Pohon Sikas atau sering di sebut Pakis Haji



 

Tumbuhan dari genus sikas ini mempunyai tabung lendir pada kulit batangnya.Tanaman pakis peziarah atau sikas merupakan tumbuhan perdu dan termasuk dalam kelompok tumbuhan berbiji terbuka dari famili CycadaceaeHabitat pakis haji hampir mirip dengan keluarga palem, meski kekerabatannya sangat jauh satu sama lain.Pakis haji tidak mempunyai cabang monopoda pada batangnya.Pakis mempunyai batang tegak bulat, warnanya coklat kehijauan dan permukaannya kasar.

 

Beberapa spesies pakis haji berukuran besar mengandung pati dalam jumlah besar di bagian tengah batangnya, yang dapat dimakan dari bagian tersebut.Akar pakis haji adalah akar tunggang.Pada beberapa spesies pakis haji, akarnya terinfeksi spesies cyanobacteria (Anabaena Cycadaceae), yang membentuk hubungan simbiosis mutualisme dan bintil pengikat nitrogen.

Daun pakis berbentuk sederhana, dengan daun roset menempel pada batangnya.Struktur daun menyirip, terbagi menjadi urat sejajar dan daun pipih.Tangkai daun berduri.Semua pakis peziarah adalah tumbuhan dioecious.Artinya, terdiri dari tumbuhan jantan dan betina.Strobilus jantan dan betina terdapat pada tanaman pakis haji.

Strobilus jantan mempunyai kerucut silindris besar di ujung batangnya.Strobil jantan tersusun rapat, di dalamnya terdapat mikrosporangia dan mikrospora (serbuk sari).Strobilus betina, sebaliknya, berbentuk daun/krisis, tetapi banyak bijinya yang tumbuh di samping.Strobilus betina ini tumbuh di antara ketiak daun.Strobilus betina terdiri dari dua atau lebih bakal biji. Bijinya terletak di permukaan buah (karpel) dan berbentuk bulat, berwarna hijau atau coklat.