JUAL TANAMAN HIAS KACA PIRING

Hasil gambar untuk tanaman hias kaca piring

Kacapiring
White Gardenia flower.jpg
Gardenia jasminoides
Klasifikasi ilmiah
Kingdom:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Rubiales
Famili:Rubiaceae
Genus:Gardenia
Spesies:G. jasminoides
Nama binomial
Gardenia jasminoides
Ellis
Sinonim
Referensi:[1]
  • G. augusta (L.) Merr.
  • G. florida L.
  • G. grandiflora Sleb.
  • G. maruba Sieb. et Zucc.
  • G. pictorum Hassk.
  • G. radicans Thunb.
  • Varneria agusta L.

KacapiringGardenia jasminoides) adalah perdu tahunan dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae. Bunganya berwarna putih dan sangat harum. Nama binomial G. jasminoides berarti "Gardenia yang menyerupai melati", namun secara taksonomi kacapiring tidak berhubungan dekat dengan melati (Jasminum, anggota suku Oleaceae).
Nama-nama daerah adalah cepiring (Jw.) dan jempiring (Bl.). Bunga kacapiring merupakan bunga maskot Kota Denpasar.

Cara Menanam Bunga Kacapiring (Garenia)

  1. Siapkan bibit tanaman kacapiring. Anda bisa memperolehnya dengan cara stek pada tangkai tanaman atau memperoleh bibit kacapiring di toko persediaan bibit tanaman.
  2. Siramlah terlebih dahulu tanah tempat menanam kacapiring. Hal ini dilakukan karena tanaman kacapiring menyukai tanah lembab dan juga memudahkan dalam penanaman.
  3. Campurkan pupuk kompos atau lumut gambut pada tanah untuk memperbaiki drainase dan pemenuhan kebutuhan nutrisi. Tingkat pH tanah yang ideal bagi tanaman kacapiring adalah 5 hingga 6.
  4. Gali lubang di tanah sebesar ukuran diameter gumpalan akar. Masukkan dengan hati-hati bibit kacapiring yang telah disiapkan, jangan sampai melukai akar. Siramlah kembali tanaman kacapiring.
Cara Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia)
  1. Kacapiring memerlukan penyiraman secara teratur terutama saat musim kemarau. Siramlah tanaman ketika kondisi tanah terlihat kering. Hindari membasahi daunnya, ada baiknya disiram pada area akar.
  2. Agar tanaman kacapiring Anda tumbuh sehat dan berbunga lebat, lakukan pemupukan setidaknya dua kali dalam setahun. Anda bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk atau pupuk kandang.
  3. Pangkas bunga yang telah layu dan daun-daun atau ranting yang telah mati. Hal ini dilakukan agar tanaman siap memasuki masa pertumbuhan.
  4. Kacapiring rentan terhadap serangan hama seperti sisik, kutu putih, dan lalat putih. Gunakan insektisida untuk menanggulangi hama tersebut.