KEGAGAHAN KAKTUS KOBOI MEMBUAT HATI TERPANA



 Kaktu Koboi sekarang menjadi salah satu tanaman yang digemari banyak orang. keunikan batang pohonya yang tinggi dan gagah serta tidak tampak banyak duri, membuat pembudidaya tanaman banyak yang membudidayakannya untuk dijadikan hiasan dalam ruangan atau halaman. 

Bagi kamu yang suka merawat tanaman kaktu koboi berikut kami sajikan cara menanam dan cara merawat tanaman tersebut.



Cara menanam

1. Siapkan Bibit Kaktus Koboi 

Siapkan bibit kaktus koboi jika anda menginginkan yang pendek bisa menggunakan ukuran 30cm, namun jika anda menginginkan yang tinggi bisa menggunakan yang berukuran 100-150cm untuk ukuran kaktus koboi ini tergantung selera saja tidak ada patokan dalam menanamnya. 

2. Siapkan Media Tanam 

Jika anda menginginkan kaktus koboi tersebut ditaman dalam pot maka yang anda perlu siapkan adalah pot dan media tanam, jika anda menginginkan kaktus koboi tersebut ditanam di tanah maka yang anda perlu siapkan adalah cangkul, untuk media tanam yang digunakan yaitu media tanam yang sudah campuran antara tanah hitam, pupuk kandang, sekam mentah dan sekam bakar. 

3. Siapkan lahan atau tempat untuk menanam 

Menanam kaktus koboi bisa di lahan yang luas atau tanah dan atau ditanam pada pot, jika di tanah maka pilihlah tanah yang gembur dan tidak terlalu padat. jika menanam pada pot maka siapkan pot sesuai selera namun cukup dengan ukuran kaktusnya. 




Cara merawat kaktus koboi 

1. Perhatikan Kadar Air dalam Kaktus Koboi

Seperti kaktus pada umumnya kaktus koboi bisa bertahan dalam kondisi panas dan kering namu supaya menghindari keadaan dehidrasi pada kaktus koboi maka perlu dilakukan penyiraman, anda hanya pelu menyiramnya dalam jangka waktu 2 minggu sekali, jika kondisi ilkim sedang dalam kondisi dingin dan hujan maka anda dapat menyiramnya 1 bulan sekali saja, 

2. Letakan atau tanam kaktus koboi anda pada tempat yang terkena cukup sinar matahari

Habitat kaktus koboi berada di gurun membuatnya tahan terhadap cuaca panas dan kering, maka anda jika akan menanamnya pastikan lahan terkena sinar matahari yang cukup sehingga akan memilimalisir kebusukan hingga kematian pada batang kaktus koboi.

3. Gunakan pot yang berlubang

Pot berlubang akan membantu membuang kelebihan kadar air pada tanah atau media kaktus koboi sehingga akan meminimalisir kebusukan pada batang kaktus koboi.

Sehingga kelembaban suhu yang ada dalam dan luar pot akan terjaga.

4. Penyiraman secara berkala

Penyiraman kaktus koboi dilakukan setiap 2 minggu sekali apabila cuaca sedang panas dan kering. dan penyiraman dilakukan 1 bulan sekali apabila cuaca sedang dalam kondisi dingin dan hujan.

5. Bari pupuk yuang benar

Pupuk yang bisa diberikan pada kaktus koboi  adalah pupuk kandang, berilah pupuk kandang dalam jangka waktu tertentu lebih baiknya pupuk diberikan pada saat musim panas. 

6. Rutin mengganti pot 

Jika dirasa kaktus koboi sudah tumbuh semakin besar maka lakukanlah penggantian pot yang sesuai dengan ukuran kaktus koboi tersebut, penggantian pot yang lebih besar akan mendukung perkembangan dan pertumbuhan kaktus koboi. 




Yuk Sobat Sinox menanam kaktus koboi di rumah anda akan menambah kecantikan dan keaestetican rumah anda...selamat menanam...