JUAL GROSIR TANAMAN HIAS SEMARANG



MARANTA MERAH Rp 5.000,-

Garutararut atau irut (Maranta arundinacea) adalah sejenis tumbuhan berbentuk terna yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Garut tidak pernah menjadi sumber pangan pokok namun ia kerap ditanam di pekarangan di pedesaan sebagai cadangan pangan dalam musim paceklik. Nama-nama daerahnya di antaranya: sagu (Plg.)sagu bamban (Bat.); sagu belanda, sagu betawiubi sagu (Mly.)sagu rarut (Mink.). Juga, patat sagu, larut (Sd.); angkrik, garut, gaerut, irut, larut, rarut, jlarut, klarut, waerut (Jw.); arut, bilus, larut, laru, salarut (Md.); krarus, marus (Bal.); arerut towang, tawang, labia walanta, pi walanda (bahasa-bahasa di Sulut); péda-péda, péda sula, huda sula, hula moa (bahasa-bahasa di Malut).

Garut terutama ditanam untuk umbinya, yang menghasilkan pati yang berkualitas tinggi, berukuran halus dan berharga mahal. Rimpang garut juga dapat dijadikan sumber karbohidrat alternatif untuk menggantikan tepung terigu. Rimpang segar mengandung air 69–72%, protein 1,0–2,2%, lemak 0,1%, pati 19,4–21,7%, serat 0,6–1,3% dan abu 1,3–1,4%.
Tanaman garut hias
Arrowroots.JPG
Tepung garut baik untuk dikonsumsi oleh orang yang lemah atau yang baru sembuh dari sakit, karena mudah dicerna oleh penderita masalah perut atau masalah usus. Tepung ini juga digunakan sebagai pengenyal berbagai macam makanan, bumbu, sup, gula-gula, masakan dan makanan pencuci mulut seperti puding dan es krim. Bubur dari rimpang yang masih segar digunakan sebagai obat oles luka dan luka bernanah; patinya dicampur dengan air atau susu digunakan untuk mengobati masalah-masalah perut (misalnya mengobati keracunan) dan diare. Seluruh bagian rimpang yang belum berserat dapat dimakan dengan cara dikukus atau dipanggang lebih dulu.
Bubur yang dihasilkan dari rimpang dipakai dalam pabrik kertas, karton, bantal dan papan tembok, dan patinya sebagai bahan dasar bedak, lem dan sabun. Ampas sisa pembuatan tepung dimanfaatkan untuk pakan ternak dan pupuk. Daunnya digunakan sebagai pembungkus. Sementara itu, beberapa kultivar garut dengan daun yang berwarna menarik digemari pula sebagai tanaman hias.


MARANTA DAUN LEBAR / MARANTA PISANG PISANGAN Rp 15.000,-

Prayer plant yang dikenal sebagai Maranta leuconeura atau maranta, adalah tanaman warna-warni yang menghijau sepanjang tahun; ideal untuk diletakkan di dalam ruangan yang terletak di sisi timur atau utara rumah dengan tingkat cahaya yang umumnya rendah. Daun maranta berbentuk oval dengan bercak/garis-garis hijau atau merah muda cerah dan bisa ditanam di dalam pot gantung maupun pot yang diletakkan di atas meja. Pada malam hari atau saat berawan, maranta akan melipat daunnya seperti tangan yang sedang berdoa, karena itulah tanaman ini dikenal dengan sebutan prayer plant alias maranta pendoa. Maranta adalah tanaman tropis yang cocok dengan iklim Indonesia dan bisa ditanam di tempat teduh di luar ruangan, tetapi umumnya tanaman ini dikembangbiakkan sebagai tanaman dalam ruangan.


MARANTA SILVER Rp 10.000,-
tanaman hias maranta silver adalah salah satu bibit tanaman hias jenis yang unik.karenakan beberapa petani tanaman hias mengalami kesulitan untuk membudidayakan bibit tanaman hias maranta silver. Daun ini memiliki ciri bagian atas berwarna hijau ke abu-abuan, dan bagian bawahnya berwarna merah.