10 JENIS TANAMAN PALEM YANG SERING DI GUNAKAN UNTUK PROYEK TAMAN

1. PALEM PUTRI

Palem Putri (veitchia merillii)

Palem Putri (veitchia merillii) sudah dikenal umum di kalangan masyarakat luas bahkan seluruh dunia. Palem Putri sering digunakan sebagai hiasan di pekarangan rumah ataupun difungsikan sebagai tanaman penyearah jalan, peneduh sekaligus untuk memperindah penampilan tanam kota.

Palem Putri adalah tanaman hias yang bersifat kosmopolitan, keberadaannya ditermukan di daerah tropis dan subtropis, di dataran rendah dan tinggi, di pegunungan dan pantai, di tanah subur dan gersang.

Bentuk Palem Putri sekilas seperti palem raja, daunnya lebih lebar dan warna lebih hijau. Tanaman ini berasal dari Madagaskar, banyak dimanfaatkan sebagai penghias pinggir jalan dan juga tanaman hias daun dalam pot.

Selama pertumbuhannya, Palem Putri memerlukan penyinaran matahari penuh. Pada waktu perkecambahan dan pembibitan sebaiknya jangan terkena sinar matahari yang langsung. Suhu udara yang diperlukan adalah 25-33 derajat C, dan masih tumbuh baik di luar kisaran suhu udara tropis tersebut.

Klasifikasi botani:
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledonae
  • Keluarga : Aracaceae (Palmaceae)
  • Genus : Archontophoenix,Mascarena, Cyrtostachys, Roystonea
  • Spesies : Ravenea sp. (palem putri);

2. PALEM EKOR TUPAI

Wodyetia bifurcata - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wodyetia bifurcata adalah jenis palem (Arecaceae) langka asal Semenanjung York, Queensland, yang sekarang sangat populer sebagai tanaman hias taman. Di Indonesia ia dikenal juga sebagai palem ekor tupai, sedangkan nama umum dalam bahasa Inggris adalah foxtail palm atau "palem ekor rubah".
Dari penampilan fisik, palem ini sama anggunnya dengan palem raja, sehingga sering ditanam sebagai pembatas jalan. Daunnya dapat mencapai 3 m (termasuk pelepah), dengan anak daun sempit dan tumbuh mengitari ibu tangkai daun, sehingga seperti "ekor tupai". Tinggi tanaman dapat mencapai 10 m, dengan batang kelabu, beruas-ruas. Tanaman ini menghasilkan bunga jantan dan betina pada tangkai yang terpisah. Buahnya relatif besar, diameter sampai 4 cm, berwarna hijau ketika mengkal dan berubah menjadi jingga kemerahan ketika ranum.
Nama ilmiah: Wodyetia bifurcata
Tingkatan takson: Spesies
Klasifikasi lebih tinggi: Wodyetia
Status konservasi: Bergantung pada konservasi Encyclopedia of Life
Spesies: W. bifurcata
Famili: Arecaceae

3. PALEM RAJA


10 Jenis Tanaman Hias Palem untuk Indoor dan Outdoor – Grand Palma ...

Palem raja adalah sekelompok palem (10 jenis) yang dikelompokkan dalam marga Roystonea. Tumbuhan ini berasal dari daerah Karibia dan Amerika tropika. Nama Roystonea diambil dari nama seorang insinyur yang bekerja di kemiliteran AS, Roy Stone. Salah satu anggotanya, R. regia biasa ditanam di pinggir jalan atau di taman-taman.
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Arecales
Famili: Arecaceae
Genus: Roystonea
Spesies: Roystonea regia
Nama Daerah: Palem raja
Nama Ilmiah: Roystonea regia

4. PALEM SADENG

Tanaman hias palem bintang - palm bintang - palem sadeng | Shopee ...

Palem sadeng yang memiliki nama latin Saribus rotundiofolus ini memiliki ciri hampir sama dengan pohon kurma. Karakteristiknya yakni batang keras berwarna kuning, daunnya bundar dan melebar seperti kipas dan diameter daun bisa mencapai 4 meter. TInggi pohon palem sadeng bisa mencapai 12 meter. Batangnya kokoh dengan diameter bisa mencapai 25 cm. Di luar negeri biasa juga disebut dengan roundleaf dikarenakan daun yang masih muda atau baru keluar berbentuk bulat. Namun, semakin tumbuh, daunnya akan semakin membelah dan tidak seindah ketika masih muda. Palem sadeng terlihat menimbulkan kesan elegan dan ekskluif, maka tak heran bila penanamannya banyak di perkantoran atau apartemen kelas menengah ke atas. Selain sebagai hiasan, pohon palem juga sebagai peneduh mengingat bentuk daunnya yang lebar mirip kipas. Agar palem sadeng tetap bagus, maka pohon ini harus terpapar sinar matahari sepanjang waktu. Meki demikian, bisa juga ditanam di pot sebagai hiasan ruangan. Media tanamnya bisa dengan kompos dan pasir. Tanaman palem yang diletakkan di dalam ruangan akan menciptakan lingkungan yang sehat dan sejuk karena tanaman ini menjernihkan udara. Sedangkan yang ditanam di luar ruangan juga berfungsi menyerap udara, sehingga udara menjadi lebih bersih dan sehat.

5. PALEM SINENSIS

Jual jual pohon palem sinensis - Kota Tangerang - tokotanamanhias ...

Tanaman Hias Palem Sinensis – Tanaman Palem Sinencis merupakan tanaman hias yang bersifat kosmopolitan, biasanya akan bisa Anda temukan di daerah tropis dan subtropis, di pegunungan dan di pantai, di tanah yang subur dan gersang.
Pohon Palem Sinencis ada yang menyebutnya sebagai sebagai Kaum Bangsawan dari Kerajaan Tanaman. Biasanya jenis pohon ini akan di gunakan sebagai penghias jalan atau sebagai tanaman hias di halaman rumah.

6. PALEM KURMA

Jual Pohon Kurma Di Bogor Siap Berbuah - Grass Taman

Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

7. PALEM PHONIX

Jual Tanaman Palem Phoenix (Miniature Date Palm) - BibitBunga.com

Phoenix adalah genus dari 14 spesies telapak tangan, berasal dari daerah yang dimulai dari Kepulauan Canary di barat, melintasi Afrika utara dan tengah, hingga tenggara ekstrim Eropa, dan berlanjut ke seluruh Asia selatan dari Turki di timur hingga Cina selatan dan Malaysia.

8. PALEM KUNING



Palem kuning adalah tanaman hias populer yang biasa dijumpai di pekarangan. Tumbuhan anggota suku pinang-pinangan ini berasal dari Madagaskar namun di tempat asalnya sekarang terancam.
Nama ilmiah: Dypsis lutescens
Famili: Arecaceae
Ordo: Arecales
Klasifikasi lebih tinggi: Dypsis
Spesies: Dypsis lutescens; Beentje dan J.Dransf.
Tingkatan takson: Spesies

9. PALEM WAREGU

Palem waregu - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Waregu merupakan sekelompok palem yang termasuk dalam genus Rhapis. Terdapat sekitar 10 jenis, beberapa di antaranya menjadi tanaman hias ruang maupun taman. Jenis-jenisnya berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara, terutama pada daerah subtropika dan tropika. Jenis yang biasa dijadikan tanaman hias adalah R. excelsa.
Nama ilmiah: Rhapis
Tingkatan takson: Genus
Klasifikasi lebih tinggi: Corypheae
Famili: Arecaceae ·

10. KELAPA SAWIT

Masa Depan Industri Kelapa Sawit RI Ada di Tangan Milenial

Elaeis adalah genus dari Arecaceae yang memiliki dua spesies, yang disebut sebagai kelapa sawit. Tumbuhan ini digunakan untuk usaha pertanian komersial dalam produksi minyak sawit. Kelapa sawit Afrika Elaeis guineensis adalah sumber utama minyak kelapa sawit.
Nama ilmiah: Elaeis
Kerajaan: Plantae
Famili: Arecaceae
Ordo: Arecales
Klasifikasi lebih tinggi: Arecoideae
Tingkatan takson: Genus