MANFAAT TAMAN RUMAH

 






1. Udara Rumah Lebih Bersih

Kehadiran taman di rumah bagaikan kerja sama menguntungkan antara manusia dengan tumbuhan. Saat manusia mengeluarkan karbondioksida hasil pernapasan, tanaman di rumah Anda akan menggunakannya untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen.

Oksigen yang dihasilkan tersebut akan membuat udara di sekitar hunian terasa lebih bersih dan baik bagi paru-paru. Udara kotor dari luar pun dapat disaring tumbuhan di taman dan digantikan dengan yang lebih bersih.

2. Hunian Lebih Asri

Tidak hanya baik bagi kesehatan, manfaat taman di rumah juga meningkatkan nilai estetika hunian. Dedaunan yang rimbun dan aneka bunga berwarna-warni akan membuat kediaman Anda terasa lebih asri dan sejuk.

Bagi tamu yang berkunjung, kehadiran taman yang terawat di rumah juga akan memberikan kesan baik bagi pemilik rumah. Agar terlihat makin indah, Anda dapat menambahkan beberapa aksesoris seperti lampu atau patung kecil.

3. Memproduksi Buah dan Sayur

 

Di masa pandemi, kita dituntut untuk terus menjaga kebersihan dan berhemat. Nah, kedua hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan memiliki taman di rumah. Manfaatkan lahan di rumah untuk menanam aneka bibit buah dan sayur.

Selain menjadi kesenangan tersendiri, hasil panen buah dan sayur tadi bisa lebih bersih dan sehat karena tidak menggunakan bahan kimia. Bagi para ibu, manfaat taman di rumah ini dapat membantu untuk berhemat karena tidak perlu membeli ketika harganya sedang naik.

4. Tempat Resapan Air

Memasuki musim penghujan, banjir menjadi bencana paling mengancam. Jika rumah terlanjur kena banjir, furnitur bisa rusak dan sangat menghabiskan waktu untuk membersihkannya.

Nah, untuk mencegah hal itu, taman di rumah dapat dimanfaatkan sebagai area pembuatan biopori atau lubang resapan air. Tidak hanya mengurangi risiko banjir, lubang biopori juga bisa digunakan untuk mengurangi sampah organik dari tanaman di taman Anda.

5. Meredam Kebisingan

Manfaat taman di rumah selanjutnya adalah meredam suara bising. Saat ingin beristirahat dengan tenang di akhir pekan, sering kali kita terganggu dengan suara kendaraan di luar. Nah, beberapa jenis tanaman seperti imodia, bunga soka, dan puring telur dapat ditambahkan pada taman Anda untuk meredam suara berisik tadi.

Cara kerjanya, tanaman peredam kebisingan akan berinteraksi dengan gelombang suara dan mengurangi intensitasnya melalui beberapa cara seperti membelokkan, memantulkan dan menyerap energi gelombang suara.

Dijamin tidak hanya membuat hunian terasa sejuk, tanaman tersebut akan membuat suasana lebih tenang.

6. Area Quality Time Bersama Keluarga

Taman di rumah dapat dimanfaatkan sebagai area untuk bersantai bersama keluarga. Sambil melihat hijaunya tanaman, lengkapi kebersamaan keluarga dengan secangkir teh hangat dan camilan. Jika lahan taman cukup luas, sempatkan untuk mengadakan piknik kecil bersama kerabat atau teman-teman.

Selain untuk area quality time, manfaat taman di rumah lainnya adalah sebagai alternatif ruangan bekerja. Saat jenuh bekerja di dalam ruangan dan butuh mencari ide kreatif, pindahkan sejenak tempat kerja Anda ke taman rumah. Mata dan pikiran pun akan kembali segar saat melihat daun dan bunga yang indah.

7. Tempat Olahraga di Rumah

Penyebaran virus yang cepat membuat sebagian orang masih takut untuk berolahraga di luar rumah. Namun dengan adanya taman di rumah, Anda tidak perlu pusing mencari tempat untuk mengeluarkan keringat.

Manfaat taman di rumah satu ini dapat menyediakan lahan untuk berjemur di pagi hari dan melakukan aktivitas lainnya seperti yoga atau senam aerobik. Tidak perlu menghabiskan waktu berkendara ke tempat gym, kini olahraga dapat dengan mudah Anda lakukan di taman rumah.

8. Melindungi Daya Ingat dan Memori

Sering merasa daya ingat menurun? Ini saat yang tepat untuk mulai berkebun di taman. Hasil penelitian terhadap penderita demensia di Korea menunjukkan, setelah rutin melakukan aktivitas berkebun selama 20 menit, ditemukan adanya peningkatan jumlah beberapa faktor pertumbuhan saraf otak terkait memori.

Karena itu, manfaat taman di rumah yang satu ini sangat cocok bagi para orang tua dan lansia yang sudah pensiun. Namun, bagi Anda yang masih muda, kegiatan berkebun dapat dimulai sejak dini dan menjadi hobi baru yang ditekuni agar membantu ingatan makin tajam

Ternyata tanpa disadari begitu banyak manfaat taman di rumah yang bisa Anda dapatkan. Selain manfaat di atas, unsur alam pada hunian juga akan membuat lingkungan makin seimbang. Semoga informasi yang telah kami rangkum semakin meyakinkan Anda untuk membangun taman di rumah.