TANAMAN CROSSANDRA YANG RAJIN BERBUNGA DAN BERUMUR PANJANG



Crossandra
Crossandra infundibuliformis.JPG
Taksonomi
DivisioTracheophyta ·
UpadivisiSpermatophytina ·
-angiosperms ·
-mesangiosperms ·
-eudicots ·
-core eudicots ·
-asterids ·
-lamiids ·
OrdoLamiales ·
FamiliaAcanthaceae ·
GenusCrossandra
Richard Anthony Salisbury Salisb.

Menanam Bunga Crossandra

Bunga Crossandra adalah tanaman merambat yang juga dikenal dengan nama Firecracker flower serta termasuk kedalam famili acantaceae. Dengan warna kuning cerah pada bunganya yang berbentuk corong, dan tumbuh banyak disekitar tajuknya yang berwarna hijau. Berminatkah menanam bunga crossandra?
Tanaman ini berasal dari Afrika Timur dan Mozambik. Agar tumbuh subur, maka menanam bunga crossandra memerlukan tanah yang gembur dan lembab, serta cukup terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa merangsang pertumbuhan bunga, sehingga semakin banyak terkena maka bunganya pun akan tumbuh lebih banyak. Crossandra pun bisa memiliki pertumbuhan hingga mencapai 1 meter.
Untuk memperpanjang masa berbunga dapat dilakukan dengan dengan membuang bagian tanaman yang sudah berbunga atau habis masa berbunganya. Selain itu, media tanamnya pun harus sering diganti. Anda pun harus rajin memberi pupuk kandang secara berkala. Agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup.

Cantiknya Bunga Crossandra

Bunga Crossandra muncul empat sisi yang tumbuh dari bagian atas pertumbuhan baru. Dalam pertumbuhan empat sisi ini terdapat banyak tunas, yang masing-masing menghasilkan bunga kuning oranye. Ketika beberapa bunga mekar, bentukknya mengingatkan kepada bentuk sebuah kuil pagoda
Warna mekar ini sulit untuk dijelaskan karena merupakan kombinasi yang tidak biasa dari merah muda, oranye dan kuning yang menyatu dengan warna pastel yang jarang terlihat pada bunga.
Bunga-bunga berukuran 3cm dengan diameter dan duduk tegak dalam kelompok-kelompok. Dari bulan April hingga Oktober, Crossandra terus-menerus mekar dengan bunga-bunga indahnya.
bunga crossandra

Cahaya dan Suhu

Crossandra suka akan panas dan kelembaban tinggi (lebih banyak kondisi tropis). Ketika mereka mekar, suhu yang berkisar antara 20- 25 derajat celcius sangat dianjurkan. Ingat bahwa Crossandra adalah tanaman asli India dan Hindia Timur, dan suka panas.Jika diberi suhu yang tepat, tanaman Crossandra membalas dengan warna yang baik dan lebih intens.

Penyiraman dan Pemupukan

Jagalah agar tanah sedikit lembab dengan air hangat di musim panas, kurangi air selama musim dingin. Air dingin memicu syok yang menyebabkan tanaman Crossandra mati. Beri makan menggunakan pupuk cair untuk tanaman hias setiap dua minggu dari bulan April hingga Agustus dan kabut ringan ketika memiliki tantangan dengan kelembaban.
Jaga agar tanah dalam pot tetap lembab tetapi jangan sampai becek. Crossandra mekar bulan demi bulan. Kurangi penyiraman ketika bunga hanya memiliki sedikit kuntum yang tersisa. Jaga tanah agak kering sampai polong biji berubah warna menjadi cokelat dan segera ambil yang sudah matang.
Jangan sekali-kali membiarkan dedaunan layu karena kurang kelembaban selama periode setengah istirahat ini.

Menanam Bunga Crossandra

Apabila ingin menanam bunga crossandra dari stek, ambilah dari batang atau cabang batang pohon induk yang baik. Pemotongan sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari. Gunting stek yang digunakan saat menyetek harus tajam agar bekas potongan pada batang rapi. Bila kurang tajam batang akan rusak atau memar. Hal ini mengundang bibit penyakit masuk ke bagian yang memar pada batang, sehingga bisa menyebabkan pembusukkan pangkal stek pada batang. Pada saat mengambil stek atau menyetek pada batang, pohon induk harus dalam keadaan sehat dan tidak sedang bertunas.
Hasil gambar untuk Crossandra

Hama dan Penyakit

Berikut adalah beberapa masalah yang akan mencegah Anda mencapai hasil yang baik saat menanam bunga crossandra. Kami juga menyertakan solusi untuk setiap masalah demi keuntungan Anda.
  1. Daun kering dan keriting: Ini hanya berarti bahwa udaranya terlalu kering atau sinar matahari terlalu kuat. Pindahkan tanaman ke tempat dengan perlindungan dan kabut yang lebih sering.
  2. Bintik Coklat: Bintik-bintik cokelat ini menunjukkan bahwa Crossandra Anda menerima penyiraman dingin. Jika ini sering terjadi, tanaman pasti akan mati.
  3. Penampilan Daun dan Batang yang Buruk: Crossandra adalah tanaman lebat dan menunjukkan daun mengkilap dengan perawatan terbaik. Jika tanaman menunjukkan sebaliknya, itu mungkin karena terlalu banyak air.
  4. Tidak tumbuh: Jika pertumbuhannya stagnan dan daunnya rontok, tanaman itu terlalu dingin. Baca lebih lanjut tentang memberikan suhu dan kelembaban yang tepat untuk tanaman Crossandra Anda.
  5. Hanya Daun Mungil: Anda terlalu banyak menyirami Crossandra. Repot tanaman Anda dan sediakan tanah dan media yang baru.
  6. Bug Mealy: Mealybugs dapat menyebabkan kerusakan serius dan harus segera dihilangkan.