Taman Air penghilang stresss

Taman air dapat membuat lingkungan rumah terlihat lebih cantik dan segar. Berikut tips untuk merawat taman air agar senantiasa bersih dan sehat.

Jangan harap pikiran bisa menjadi lebih tenang kalau taman air dibiarkan tak terawat. Air yang kotor bisa menjadi sumber penyakit, tanaman yang berantakan tak sedap dipandang. Bukannya rileks, yang ada malah stres.

Kolam yang berukuran kecil lebih mudah kotor dibanding yang besar karena lebih cepat menumpuk kotoran dan lumpur. Jadi, semakin kecil kolam, makin seringlah membersihkannya.

Jaga agar dasar kolam tidak dipenuhi lumpur. Bila kolam Anda menggunakan pond-liner (cetakan kolam yang terbuat dari plastik), tak perlu khawatir dengan lumpur yang mengganggu. Jika tidak, gunakan pond vacuum untuk menyedot lumpur dan kotoran.

Hal penting lainnya, yaitu membersihkan filter air. Ketika membersihkan, keluarkan ikan-ikan dari kolam agar tak terganggu. Bersihkan air kolam hingga bersih, kemudian isi kembali dengan air, dan masukkan lagi ikan-ikan kesayangan.

Proses di atas dapat dilakukan untuk membersihkan kolam secara total. Namun jika hanya ingin membersihkan sebagian, maka cukup kuras air kolam dan ganti dengan yang baru. Saat menguras itu, bersihkan juga lumpur yang mungkin ada pada dasar kolam. Dengan begitu, air kolam berikut kehidupan di dalamnya dapat tetap sehat. Jika, kolam bersih, maka taman air pun sehat dan indah seperti yang Anda harapkan.