Harga tanaman, berfariasi

Harga Tanaman

Harga tanaman bervariasi, tergantung jenis tanaman tersebut dan juga tren yang sedang berlangsung. Untuk tanaman lain yang tidak terkena tren, harga tanaman tergantung dari lamanya pertumbuhan tanaman serta langka tidaknya tanaman tersebut.
Bagi anda yang ingin membeli tanaman hias, berikut beberapa tips penting supaya anda tidak tertipu dan terkecoh saat berada di toko tanaman :
  • Pilihlah tanaman yang berbentuk simetris sebagai tanda bahwa tanaman tersebut sehat dan terawat. Tanaman yang simetris tumbuh subur merata di semua sisi tanaman sehingga anda tak perlu repot untuk memperbaiki struktur tanaman dan tanaman mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Hindari membeli tanaman yang cacat karena bisa jadi tanaman tersebut terkena penyakit. Tanaman yang terkena penyakit terlihat jelas di bagian batang dan daun. Tanaman yang terkena penyakit di akar terlihat segar di pagi hari namun layu di siang hari, oleh karena itu siang hari adalah saat yang tepat untuk membeli tanaman. Jangan membeli tanaman yang berdaun keriting karena umumnya tanaman tersebut terkena virus.
  • Sangat disarankan untuk membeli tanaman dengan anakan yang nantinya dapat anda pisahkan dan anda dapat memiliki 2 atau 3 tanaman lagi. Tanaman tersebut berarti mudah diperbanyak dengan daya tahan yang bagus dan gampang beradaptasi.
  • Untuk tanaman bunga, pilihan tanaman dngan aneka kuncup sangat disarankan sehingga saat anda membawa tanaman ke rumah, bunganya dapat anda nikmati di rumah.
  • Pilih tanaman yang sudah lama ditanam. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan cara menarik tanaman pelan-pelan. Bila susah ditarik maka tanaman tersebut memang sudah lama ditanam sehingga tanaman tersebut tidak megnandung resiko stress dan kemungkinan mati sangat kecil.
  • Adaptasikan tanaman yang sudah dibeli di tempat yang teduh dan lembab kira-kira 2 hari. Beri tanaman dengan hormone perangsang tumbuh dan vitamin supaya tanaman dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya
  •  
  • Ganti media tanaman, terutama yang ditanam dengan sekam dengan media tanam baru yang kaya akan unsur unsur hara. Selain menjadi tidak praktis dan ekonomis untuk keperluan di rumah, tanaman juga memerlukan jatah unsur tanah dan hal itu dapat diberikan dengan larutan pupuk.
  • Segera pisahkan atau pecahkan tanaman yang memiliki rumpun yang banyak karena bila tidak segera dipisahkan akan berebut unsure hara dan akan memperburuk kondisi tanaman.
  • Jangan lupa untuk mengecek kisaran harga supaya anda bisa mendapatkan jenis tanaman dengan kualitas yang bagus dan tidak megnecewakan namun berharga jauh lebih murah.
  • harga ditingkat petani =Rp 500,- harga di SPK (surat Perintah Kerja ) = Rp 5.000,- contoh lantana jepang