POHON SENGON GUNUNGPATI SEMARANG DI SERANG ULAT KANTONG.

Gunungpati semarang - Ribuan pohon sengon di sejumlah desa di Kecamatan Gunungpati semarang diserang ulat kantong yang mematikan. Akibat serangan ini, petani sengon mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Penyebaran hama ulat kantong berlangsung sangat cepat. Hanya dalam beberapa bulan, ribuan pohon sengon terserang hama yang mematikan pohon ini. Untuk menghindari kerugian lebih besar, petani terpaksa menjual pohon sengon lebih dini.

Pertama kali ulat kantong yang oleh petani setempat sering disebut ulat bangkang menyerang daun. Setelah daun habis, barulah menyerang batang pohon. Ulat kemudian berubah menjadi kupu-kupu kecil berwarna putih kekuning-kuningan. Petani mengaku kewalahan untuk mengatasi serangan ulat kantong, sebab berbagai obat-obatan di pasaran telah dicoba, namun tidak berhasil.

Serangan hama ulat kantong dalam waktu sekitar 2 bulan serangan hama ini meluas ke sejumlah desa di sekitarnya. Serangan hama ulat kantong saat ini baru menyerang tanaman sengon berusia 3 tahun hingga 5 tahun. Dikhawatirkan serangan hama ini menyerang juga tanaman sengon berusia muda.

Akibat serangan hama ulat kantong, daun sengon akan habis dibagian bawahnya yang merupakan jaringan pembentuk klorofil, setelah itu hama akan menyerang batang tanaman hingga menyebabkan pohon cacat dan keropos. Jika serangan berlanjut, tanaman sengon akan mengering dan mati.

Harga tanaman sengon yang diserang hama ini juga turun drastis, sebab tanaman sengon tanpa daun seperti mati