Cara Memperbanyak Bunga Torenia Seharga Rp 5.000,00

 



Tanaman berbunga cantik yang bisa tumbuh sepanjang tahun tanpa mengenal musim ini memiliki nama latin Torenia fournieri. Torenia merupakan tanaman ‘cebol’ yang gak bisa tumbuh tinggi. Perawatan tanaman ini pun tidak sulit.

 

Torenia memiliki tekstur mahkota bunga yang tidak terlalu tebal, namun demikian tanaman berbunga indah ini cukup kuat dan tahan lama. Torenia memiliki julukan yang cukup unik, dia bisa disebut clown flower atau bunga badut, karena mahkota bunganya mirip dengan muka badut. Selain itu tanaman ini juga mendapat julukan tanaman wishbone.

 

Torenia merupakan tanaman hias yang memiliki bunga cantik serta memiliki ragam warna gradasi, ungu – putih, biru, ada juga pink, dan kuning. Bukan hanya karena penampilan tanaman hias yang satu ini menarik, di sisi lain, Torenia merupakan tanaman yang memerlukan keteduhan dari cahaya sinar matahari.

 

Torenia ini bisa ditanam di pot serta bisa juga berfungsi sebagai pemanis dalam dekorasi rumah, atau ditanam di pot gantung, bahkan ditanam sebagai pembatas di halaman rumah dengan pencahayaan yang cukup, cenderung teduh. Torenia ini juga merupakan bunga yang memiliki kandungan antioksidan. Bunga yang memiliki warna-warni cerah dan menarik minat ini, bisa juga dijadikan pemanis hidangan atau juga campuran salad. Kita biasa sebut sebagai edible flower.

 

Perawatan Torenia ini juga tidak terlalu sulit. Menyiramnya dua kali dalam sehari sudah cukup, bisa dilakukan pada waktu pagi atau sore hari. Jika kondisi lingkungan dingin atau lembap, bisa menyiramnya cukup satu kali saja. Tempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

  

Bunga torenia yang tumbuh dengan rimbun dan berdekatan seperti semak membuatnya terlihat makin cantik. Untuk memperbanyak torenia, kamu bisa mengumpulkan bijinya dari kantung biji ketika bunga mulai mengering. 

 

Bisa juga dengan memindahkan tanaman kecil dari bunga ini yang tumbuh akibat jatuhnya kantung biji secara tidak sengaja, sehingga nantinya bisa menjadi tanaman induk. Tidak sulit bukan menanam torenia? Inilah yang menjadikannya salah satu tanaman hias populer di rumah rumah.