sinox nursery BELAJAR HELICONIA dari Tabloid Sinar Tani




Prospek Cerah Heliconia


Heliconia. Tanaman hias ini memang belum banyak dikenal masyarakat. Padahal jika melihat potensi pasarnya sangatlah besar. Contohnya, petani heliconia di Bali yang telah meraup untung besar dari usaha tani tanaman hias ini.
Sebagai salah satu jenis tanaman hias, pamor heliconia belum mentereng ketimbang tanaman hias lain, seperti anggrek. Heliconia atau bunga pisang-pisangan adalah jenis tanaman hias khas tropis. Heliconia merupakan tanaman yang mudah ditanam dan dapat tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.
Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Hasanuddin Ibrahim pada acara 1st International Heliconia Congress di Bali mengakui, masih sedikit bangsa Indonesia yang mengenal heliconia. “Jangankan heliconia, tanaman hias di Indonesia perkembangannya relatif tertinggal. Kita bandingkan dengan negara-negara lain yang jauh lebih maju,” katanya.
Padahal menurut Hasanuddin, tanaman hias heliconia makin diminati pasar dalam negeri. Bukan hanya secara estetika sangat menarik untuk hiasan di hotel-hotel, wedding organizer, florist, dekorator dan pada hari besar ataupun acara-acara keagamaan. “Pengembangan kawasan agrowisata tanaman hias berbasis heliconia juga mempunyai prospek cerah,” katanya.
Tanaman hias ini memiliki keunikan. Tanaman ini mempunyai kemampuan menyerap berbagai polutan seperti karbon monoksida atau gas buang kendaraan bermotor dan pembakaran sampah, sehingga berperan dalam perbaikan lingkungan.

Hasil gambar untuk tanaman heliconia
Direktur Budidaya dan Pascapanen Florikultura, Ani Andayani mengatakan, pemasaran heliconia masih sangat luas, baik dalam maupun luar negeri. Saat ini nilai ekspornya masih sangat kecil. Karena itu peluang pasar heliconia sangat besar. Apalagi negara produsennya sangat terbatas yakni Panama, Brasil, Vietnam, Indonesia, Malaysia dan beberapa negara Pasifik.
Jika dilihat dari harganya, tanaman hias heliconia cukup baik dibandingkan bunga potong lainnya. “Dengan budidaya yang tidak terlalu sulit, mampu memberikan hasil yang terbilang besar,” katanya.
Heliconia terdiri dari beberapa jenis dengan harganya berbeda tiap jenisnya. Heliconia psittacorum Lady Di, Heliconia psottacorum Goldilup dan Heliconia psittacorum tropic, jenis ini berbentuk kecil juga berbatang kecil, harga jualnya Rp 6 ribu per tangkai.
Sedangkan heliconia bihai kemeha-meha, Heliconia red carribea dan Heliconia bihai yellow dancer berbentuk tegak dan berwarna hijau dengan harga jual Rp 7.500 – 10 ribu per tangkai tergantung kualitas dan gradenya. Heliconia jenis Ftileffi (menjuntai besar), Filocia (berbulu) dengan harga jual Rp 15 ribu per tangkai.
Belajar dari Ketut
Jika ingin berpenghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan dari usaha pertanian? Belajarlah dari I Ketut Subagia, pemilik Sekar Bumi Tropical Farm and Florist bertanam heliconia. Sekar Bumi Tropical Farm and Florist memiliki luas produksi 18 hektar, namun masih bisa dioptimalkan hinggal 50 hektar.
Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066
Editor : Julianto