BELAJAR TANAMAN TAMAN DAN 8 Macam Tanaman Hias Beserta Contoh dan Penjelasannya




Tanaman hias dalam penjabaran umum merujuk pada semua tumbuhan yang sengaja ditanam sebagai komponen taman, kebun rumah, pemercantik ruangan, penghias busana, atau sebagai bunga potong (buket dan karangan bunga).
Ada banyak sekali macam-macam tanaman hias di Indonesia. Berdasarkan jenisnya, tanaman hias terbagi menjadi 5 bagian, yakni tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias buah, tanaman hias akar, dan tanaman hias batang. Sedangkan berdasarkan tempatnya, ada tanaman hias biasa, tanaman hias gantung, dan tanaman hias air.
Semua tanaman hias memunculkan kesan indah dari bagian tubuhnya, mulai dari bunga, daun, buah, batang, dan bahkan pepagannya. Beberapa tanaman hias juga diketahui mempunyai bagian tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar untuk mengharumkan ruangan, atau bisa juga ditanam untuk mempercantik ruangan serta mengusir nyamuk dan serangga.
Tanaman hias bisa ditanam di luar (outdoor) dan di dalam (indoor) ruangan. Setiap orang bisa menanam tanaman hias sendiri di dalam atau sekitar rumahnya. Namun, apakah semua tanaman hias memiliki daya tarik? Belum tentu, setiap orang punya pandangan masing-masing dalam menentukan nilai keindahan.
Oleh karena itu, jika saat ini Anda sedang tergoda untuk menanam tanaman hias, lebih baik lihat dulu ulasan dari tanamtanaman.com mengenai macam-macam tanaman hias beserta contoh dan penjelasannya berikut ini.

MACAM-MACAM TANAMAN HIAS

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada lima jenis tanaman hias:
  • Tanaman hias bunga
  • Tanaman hias daun
  • Tanaman hias buah
  • Tanaman hias akar
  • Tanaman hias batang
Sedangkan berdasarkan tempatnya, tanaman hias terbagi menjadi 3, yakni:
  • Tanaman hias biasa
  • Tanaman hias gantung
  • Tanaman hias air
Setelah mengetahui jenis-jenis dan keumuman keberadaannya, selanjutnya Anda bisa melihat contoh dari kelima jenis tanaman hias tersebut berdasarkan kelompok jenis masing-masing.

1. TANAMAN HIAS BUNGA

Tanaman hias bunga didefinisikan sebagai tumbuhan yang mempunyai bunga berpesona cantik dengan satu atau banyak warna. Tanaman hias bunga dapat menambah keindahan suatu ruangan atau lingkungan di sekitarnya serta membuatnya terlihat lebih asri. Anda bisa menanam tanaman hias bunga di dalam pot atau pada lahan tanah.
Ada banyak jenis tanaman hias bunga yang bisa Anda tanam di dalam ataupun luar (sekitaran) rumah. Berikut ini beberapa contoh tanaman hias bunga beserta gambar dan penjelasannya.

BUNGA ANGGREK

macam-macam-tanaman-hias-bunga-anggrek
Anggrek merupakan tanaman hias bunga yang cukup populer di Indonesia. Bunga anggrek sering dipergunakan sebagai ungkapan rasa cinta, simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun. Bunga yang masuk ke dalam suku Orchidaceae ini mempunyai banyak sekali varietas dengan keindahan yang dibawa masing-masing variasinya.
Di Indonesia, ada sekitar 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang sengaja dibudidayakan atau tumbuh secara liar. Kita juga bisa dengan mudah menemukan tanaman anggrek yang dijual di dalam pot pada toko-toko tanaman. Anggrek juga biasa digunakan sebagai bunga potong. Pesona dari bunga anggrek telah menjadikannya bunga nasional Singapura dan Thailand.

BUNGA MAWAR

tanaman-hias-bunga-mawar
Bunga mawar diberi julukan sebagai “Ratu Bunga” dikarenakan mempunyai keindahan dan keunikan yang khas. Bentuk yang indah pada kelopak bunga mawar didukung dengan aromanya yang menarik. Selain anggrek, tanaman hias bunga mawar juga diindentikan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.
Bunga mawar memilik iwarna-warna yang terang, mulai dari putih, merah, pink, dan ungu. Bunga mawar sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat tumbuhnya, mulai dari Hybrid Tea, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, dan Climbing Rose. Mawar termasuk sebagai tanaman hias bunga yang mempunyai nilai ekonomi tinggi karena harga jual dari satu set tanaman, bunga potong, hingga bunga taburnya bisa mencatut angka jutaan rupiah.

BUNGA MELATI

bunga-melati
Melati digolongkan sebagai tumbuhan perdu yang termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga. Tanaman merambat yang terdiri dari sekitar 200 spesies ini tumbuh dengan subur di daerah beriklim tropis dan hangat seperti Eurasia, Australasia, Oseania, dan Indonesia. Melati terkenal akan aroma wangi yang khas.
Pembudidayaan bunga melati di Indonesia sudah dilakukan sejak lama. Bahkan, ada salah satu jenis melati yang dijadikan simbol nasional atau “puspa bangsa” yakni melati putih (Jasminum sambac) yang melambangkan kesucian, kemurahan, dan punya kaitan kuat dengan berbagai tradisi di banyak suku di Indonesia.

BUNGA KEMBANG SEPATU

bunga-kembang-sepatu
Hibiscus rosa-sinensis alias kembang sepatu adalah bunga dengan kelopak cantik berwarna merah terang yang tergabung dalam suku Malvaceae. Kembang sepatu adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur. Di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, kembang sepatu lebih sering ditanam sebagai tanaman hias.
Warna merah dengan ukuran kelopak yang besar melebar menjadi ciri khas dari kembang sepatu. Selain warna merah tunggal, ada juga kembang sepatu dengan warna lain seperti kuning, oranye, putih, merah tua, dan merah jambu. Bunga kembang sepatu di daerah Sumatera dan Malaysia disebut sebagai bunga raya. Sementara di Malaysia, tepat tanggal 28 Juli 1960 kembang sepatu disahkan sebagai bunga nasional Malaysia.

BUNGA KAMBOJA

bunga-kamboja
Ditemukan oleh seorang botanis berkebangsaan Perancis, Charles Plumier, menjadikan bunga kamboja menyandang nama latin Plumeria. Keberadaan bunga kamboja di Indonesia menjadikan tempat tumbuhnya mendapatkan anggapan sebagai tempat keramat, semisal di pemakaman atau tempat-tempat untuk sebagian orang yang masih menjalankan ritual-ritual tertentu.
Meskipun mendapatkan kesan horor, kamboja termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga dengan keindahan yang tak mungkin bisa untuk ditampik. Bunga kamboja bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat dikarenakan menyimpan sejumlah senyawa berkhasiat, seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin. Zat-zat tersebut bisa membantu meredakan demam, mengatasi radang, dan mengurangi rasa sakit.

BUNGA KEMUNING

bunga-kemuning
Kemuning (Murraya paniculata) adalah tumbuhan tropis yang bisa berbunga sepanjang tahun dengan ketinggian pohon mencapai 7 meter. Kemuning kerap ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Bentuk daunnya yang kecil dengan bunga terminal yang wangi menjadikan kemuning makin digandrungi banyak pecinta tanaman.
Tanaman hias bunga kemuning merupakan salah satu tumbuhan yang banyak tumbuh (karena ditanam) di halaman Rumah Gadang di Minangkabau yang dijadikan sebagai pautan kuda. Pada kemuning terdapat senyawa terisolasi dari golongan kumarin sepertimurremeranzin, isopropylidene murrangatin, murralonginal, dan pranferin. Oleh masyarakat Indonesia dan Filipina, daun kemuning biasa dipakai untuk obat diare dan disentri.

BUNGA ALAMANDA

bunga-alamanda
Allamanda cathartica yang umum disebut sebagai bunga alamanda atau bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup adalah tanaman hias yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Selain dua tempat tersebut, bunga alamanda juga banyak ditemukan tumbuh di Brazil yang umum digunakan oleh masyarakatnya sebagai hiasan karena mempunyai bentuk yang indah.
Pesona pada alamanda tidak hanya bisa dinikmati oleh mata, tetapi tubuh juga. Diketahui berdasarkan hasil penelitian bahwa bunga alamanda mempunyai beberapa fungsi medis, seperti getah tanamannya yang mempunyai sifat antibakteri dan antibiotik terhadap bakteri Staphylococcus. Bunga alamanda juga sering digunakan untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa.

BUNGA LILY

bunga-lily
Tanaman hias yang mempunyai nama memikat, Lily, atau Lilium merupakan bunga musim panas yang bisa memperindah halaman depan atau belakang rumah Anda dengan menanamnya di dalam pot. Bunga lili yang sudah dikenal sejak jaman Yunani Kuno ini tidak hanya menarik dari segi kelopaknya, tetapi juga memiliki aroma harum yang semerbak wanginya.
Di dunia terdapat sekitar 100 jenis bunga lily. Kebanyakan jenis tanaman hias bunga yang satu ini mempunyai warna lembut. Penggunaannya selain untuk tanaman hias juga kerap dijual sebagai bunga potong. Siapapun yang melihat bunga yang telah menyebar dari wilayah Eropa ke Asia ini pasti akan kagum dengan bentuk bunganya yang cantik, termasuk Anda.

BUNGA KENANGA

bunga-kenanga
Selanjutnya ada Kenanga yang juga juga termasuk macam-macam tanaman hias bunga. Kenanga dikenal juga dengan nama latin Cananga odorata. Kenanga sendiri merupakan nama dari bunga dan pohon yang menghasilkannya. Ada beberapa forma kenanga yaknimacrophyllagenuina, dan kenanga perdu atau Cananga odorata fruticosa yang banyak ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah.
Pertumbuhan kenanga dipengaruhi oleh sinar matahari. Tanaman yang menghasilkan bunga cantik ini menyukai tanah dengan kandungan asam pada habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Warna bunganya hijau kekuningan, menggulung seperti bintang laut, daunnya panjang, halus, dan berkilau. Kenanga perdu yang paling banyak ditanam sebagai tumbuhan penghias halaman rumah bisa tumbuh paling tinggi tiga meter.

BUNGA BOUGENVILLE

bunga-bougenville
Diucap dalam bahasa Indonesia, Bugenvil, merupakan tanaman hias yang sangat populer di seluruh dunia. Bunga bugenvil dihasilkan dari pohon kecil yang sulit tumbuh tegak. Keindahan yang menjadi daya pikat dari bugenvil terletak dari seludang bunganya yang mempunyai warna cerah sehingga menarik perhatian orang-orang yang melihatnya.
Pada beberapa bagian tanaman bugenvil mempunyai warna-warni yang menambah kecantikan dari bunganya. Di samping perawatannya yang mudah, penanaman bugenvil juga banyak dimaksudkan untuk menambah nilai keindahan halaman rumah ataupun taman. Pesona dari bunga bugenvil bisa menjadi bahan pembicaraan banyak orang, mulai dari bentuk hingga warnanya.

BUNGA GERANIUM

bunga-geranium
Geranium merupakan tumbuhan abadai yang sebagian besar berasal dari Afrika Selatan. Warna bunga geranium tersusun dari warna putih, merah muda, merah dan ungu, dengan gradasi yang lembut dan tidak mencolok. Campuran warna pada kelopaknya yang menjadikan bunga geranium sengaja ditanam untuk menghadirkan suasana menentramkan di dalam atau halaman rumah.
Selain menjadi tanaman hias, bunga geranium juga banyak diolah menjadi bahan wewangian untuk minyak yang biasa disebut dengan minyak Pelargonium. Minyak Pelargonium berwarna pucat kuning-coklat atau kehijauan dengan bau menyerupai bunga mawar. Minyak tersebut digunakan sebagai parfum, sabun, dan bahkan salep.

BUNGA EDELWEISS

bunga-edelweiss
Bunga edelweiss merupakan tanaman hias yang jarang sekali ditanam sebagai tanaman penghias pekarangan rumah. Mengapa? Sebab Edelweis hanya mampu tumbuh di dataran tinggi seperti puncak dan pegunungan dengan intensitas cahaya matahari penuh. Karena hal tersebut, bunga edelewis hanya bisa dilihat oleh para pendaki gunung yang mencintai alam bebas.
Bunga edelweiss yang telah akrab dengan para pendaki ini dapat merasuk ke dalam jiwa lewat keindahan dan keabadian (mengalami pemekaran dalam waktu yang cukup lama) yang ditampilkannya. Bunga edelweiss asli atau Everlasting Flower bisa ditemukan di beberapa daerah pegunungan di Indonesia, seperti di daerah pegunungan Jawa, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lombok.

BUNGA MATAHARI

bunga-matahari
Bunga matahari merupakan tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang sudah tidak asing oleh penduduk Indonesia. Keberadaan bunga matahari di depan rumah bisa menjadi pemercantik teras rumah sebab bunga matahari juga termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga yang populer di Indonesia.

BUNGA TULIP

bunga-tulip
Jika Anda sering melihat bunga tulip pada banyak lukisan, mungkin Anda mengira kalau bunga tulip berasal dari Belanda. Padahal bukan, bunga tulip merupakan bunga hias yang berasal dari negara Turki, atau tepatnya ditemukan pada masa pemerintahan kekhilafahan Turki Utsmani. Namun penyebarannya yang cepat menjadikan bunga tulip sebagai tanaman hias bunga yang justru identik dengan bunga ciri khas negara Eropa, seperti Belanda.

BUNGA ASOKA

bunga-asoka
Bunga asoka merupakan tanaman hias yang sering dihubungkan dengan cinta dan kesucian. Bagi penganut agama Hindu, pohon yang menghasilkan bunga dengan warna cantik dan bentuk unik ini dianggap sebagai pohon suci. Di Indonesia, ada dua jenis bunga asoka yang biasanya ditanam untuk penghijauan ataupun hanya sebagai tanaman hias.

BUNGA ASTER

bunga-aster
Bunga aster cukup populer di Indonesia. Pertumbuhannya menjadi kelebihan sendiri dikarenakan tidak mempunyai masa berbunga yang artinya bunga aster bisa mengeluarkan bunga sepanjang tahun. Sekilas bunga aster menyerupai bunga matahari, namun banyak yang menganggap kalau bunga aster jauh lebih cantik daripada bunga matahari. Karena alasan tersebut, banyak orang yang menggunakan bunga aster dengan warna ungu untuk membentuk mahkota yang bersusun rapi dengan warna yang cerah dan mempesona.
***

2. TANAMAN HIAS DAUN

Tanaman hias bunga merupakan macam-macam tanaman hias yang pertama, berikutnya ada tanaman hias daun. Apa itu? Secara garis besar, tanaman hias daun merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki keindahan dan ciri khas pada bagian daunnya. Di Indonesia, ada banyak penyuka tanaman hias daun. Untuk mengetahui apa saja tanaman hias daun yang populer di Indonesia, berikut ini beberapa di antaranya.

KUPING GAJAH

tanaman-hias-daun-kuping-gajah
Kuping gajah dengan nama latin Anthurium Crystallinum adalah tanaman hias daun yang banyak ditanam untuk menghias ruangan maupun halaman rumah. Tanaman ini mempunyai daya tarik tersendiri yang tampak pada bentuk pola dan warna hiasan daunnya yang besar dan berbentuk seperti jantung sehingga mirip seperti kuping gajah.

SUPLIR

suplir
Selain suplir, tanaman ini juga dikenal sebagai Adiantum. Tanaman hias suplir atau adiantum mempunyai penampilan yang khas sehingga membuatnya mudah dibedakan dengan jenis tumbuhan paku-pakuan lain. Suplir yang termasuk ke dalam anak sukuVittarioideae, suku Pteridaceae ini banyak ditanam untuk menghias ruang atau taman.

AGLAONEMA

aglaonema
Algeonema lebih akrab dengan sapaan sri rejeki, meruapakan tanaman hias yang berasal dari suku talas-talasan (Araceae). Sri rejeki mempunyai habitat asli di dalam hutan hujan tropis dengan tingkat intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Modern ini, aglaonema telah dikembangkan menjadi tanaman yang sangat menarik dengan ragam warna, bentuk, dan ukuran sehingga menjadikannya tergolong ke dalam macam-macam tanaman hias daun yang berbeda dari spesies alami.

KELADI RED STAR (CALADIUM BICOLOR)

keladi-red-star
Keladi hias mempunyai keindahan yang terletak pada bentuk dan warna daunnya. Tulang daun Keladi Red Star berbentuk seperti bintang disertai warna merah cerah dan tangkai daun berwarna merah muda belang-belang hitam. Tumbuhan penghias rumah yang satu ini termasuk ke dalam tanaman yang menyukai cahaya, sehingga bisa ditanam dan ditempatkan di luar rumah yang terkena sinar matahari penuh.

PAKU TANDUK RUSA

paku-tanduk-rusa
Di Indonesia, tanaman dari famili Polypodiaceae ini dikenal juga dengan nama lain Simbar Menjangan. Tidak semua paku tanduk rusa yang tergolong dalam kelompok tumbuhan paku epifit dijadikan sebagai tanaman hias. Paku tanduk rusa yang terkenal sebagai tanaman hias antara lain adalah P. bifurcatum. Jenis tanaman hias daun dari koloni rimpang ini mempunyai banyak cabang sehingga memiliki lebih daripada satu titik pertumbuhan.

DIEFFENBACHIA

dieffenbachia
Macam-macam tanaman hias yang terkenal berikutnya adalah Dieffenbachia yang biasa ditanam di pekarangan rumah. Keindahannya ada pada bentuk tajuk dan warna daunnya yang bervariasi: hijau disertai bercak-bercak hijau dan kuning. Dieffenbachia dikenal juga sebagai daun bahagia atau bunga bahagia.

SAKA ASPARAGUS PLUMOSUS

saka-asparagus-plumosus
Tanaman hias daun berikutnya adalah Saka Asparagus Plumosus yang tergabung dalam keluarga Asparagus Plumosus, merupakan tanaman hias sejenis paku yang mempunyai daun lebat menyerupai jarum halus dengan jumlah banyak. Daun berbentuk jarum halus itulah yang menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan ruangan.

PALEM KUNING

palem-kuning
Jika Anda mempunyai pekarangan rumah yang cukup luas dan bingung mau ditanami tanaman apa, coba saja tanam Palem Kuning. Palem kuning adalah tanaman hias yang tahan panas matahari yang tergabung dalam anggota suku pinang-pinangan, berasal dari Madagaskar dan sekarang bisa dijumpai dengan mudah di tanah air.

ZAMIA

zamia
Tanaman hias zamia merupakan tanaman gurun yang dapat menggambarkan masa purbakala. Dikarenakan berasal dari gurun, zamia mempunyai ketahanan terhadap udara kering (bisa hidup optimal pada suhu 30 – 35 celcius). Bagi Anda yang mau membudidayakan tanaman ini bisa dengan menggunakan tunas akarnya yang ditanam di dalam pot. Tanaman hias daun zamia bisa hidup sampai lebih dari lima tahun.

CALATHEA

calathea
Berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di Kolombia dan Venezuela, Calathe banyak digunakan sebagai tanaman hias rumahan atau tanaman hais indoor. Tanaman yang mempunyai nama populer prayer plant atau peacock plant ini mengantongi kecantikan pada bagiaan daunnya yang berukuran lebar dengan bentuk elips dan oval yang sensitif terhadap cahaya gelap dan di malam hari akan melipat dengan sendirinya.

SPIDER PLANT

spider-plant
Jika Calathea merupakan prayer plant karena daunnya bisa melipat sendiri sehingga dianggap sebagai tumbuhan yang sedang berdoa, beda halnya dengan Spider Plant. Tanaman hias yang satu ini disebut sebagai spider plant karena di saat batang tanamannya menyentuh tanah, ia akan mengakar alias merambat. Tanaman Spider Plant digolongkan ke dalam tanaman hias gantung yang mempunyai kemampuan untuk menyerap racun-racun berbahaya yang mencemari udara di sekitar rumah Anda.
***

3. TANAMAN HIAS BUAH

Berikutnya, kita akan melihat apa saja yang termasuk sebagai macam-macam tanaman hias buah.

JERUK NAGAMI

tanaman-hias-buah-jeruk-nagami
Pertama, ada Jeruk Nagami atau Nagami Kumquat, merupakan tanaman penghasil buah jeruk yang berasal dari genus Citrus dengan ciri khas pada bentuk buah yang lonjong dan berukuran kecil-kecil. Jeruk nagami tidak hanya ditanam sebagai tanaman penghias rumah saja, tetapi buahnya juga bisa dimakan secara langsung karena rajin berbuah. Uniknya lagi, jeruk nagami tidak hanya bisa dinikmati keindahan dan rasa buah dagingnya, tetapi kulitnya juga yang mempunyai rasa lebih manis daripada daigngnya sendiri.

CABAI PELANGI

cabai-pelangi
Belum banyak yang familiar dengan cabai pelangi. Cabai warna-warni adalah buah dari tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan (ada juga yang mengatakan dari Brasil dengan nama Bolivian Rainbow). Cabai warna-warni lebih kaprah ditanam sebagai tanaman hias ataupun dibudidayakan dengan skala besar untuk meraup keuntungan.

BUAH NAGA

buah-naga
Buah naga, siapa yang tidak kenal? Rasanya yang nikmat dan kesegaran dari daging buahnya membuat buah naga tak pernah kehabisan peminat. Selain dikonsumsi, buah naga yang ditanam ternyata juga bisa memberikan tampilan yang menarik di mata. Awalnya, tanaman ini dibawa oleh orang Perancis dan Guyana ke Vietnam pada tahun 1870 sebagai tanaman hias dan dianggap oleh orang China dan Vietnam sebagai buah pembawa berkah.

NANAS MEDUSA

nanas-medusa
Nanas medusa atau nanas mahkota adalah jenis tanaman hias yang menyimpan keunikan sendiri. Keunikan tersebut bisa dilihat dari penampilannya. Buah nanas yang dihasilkan bisa menghasilkan buah-buah nanas ukuran mini yang menonjol pada semua sisi buah nanas yang paling utama.

NANAS MERAH

nanas-merah
Selain nanas medusa, ada juga nanas merah yang sebetulnya mempunyai warna merah muda. Tanaman penghasil buah cantik ini pada umumnya ditanam hanya untuk memberikan nilai estetika pada halaman. Meskipun demikian, buah nanas merah tetap bisa dinikmati bagian dagingnya. Menurut orang Tionghoa, nanas merah dianggap sebagai buah pembawa rezeki.

LEMON

lemon
Buah lemon yang tergabung dalam jenis-jenis tanaman hias buah adalah buah lemon impor yang biasal dari Australia. Ciri dari buah jeruk lemon inport ini bisa dilihat dari penampilan buahnya yang berbentuk lonjong dan warna kuning cerah. Jeruk lemon import bisa dikenali tidak hanya dari warnanya, tetapi juga pada aroma yang lebih harum dibadningkan jeruk lemon lokal, serta kulitnya yang juga lebih tebal. Untuk rasanya, lemon import juga mempunyai rasa yang asam, sama seperti jeruk lemon lokal.
***

4. TANAMAN HIAS AKAR

tanaman-hias-akar
Tanaman hias akar mempunyai keunggulan pada bagian akarnya. Beberapa jenis tanaman hias akar yang biasa ditanam adalah Ficus benyaminaFicus elasticaCanarium spp.,Artacarpus altilis, dan beberapa nama lain dari kelompok ataupun famili berbeda.

5. TANAMAN HIAS BATANG

tanaman-hias-batang
Tanaman hias batang merupakan tanaman yang mempunyai daya tarik pada bagian batangnya, entah itu karena bentuk ataupun ukuran dari batangnya. Contoh jenis tanaman hias batang yang biasa dijumpai adalah bambu air, bambu kuning, kamboja, kaktus, dan palem bambu.

APA ITU TANAMAN HIAS BIASA, GANTUNG, DAN AIR?

Tanaman hias biasa merupakan tanaman hias yang tumbuh dan dirawat di tempat biasa, di atas tanah, tidak digantung dan tidak hidup di dalam air. Biasanya ditanam di dalam pot atau di tanah di pekarangan rumah. Beberapa jenis tanaman hias biasa yang sering ditanam adalah bonsai dan palem.
Tanaman hias gantung adalah tanaman hias yang juga ditanam di dalam pot, akan tetapi diletakkan di udara dengan cara digantung. Beberapa tanaman hias yang diletakkan dengan cara digantung adalah bunga anggrek, lobelia, geranium, begonia, dan fuchsia.
Tanaman hias air atau yang biasa disebut hidrofit adalah tumbuhan yang bisa menyesuaikan diri dengan habitat perairan, baik terbenam sebagian atau terbenam seluruh bagiannya. Tanaman hias air dapat digunakan sebagai penghias kolam sehingga terlihat semakin indah dan menawan dengan keberadaan tanaman-tanaman hias air. Beberapa tanaman hias air yang populer antara lain lotus atau seroja, bambu air atau equisetum, teratai, papirus air, semanggi, kiambang, azolla, apu-apu, melati air, calla lily, eceng gondok, selada air, tetepok atau telipuk, tifa, pisang air, yellow water poppywater cannapickerel weedblack taromosaic plant, dan keladi-keladian.
Anda bisa mempercantik ruangan dan halaman rumah Anda dengan nama-nama tanaman yang tergabung ke dalam macam-macam tanaman hias tersebut. Dengan keberadaan mereka, rumah Anda akan terasa lebih segar, asri, dan indah.