humus. Tidak ada panduan campuran media tanam untuk bromelia. Dengan cocopeat, penyiraman tidak perlu terlalu sering.  Asalkan media tidak kering, bromelia bakan tampil cantik. Campuran pakis, sekam bakar, dan sabut kelapa dengan perbandingan 1 : 1 : 1 cocok untuk media tanam bromelia.