JUAL TANAMAN HIAS RAMBAT KARET MERAH ( KARET KEBO )

9+ Manfaat dan Cara Mengolah Daun Karet Kebo Untuk Kesehatan

Karet merah
Ficus elastica
"Arya" Ficus elastica Pilangsari 2019 2.jpg
Daun Ficus elastica atau karet kebo
Taksonomi
(tanpa takson)angiosperms ·
(tanpa takson)mesangiosperms ·
(tanpa takson)eudicots ·
(tanpa takson)core eudicots ·
(tanpa takson)superrosids ·
(tanpa takson)rosids ·
(tanpa takson)fabids ·
OrdoRosales ·
FamiliMoraceae ·
GenusFicus ·
SpesiesFicus elastica
Roxb. ex Hornem. 1819 bukan Roxb. 1832 ataupun Roxb. 1814
Tata nama
Sinonim takson
  • Ficus clusiifolia Summerh. 1929 bukan Schott 1827
  • Ficus cordata Kunth & C.D.Bouché 1846 bukan Thunb. 1786
  • Ficus elastica var. belgica L.H.Bailey & E.Z.Bailey
  • Ficus elastica var. benghalensis Blume
  • Ficus elastica var. decora Guillaumin
  • Ficus elastica var. karet (Miq.) Miq.
  • Ficus elastica var. minor Miq.
  • Ficus elastica var. odorata (Miq.) Miq.
  • Ficus elastica var. rubra L.H.Bailey & E.Z.Bailey
  • Ficus karet (Miq.) King
  • Ficus skytinodermis Summerh.
  • Ficus taeda Kunth & C.D.Bouché
  • Macrophthalma elastica (Roxb. ex Hornem.) Gasp.
  • Visiania elastica (Roxb. ex Hornem.) Gasp.[1

Karet merah atau karet kebo (Ficus elastica) adalah spesies tumbuhan yang berasal dari genus ficus, asli timur laut India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China (Yunnan), Malaysia, dan Indonesia. Kemudian dibawa ke Sri Lanka, Hindia Barat, dan Negara bagian Florida.
Tumbuhan termasuk jenis dikotil dari kelompok ara/beringin, tinggi batang mencapai 25-30 meter, dengan diameter batang sampai 2 meter (6.6 kaki). Batang berkembang udara dan memiliki akar gantung menopang akar untuk jangkar di tanah dan membantu mendukung berat cabang. Daun memiliki ukuran panjang 10–35 sentimeter (3.9–13.8 in) dan lebar 5–15 sentimeter (2.0–5.9 in); ukuran daun terbesar terdapat pada tanaman muda (kadang-kadang panjangnya sampai 45 sentimeter or 18 inches ), jauh lebih kecil pada pohon-pohon tua (biasanya 10 sentimeter atau 3.9 inci). Daun berkembang di dalam selubung pada apikal meristem, yang tumbuh lebih besar sebagai daun baru berkembang. Ketika dewasa, selubung ini gugur.
Dikenal dengan nama karet kebo (Jawa), karet merah, bak rambong (Aceh), batang kajai (Sumatra Barat), rubber figs (Inggris); merupakan tanaman hias sekaligus tanaman pelindung. Berbentuk pohon serta memiliki umur panjang (parenial) dengan tinggi mencapai 25-30 meter dan mampu hidup hingga ketinggian 500 meter dpl.
CIRI - CIRI 
  • Akar: Akar tunggang dan akar udara berwarna coklat.
  • Batang : Tegak, bentuk bulat, percabangan simpodial, permukaan kulit kasar, warna coklat tua.
  • Daun : Tunggal berseling, bentuk lonjong, tepi rata, ujung dan pangkal meruncing, panjang 15-20 cm, lebar 8-15 cm, bertangkai pendek, pertulangan menyirip, permukaan halus.
  • Bunga : Tunggal, berkelamin satu, kelopak berwarna hijau bentuk mangkok, benang sari berwana putih panjang ± 7 mm, kepala sari berwarna hitam bentuk bulat, putik panjang 1-2 cm, kepala putik bulat, hitam, mahkota bentuk pita, halus, kuning.
  • Buah : Buni, bulat, diameter 1-2 cm, hijau kehitaman.
  • Biji: Bulat, warna putih

MANFAAT TANAMAN KARET MERAH
1. Mengatasi Penyakit Stroke
Laman Malangtimes.com menyebutkan bahwa daun Karet Kebo berkhasiat untuk membantu penyembuhan penyakit stroke, rematik, maag, berbagai bentuk masalah penyakit kulit dan juga membantu proses peredaran darah di dalam tubuh agar lancar.
Sebagai obat, Karet Kebo mempunyai rasa yang pedas dan sifatnya netral, di dalamnya terkandung zat-zat bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, flavonoid, dan polifenol.
“Karet Kebo sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh dengan dikonsumsi secara rutin. Bahkan diyakini bisa (membantu) menyembuhkan penyakit stroke. Karena itu kami tampilkan dalam lomba olah produk Dinas Pertanian ini,” ujar Suliatini yang merupakan orang yang dipilih sebagai duta lomba dari Pagak ini.
Suliatini yang juga rekan-rekannya mencoba untuk mengolah daun karet kebo, agar nantinya berubah menjadi minuman. Dalam lomba ini nantinya minuman akan disajikan bagi tim juri untuk penilaian.
Suliatini menjelaskan bahwa untuk mengolah daun karet kebo adalah hal yang mudah dan sederhana, dimana daun karet kebo pertama-tama dicincang, kemudian dijemur.
Setelah selesai dijemur, Anda bisa memasaknya bersama tiga gelas air yang menggunakan panci tanah liat. Nantinya air rebusan daun karet kebo ini perlu secara rutin untuk diminum.
Tiga gelas air yang sedang direbus tersebut, nantinya dibiarkan saja dalam kondisi mendidih, hingga menjadi tersisa 1,5 gelas, setelah itu baru matikan kompor. Air rebusannya ini bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan stroke.
2. Mengobati penyakit maag
Manfaat daun Karet Kebo ini bisa untuk menghilangkan penyakit maag, sehingga tubuh bisa nyaman kembali. Di dalam daun Karet Kebo terkandung senyawa alami yang bermanfaat bagi tubuh, khasiatnya untuk menurunkan asam lambung yang sebelumnya naik. Dengan begitu penyakit maag menjadi bisa teratasi, dan tubuh bisa kembali berkativitas seperti biasa dengan lancar
3. Obat bisul
Khasiat daun karet kebo ini bisa sebagai obat luar, yaitu untuk menyembuhkan bisul. Kandungan di dalam daun ini bekerja untuk membantu kulit agar bisul yang muncul bisa sembuh dengan lebih cepat.
Pada sebuah tulisan yang berjudul “Menguak Kedahsyatan Karet Kebo Menggilas Bisul dan Maag. Seperti Apa?”, disana dijelaskan bahwa Karet Kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral. Pada karet kebo terdapat getah berupa senyawa karet (lateks).
Di dalam akar dan kulit kayu terdapat zat saponin, flavonoid, dan polifenol. Adapun pada daun karet kebo terkandung zat saponin, polifenol, dan tanin. Adapun efek farmakologis yang dimilikinya yaitu bisa berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, serta membantu untuk menghilangkan sakit atau analgentik.
Untuk pengobatan bisul, maka caranya dengan menyiapkan akar karet kebo secukupnya, lalu cuci hingga bersih, setelah itu akar tersebut digiling sampai halus. Tambahkan sedikit air lalu aduk sampai bentuknya menjadi seperti bubur, lalu bubuhkan pada area yang sakit.
Adapun untuk pengobatan maag, maka caranya:
Pertama-tama cuci bersih 35 gram akar karet kebo.
Kemudian rebuslah dengan 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Lalu minum air rebusannya sebanyak dua kali dalam sehari (masing-masing 1 gelas).
Untuk pengobatan rematik sendi, cara membuat ramuannya yaitu pertama-tama cuci bersih 30-50 gram akar Karet Kebo, kemudian direbus bersama 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Kemudian tinggal Anda minum air rebusannya sebanyak dua kali dalam sehari (masing-masing 1 gelas).
Untuk pengobatan amenorrhoea sekunder, caranya:
Pertama-tama cuci bersih sebanyak 40 gram akar karet kebo.
Kemudian direbus bersama 2 gelas air hingga akhirnya hanya tersisa 1 gelas saja.
Setelah itu minum air rebusan sebanyak 2 kali dalam sehari (masing-masing 1 gelas).
 4. Untuk Membantu Melancarkan haid
Manfaat kandungan di dalam daun karet kebo ini juga ada yang khusus bagi kaum wanita, dimana manfaatnya mampu membantu para wanita untuk melancarkan haidnya.
Tentunya dengan kondisi haid yang lancar sangat penting agar kualitas kesehatan secara umum meningkat, sehingga mencegah timbulnya penyakit. Selain itu, jika terjadi masalah pada kelancaran haid tentunya ini akan memberikan gangguan pada aktivitas para wanita.
5. Sebagai Anti-inflamasi
Khasiat daun yang berbentuk lebar ini juga dapat berfungsi sebagai anti-peradangan. Pemanfaatan daun Karet Kebo dapat mengatasi masalah radang ditunjang oleh zat alami yang terkandung di dalamnya, yang bersifat anti inflamasi.
Dengan kandungan alaminya ini, daun Karet Kebo bermanfaat bagi mereka yang sering mengalami masalah pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Zat-zat anti inflamasi berfungsi untuk mempercepat pemulihan radang kulit. Untuk penggunannya maka cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan bubuk daun Karet Kebo yang telah dihancurkan sebelumnya, pada bagian tubuh yang mengalami sakit. Lalukan hal ini sampai kondisi pulih.
6. Menyehatkan Lambung
Daun Karet Kebo diyakini berkhasiat untuk menyehatkan lambung. Dimana kandungan di dalamnya bekerja untuk menjaga organ lambung tetap sehat dan berfungsi dengan baik dalam menyerap sari makanan yang dikonsumsi tubuh.
Daun Karet Kebo dipercaya masyarakat dapat menjaga kesehatan lambung dan usus. Sehingga pemanfaatannya bisa sebagai ramuan alami yang menjadikan proses pencernaan menjadi lancar dan bekerja optimal.
Hanya saja, hendaknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya untuk kesehatan lambung, karena bagaimanapun masih belum ada studi ilmiah yang berhasil membuktikan akan manfaatnya ini secara detail.
7. Mencegah gatal pada kulit
Umumnya terjadinya rasa gatal pada kulit, bisa menyebabkan kulit menjadi cenderung memerah bahkan bisa meradang. Mengatasi hal ini bisa dengan memanfaatkan daun karet kebo.
Penggunaannya bisa bermanfaat untuk membantu menyembuhkan masalah kulit seperti gatal.
Demikian juga masalah seperti bisul dan beragam penyakit kulit lain yang menyebabkan timbulnya gatal dapat dibantu untuk disembuhkan dengan memanfaatkan daun ini.
Daun karet kebo memiliki kandungan zat yang memiliki khasiat untuk mengatasi bengkak dan kemerahan pada kulit.
Untuk menggunakannya, maka Anda hanya perlu menumbuk daun karet kebo hingga halus, setelah itu oleskan pada kulit yang mengalami masalah gatal dan semacamnya. Bahkan manfaatnya juga bisa membantu mengempeskan bisul serta warna kemerahan nantinya bisa memudar.
8. Menghilangkan rasa nyeri
Daun Karet Kebo di dalamnya terdapat sifat zat analgetik, hal ini membuat daun Karet Kebo sering dijadikan bahan ramuan alami oleh masyarakat guna membantu meringankan atau menghilangkan rasa nyeri, yang terjadi karena luka ataupun peradangan.
Apabila kulit mengalami rasa nyeri, maka cara mengatasinya yaitu dengan membalurkan atau mengoles tumbukan daun Karet Kebo (sebelumnya dihaluskan).
Adapun untuk mengatasi masalah nyeri pada gigi, maka caranya yaitu dengan menjadikan air rebusan daun karet kebo sebagai obat kumur. Khasiat daun karet kebo juga membantu untuk menghilangkan rasa nyeri rematik dan juga meringankan nyeri saat haid.
 9. Mencegah hipertensi
Tekanan darah tinggi biasanya memberikan gejala berupa munculnya rasa pusing, yang timbulnya bisa secara mendadak, bahkan terkadang bisa menyebabkan terjadinya pingsan.
Masalah seperti hipertensi bisa diminimalkan dengan memanfaatkan daun Karet Kebo, disamping juga perlu adanya tindakan medis apabila kondisi hipertensi tergolong cukup parah.
Anda bisa meminimalisir dampak buruk dari tekanan darah tinggi dengan metode tradisional ini, kandungan di dalam daun Karet Kebo mampu berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun Karet Kebo ketika muncul gejalanya seperti pusing.
Agar penggunaannya aman, maka Anda bisa mengonsultasikan hal ini ketika berkunjung ke dokter.
 10. Melancarkan aliran darah
Khasiat daun ini juga membantu kelancaran aliran darah di dalam tubuh, selain itu juga manfaatnya mampu mencegah terjadinya penyumbatan darah. Di dalam daun Karet Kebo terkandung zat-zat aktif yang membantu untuk melancarkan aliran darah. Bagi mareka yang mengalami masalah kolesterol tinggi, disarankan untuk mengonsumsi daun ini.
Khasiatnya juga penting dimana mencegah terjadinya penumpukan plak (lemak dan kolesterol) di dalam pembuluh, hal ini berguna agar aliran darah bisa lancar. Lancarnya aliran darah di dalam tubuh juga sangat penting untuk menghindari penyakit jantung.
SINOX NURSERY
JL. VILLA SIBERI KM.1 BANJAREJO BOJA KENDAL
TELP : 081229231277 – 085727054383
Email : guntorobsc2@gmail. Com
Website : www. Sinox nursery. Com
DAFTAR HARGA TANAMAN SINOX NURSERY SEMARANG
STOK BULAN APRIL 2020
   
NO JENIS TANAMAN HARGA
1 Adam hawa lokal  Rp         2,000.00
2 Adam hawa variegata  Rp         3,000.00
3 Adas  Rp         3,000.00
4 agave americana  Rp       10,000.00
5 agave hijau  Rp         5,000.00
6 agave kuning  Rp         3,000.00
7 aglonema butherfly  Rp       10,000.00
8 aglonema Dona karmen  Rp       10,000.00
9 aglonema milky way  Rp       10,000.00
10 aglonema sithipon  Rp       10,000.00
11 aglonema snow white  Rp       10,000.00
12 air mancur  Rp         4,000.00
13 Akalipa brokoli  Rp         5,000.00
14 alamanda kuning plg 20  Rp         5,000.00
15 alamanda kuning plg 30  Rp       10,000.00
16 alpukat jumbo plg 30  Rp       25,000.00
17 alpukat mentega jumbo plg 20  Rp       15,000.00
18 alpukat seedling ( batang bawah )  Rp         4,000.00
19 Andong coklat  Rp         2,000.00
20 andong merah  Rp         4,000.00
21 Andong mini  Rp         2,000.00
22 anggrek bulan  Rp       80,000.00
23 anggrek dendrobium  Rp       70,000.00
24 anggrek macan  Rp       50,000.00
25 anggrek tanah   Rp         5,000.00
26 anggur laut  Rp       70,000.00
27 angsana  Rp     150,000.00
28 anthurium hokery  Rp     100,000.00
29 anthurium keris  Rp     100,000.00
30 anting putri 20 cm  Rp       15,000.00
31 aralea  Rp         5,000.00
32 Asoka holand  Rp       10,000.00
33 Asoka india  Rp         5,000.00
34 asoka javanika daun besar  Rp       10,000.00
35 asoka king  Rp       15,000.00
36 asoka singapure  Rp         5,000.00
37 azalea  Rp       20,000.00
38 bakung besar variegata  Rp       25,000.00
39 bakung besar wulung  Rp       40,000.00
40 bakung bunga putih  Rp         3,000.00
41 bakung bunga ungu  Rp         7,000.00
42 bambu air  Rp       10,000.00
43 bambu jepang  Rp       22,000.00
44 bambu kodok  Rp       25,000.00
45 bambu kuning  Rp       70,000.00
46 bambu mini  Rp       10,000.00
47 bambu ndani hijau  Rp       19,000.00
48 bambu ndani kuning  Rp       50,000.00
49 bambu rejeki  Rp       10,000.00
50 bambu rejeki hijau   Rp         8,000.00
51 bambu rejeki kuning  Rp         3,000.00
52 bambu rejeki putih  Rp         3,000.00
53 bambu roma kamedoria  Rp       80,000.00
54 bayam merah  Rp         3,000.00
55 begonia  Rp       10,000.00
56 belimbing wuluh  Rp       25,000.00
57 beringin dolar bonsai  Rp  1,500,000.00
58 beringin dolar plg 25  Rp         5,000.00
59 beringin dolar plg 30  Rp       10,000.00
60 beringin hijau  Rp       15,000.00
61 beringin kuning  Rp       10,000.00
62 beringin putih plg 25  Rp       20,000.00
63 beringin putih plg 30  Rp       40,000.00
64 binahong hijau  Rp       10,000.00
65 binahong merah  Rp       10,000.00
66 bintaro hijau  Rp     150,000.00
67 bintaro ungu  Rp     250,000.00
68 biola cantik  Rp       80,000.00
69 bisbol  Rp       25,000.00
70 blimbing demak  Rp       25,000.00
71 blimbing wuluh  Rp       15,000.00
72 Bogenville  Rp       15,000.00
73 bonsai anting putri 1 m  Rp     350,000.00
74 bonsai beringin dolar regent  Rp  2,000,000.00
75 bromelia  Rp       10,000.00
76 bromelia giant  Rp     150,000.00
77 bromelia lipstik  Rp       15,000.00
78 bromelia mawar  Rp       40,000.00
79 bromelia putih  Rp         5,000.00
80 bromelia trotol  Rp       35,000.00
81 buah melodi  Rp       10,000.00
82 buby blue  Rp         5,000.00
83 Bunga kupu kuning  Rp         3,000.00
84 bunga kupu kupu  Rp     200,000.00
85 bunga kupu kupu T 5 cm  Rp       10,000.00
86 bunga lilin kuning  Rp         3,000.00
87 bunga lilin merah  Rp         5,000.00
88 bunga terompet kuning  Rp         5,000.00
89 bunga terompet ungu  Rp         5,000.00
90 bunga trompet putih mini  Rp         5,000.00
91 bungur  Rp     250,000.00
92 calatea bangkok  Rp       10,000.00
93 calatea batik hijau  Rp         5,000.00
94 calatea daun besar  Rp       20,000.00
95 calatea lurik  Rp         5,000.00
96 calatea mini  Rp         5,000.00
97 calatea silver  Rp       10,000.00
98 calatea varigata  Rp         5,000.00
99 candana india  Rp       35,000.00
100 celosia kuning  Rp         8,000.00
101 celosia merah  Rp         6,000.00
102 cemara araokaria  Rp       50,000.00
103 cemara buaya  Rp       20,000.00
104 cemara golden  Rp       50,000.00
105 cemara kipas  Rp     125,000.00
106 cemara laut  Rp       90,000.00
107 cemara norflok  Rp       80,000.00
108 cemara papua  Rp     125,000.00
109 cemara rentes  Rp     100,000.00
110 cemara udang  Rp       50,000.00
111 ceplok piring hijau  Rp         4,000.00
112 ceplok piring varigata   Rp       10,000.00
113 crisdoren hijau  Rp       10,000.00
114 crisdoren variegata  Rp       15,000.00
115 crossandra  polibag 20  Rp         5,000.00
116 dadap merah  Rp     150,000.00
117 daun mint  Rp         5,000.00
118 daun ungu  Rp         8,000.00
119 delima  Rp       40,000.00
120 difenbachia lipstik  Rp       10,000.00
121 difenbachia sebra  Rp       10,000.00
122 difenbachia transparan  Rp       10,000.00
123 dlingo  Rp         5,000.00
124 dolar pacar tembok daun besar  Rp       10,000.00
125 Dolar/ pacar tembok daun kecil  Rp         6,000.00
126 Dracaena florida beauty  Rp       10,000.00
127 dracaena milky way  Rp       10,000.00
128 Dracaena song of india plg 30  Rp       15,000.00
129 Dracaena song of Jamaika plg 20  Rp         5,000.00
130 dracaena song of jamaika plg 30  Rp       15,000.00
131 Dracaena tricollor  Rp         8,000.00
132 duku  Rp       30,000.00
133 durian bawor  Rp       40,000.00
134 durian duri hitam  Rp       50,000.00
135 durian montong  Rp       45,000.00
136 durian musang king  Rp       45,000.00
137 duwet  Rp       30,000.00
138 ekor kuda hijau  Rp       10,000.00
139 ekor kuda merah  Rp       10,000.00
140 ekor tupai asparagus  Rp       12,000.00
141 erpah  Rp         2,000.00
142 erpah mini  Rp         3,000.00
143 erpah putih  Rp         3,000.00
144 euphorbia impor  Rp       15,000.00
145 euphorbia lokal  Rp       10,000.00
146 flamboyan  Rp     250,000.00
147 gahalu  Rp       15,000.00
148 gelombang cinta  Rp     100,000.00
149 glodogan pecut 4 m  Rp     300,000.00
150 glodogan ranting 4 m  Rp     400,000.00
151 gowok  Rp       25,000.00
152 heliconia strata  Rp       25,000.00
153 heliconia tegak  Rp         5,000.00
154 hema  Rp         3,000.00
155 hujan emas  Rp       20,000.00
156 Iler / miana  Rp         2,000.00
157 Iler / miana merah  Rp         3,000.00
158 iris  Rp         2,000.00
159 jabotikaba/ anggur brazil  Rp     100,000.00
160 jahe merah  Rp         5,000.00
161 jahe putih  Rp         5,000.00
162 jakaranda  Rp     300,000.00
163 jambu air  Rp       35,000.00
164 jambu guava  Rp       40,000.00
165 jambu kristal  Rp       20,000.00
166 jambu variegata  Rp       25,000.00
167 jermani cobra  Rp     100,000.00
168 jeruk dekopon  Rp       25,000.00
169 jeruk keprak batu 55  Rp       25,000.00
170 jeruk kip  Rp       25,000.00
171 jeruk lemon  Rp       10,000.00
172 jeruk lemon kalifornia  Rp       40,000.00
173 jeruk limau  Rp       25,000.00
174 jeruk nagami  Rp       25,000.00
175 jeruk nipis jawa  Rp       25,000.00
176 jeruk purut  Rp       15,000.00
177 jeruk siem  Rp       20,000.00
178 kamboja bali 1 m  Rp       25,000.00
179 kamboja bali 2 m  Rp       75,000.00
180 kamboja bali 3 m  Rp     250,000.00
181 kamboja bali 4 m  Rp     400,000.00
182 kamboja jepang  Rp     100,000.00
183 kamboja jepang bunga tumpuk  Rp       30,000.00
184 kana bangkok  Rp         6,000.00
185 kana hijau  Rp         5,000.00
186 kana kuning  Rp         5,000.00
187 karet kebo  Rp       20,000.00
188 karet kebo variegata  Rp       25,000.00
189 kelapa hibrida  Rp       25,000.00
190 kelapa sawit  Rp     500,000.00
191 kembang sepatu merah  Rp       10,000.00
192 kembang sepatu var 20  Rp         5,000.00
193 kembang sepatu var 30  Rp       10,000.00
194 kembang telang  Rp       10,000.00
195 kemuning  Rp       10,000.00
196 kenari  Rp     100,000.00
197 kencur  Rp         5,000.00
198 Kencuran  Rp         2,000.00
199 kepel  Rp       25,000.00
200 ketapang kencana  Rp       20,000.00
201 ketapang lokal 2 m  Rp       30,000.00
202 flame of irian  Rp       25,000.00
203 kolbanda  Rp     150,000.00
204 krokot kuning  Rp         1,000.00
205 Krokot merah  Rp         1,000.00
206 kucai mini  Rp         1,000.00
207 kumis kucing  Rp       10,000.00
208 kunir  Rp         5,000.00
209 kurma  Rp       30,000.00
210 lada / merica  Rp       10,000.00
211 laos  Rp         5,000.00
212 lavender bangkok  Rp         5,000.00
213 lavender lokal  Rp         2,000.00
214 lavenia  Rp       10,000.00
215 leak  Rp       30,000.00
216 lengkuas  Rp         5,000.00
217 lidah buaya  Rp         5,000.00
218 lidah mertua  Rp         3,000.00
219 lidi air  Rp       10,000.00
220 lili brazil hijau  Rp         3,000.00
221 lili brazil putih  Rp         5,000.00
222 lili paris  Rp         3,000.00
223 lili pink  Rp         3,000.00
224 lili putih  Rp         2,000.00
225 liquanyu/ tanaman rambat  Rp         5,000.00
226 lohansung  Rp     150,000.00
227 lombok / cabai  Rp         5,000.00
228 lumbago  Rp       10,000.00
229 lusiana  Rp       30,000.00
230 mandogras  Rp         2,000.00
231 mangga besar  Rp       80,000.00
232 mangga kecil  Rp       20,000.00
233 Maranta lurik  Rp         3,000.00
234 Mata kucing  Rp         3,000.00
235 matamori  Rp       20,000.00
236 matoa  Rp       15,000.00
237 melati air  Rp       15,000.00
238 melati gambir  Rp       10,000.00
239 Melati jepang  Rp         2,000.00
240 Melati lokal  Rp         5,000.00
241 miracle fruit  Rp       30,000.00
242 Mirten  Rp         5,000.00
243 miyana  Rp         2,000.00
244 monstera  Rp     175,000.00
245 mundu  Rp       25,000.00
246 nangka merah  Rp       30,000.00
247 nangka mini  Rp       30,000.00
248 pachira  Rp       10,000.00
249 pacing  Rp         5,000.00
250 pagoda 1,5 m  Rp       50,000.00
251 pagoda 3 m  Rp     150,000.00
252 pakis/flaren  Rp         3,000.00
253 palem botol  Rp       50,000.00
254 palem ekor ikan  Rp     100,000.00
255 palem ekor tupai  Rp       10,000.00
256 palem jepang  Rp     100,000.00
257 palem kamedorea  Rp     100,000.00
258 palem kipas  Rp       15,000.00
259 palem kuning  Rp       10,000.00
260 palem merah  Rp       50,000.00
261 palem putri  Rp       15,000.00
262 palem sadeng 3 m  Rp     700,000.00
263 palem siagrus  Rp     500,000.00
264 palem sinensis  Rp     700,000.00
265 palem waregu  Rp       40,000.00
266 pandan bali kecil  Rp       40,000.00
267 pandan hias variegata  Rp       15,000.00
268 pandan mini kuning  Rp         5,000.00
269 pandan wangi  Rp         5,000.00
270 pangkas hijau  Rp         5,000.00
271 pangkas kuning  Rp         3,000.00
272 papirus  Rp         5,000.00
273 pasiflora  Rp       15,000.00
274 Patah tulang  Rp         3,000.00
275 peperomia  Rp         5,000.00
276 philodendron bullmaks  Rp         5,000.00
277 philodendron gergaji  Rp       15,000.00
278 philodendron hijau  Rp         3,000.00
279 Philodendron kuning  Rp         3,000.00
280 philodendron lemon squash  Rp       10,000.00
281 philodendron linet  Rp       15,000.00
282 philodendron marbel  Rp       10,000.00
283 philodendron tangkai merah  Rp       10,000.00
284 pinisium  Rp     100,000.00
285 Pisang bali  Rp         5,000.00
286 pohon kayu manis  Rp       20,000.00
287 pohon kayu putih  Rp       20,000.00
288 pohon kelapa 3 m  Rp     700,000.00
289 pohon meihwa  Rp       40,000.00
290 pohon rainboy  Rp       50,000.00
291 pohon sapu tangan  Rp       50,000.00
292 polisias cikra cikri  Rp         6,000.00
293 Polisias lokal  Rp         3,000.00
294 polisias mini  Rp       10,000.00
295 polisias variegata  Rp         6,000.00
296 portulaka grandiflora  Rp         2,000.00
297 ptunia  Rp       15,000.00
298 pucuk kuning  Rp       15,000.00
299 pucuk merah  Rp       10,000.00
300 pucuk putih besar  Rp       50,000.00
301 pucuk putih kecil  Rp       15,000.00
302 puki anjing  Rp       50,000.00
303 pule  Rp     200,000.00
304 puring bali  Rp         8,000.00
305 puring cakwe  Rp         8,000.00
306 puring kura  Rp       10,000.00
307 puring oskar  Rp       15,000.00
308 puring spiral  Rp         8,000.00
309 puring udang  Rp         8,000.00
310 puring z  Rp         8,000.00
311 rambutan  Rp       30,000.00
312 Roelia pendek  Rp         2,000.00
313 Roelia tegak   Rp         1,000.00
314 rombusa kuning  Rp       10,000.00
315 rumput akar wangi per m  Rp       50,000.00
316 rumput arab hijau  Rp         3,000.00
317 rumput arab merah  Rp         3,000.00
318 rumput bermuda per m  Rp       55,000.00
319 rumput ekor kuda  Rp       10,000.00
320 rumput gajah lokal per m  Rp       15,000.00
321 rumput gajah mini per m  Rp       30,000.00
322 rumput golf per meter  Rp       55,000.00
323 rumput irian  Rp         3,000.00
324 rumput jepang per meter  Rp       25,000.00
325 rumput lamuran per meter  Rp       12,500.00
326 rumput sintetis per meter  Rp     150,000.00
327 rumput swis per meter  Rp       45,000.00
328 sabrina polibag 25  Rp         4,000.00
329 sabrina polibag 30  Rp         5,000.00
330 sakura  Rp     150,000.00
331 salam  Rp       10,000.00
332 Sambang darah  Rp         5,000.00
333 sansiviera hijau  Rp         5,000.00
334 sansiviera koleksi  Rp       25,000.00
335 sansiviera kuning  Rp         3,000.00
336 santos lemon  Rp       10,000.00
337 sawo kecik besar  Rp     250,000.00
338 sawo kecik kecil  Rp       25,000.00
339 sente kraton/ keladi wulung  Rp       20,000.00
340 serai  Rp         5,000.00
341 sikas revoluta  Rp     300,000.00
342 sikas zamia  Rp     100,000.00
343 sikat botol 2 m  Rp     150,000.00
344 sirih belanda hijau belang  Rp         5,000.00
345 sirih belanda kuning  Rp         5,000.00
346 sirih belanda putih  Rp         5,000.00
347 sirih hijau ( toga )  Rp       10,000.00
348 sirih kuning (toga )  Rp       10,000.00
349 sirih merah (toga )  Rp       10,000.00
350 sirsak  Rp       15,000.00
351 sirsak madu  Rp       25,000.00
352 sirsak merah  Rp       25,000.00
353 spatiphilium daun besar  Rp       10,000.00
354 spatiphilum hijau  Rp         5,000.00
355 spatiphilum variegata  Rp       10,000.00
356 spatodea  Rp     150,000.00
357 Stefanut  Rp       10,000.00
358 stok mini / lagestrus  Rp         5,000.00
359 strobery  Rp       10,000.00
360 sukun  Rp       20,000.00
361 sutra bombai  Rp         2,000.00
362 tabebouya kuning  Rp     250,000.00
363 tabebouya pink  Rp     350,000.00
364 Taiwan beauty  Rp         1,000.00
365 tanaman air mata pengantin  Rp       15,000.00
366 tanaman pot gantung  Rp       10,000.00
367 tanduk rusa  Rp       35,000.00
368 tanjung  Rp       25,000.00
369 tapak doro  Rp         5,000.00
370 teratai  Rp       25,000.00
371 terong  Rp         5,000.00
372 torenia putih  Rp         5,000.00
373 torenia ungu  Rp         5,000.00
374 trembesi  Rp       25,000.00
375 trembesi 4 m  Rp     300,000.00
376 tumbergia  Rp       15,000.00
377 wali songo daun besar  Rp       30,000.00
378 wali songo daun lima  Rp       10,000.00
379 Wali songo hijau  Rp       10,000.00
380 Wali songo kuning  Rp       10,000.00
381 zodiak  Rp       15,000.00