Persiapan pembuatan taman (preparation of the garden)

TAMAN
Trend gaya hidup kembali ke alam telah menjadi bagian gaya hidup kosmopolitan di berbagai belahan dunia. Konsep ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sampai dengan penataan rumah sebagai solusi impian warga kota yang sudah sangat penat menjalani kehidupan di kota metropolitan yang sesak, semrawut, dan polutif. Kehadiran kebun atau taman di rumah sudah menjadi keharusan setiap rumah.

Fungsi sebuah taman berbeda pada setiap individu. Fungsi taman pada sebuah rumah selain memberi keteduhan terhadap lingkungan sekitarnya juga membantu menonjolkan tampilan rumah secara keseluruhan.
Umumnya orang memanfaatkan taman sebagai tempat refreshing pribadi, tetapi orang lain mungkin memilih taman sebagai tempat menjamu tamu untuk sebuah pesta. Ada juga taman yang digunakan untuk penghasil sayur dan buah, arena bermain anak, tempat hewan peliharaan. Pada dasarnya kalo ada dana taman bentuk apapun tinggal sebut ,pesan , dan bayar pasti jadi.

Tips – tips membuat taman :
• Manfaatkan taman sebagai sarana hobi dan keperluan anda seperti bercocok tanam, berkebun memelihara ikan di kolam, tempat bermain anak, dan sebagainya.Sehingga kalo sudah hobi maka anda tidak malas merawatnya. Seperti memupuk menyiram memotong serta membentuk tanaman.
• Cari referensi contoh taman baik dari rumah tetangga, majalah atau browsing internet.
• Kenali karakter tanaman sehingga kita tahu kapan diberi pupuk kapan butuh disiram kapan minta dipanggas, jangan sampai tanaman mati karena “over dosis pupuk”.
• Sesuaikan tanaman dengan iklim tempat tinggal anda, ini penting , hanya karena terpesona tanaman hias di pegunungan lalu anda paksa tanam dirumah anda di perkotaan dijamin akan”layu sebelum berkembang”.Ingat tanaman tropis sendiri sudah beraneka ragam.
• Sesuaikan harga tanaman dengan kantong anda agar tidak menyesal dikemudian hari.Jangan asal ikut-ikutan fanatik terhadap satu jenis tanaman saja perlu diingat Tuhan menciptakan beraneka ragam tanaman tidak dilabeli dengan harga.
• Berkreasilah sendiri, ambil tanaman yang tadinya tidak berharga setelah anda tanam punya nilai keindahan yang unik. Atau ambil bahan-bahan untuk taman dari lingkungan sekitar anda sendiri.
• Sesuaikan atau fokus terhadap lahan yang mau dipakai untuk taman, lahan sempit jangan paksa tanami tanaman berakar tunggal, karena nanti beresiko terhadap tembok rumah, jadi tanami tanaman kecil saja dipadukan dengan rumput ,koral, bebatuan kolam.
• Kalau ingin taman anda juga terlihat elok dimalam hari beri lampu taman yang sesuai, baik sesuai taman maupun sesuai anggaran listrik rumah tangga.
• Biar lebih hidup padukan dengan hewan peliharaan seperti kolam kecil dengan ikan kecilnya atau burung dengan pagar kawat biar terlihat alami terbang kesana kemari dan lebih afdol jika keduanya digabung….
• Perhatikan lingkungan sosial anda apabila di rumah anda ada balita, janganlah menanam tumbuhan atau bunga yang bergetah dan berduri, atau jangan menanam tanaman hias mahal jika lingkungan anda tidak aman. Selingi dengan tanaman produktif (buah-buahan) jika anda suka buah-buahan (spt anggur dll.).
• Taman merupakan tempat yang cocok untuk berpikir dan refreshing, Ciptakanlah taman sebagai tempat anda mencari inspirasi dan terapi ketenangan Anda.

Selamat mencoba!