Gardenia augusta atau kacapiring

Kacapiring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
?Kacapiring
Gardenia augusta
Gardenia augusta
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rubiales
Famili: Rubiaceae
Genus: Gardenia
Spesies: G. augusta
Nama binomial
Gardenia augusta
(L.) Merr.
Sinonim
Referensi:[1]
  • G. jasminoides Ellis.
  • G. florida L.
  • G. grandiflora Sleb.
  • G. maruba Sieb. et Zucc.
  • G. pictorum Hassk.
  • G. radicans Thunb.
  • Varneria agusta L.
Kacapiring atau Kaca PiringGardenia augusta) adalah perdu tahunan dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae. Bunganya berwarna putih dan sangat harum. Tanaman juga dikenal dengan nama binomial Gardenia jasminoides yang berarti "seperti melati," walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum (Melati).
Di Bali, tanaman ini dikenal dengan nama jempiring dan bunganya merupakan maskot kota Denpasar.

Pemerian

Daun gardenia.
Kacapiring merupakan perdu tegak dengan tinggi 1-2 m.[1][2] Batangnya berkayu, bercabang, ranting mudanya terlapis lilin,[1] dengan warna hijau kecoklatan.[3]

Manfaat

Bunga ini merupakan komoditas bunga potong, digunakan dalam karangan bunga dan korsase. Daun bisa digunakan sebagai obat seriawan dan akarnya sebagai obat sakit gigi.
Buah mengandung crocin (salah satu jenis karotenoida), yang berwarna kuning cerah seperti yang terdapat pada safron. Buah yang kering merupakan bahan pewarna. Di Jepang, bahan pewarna dari Kacapiring digunakan untuk pencelupan tekstil dan pewarna kue tradisional (wagashi) dan asinan lobak (takuan).    
Kacapiring.. Apa yang menarik dari tanaman ini?
Secara kasat mata kacapiring, di Bali dikenal dengan nama jempiring dan merupakan maskot kota Denpasar, dengan bunga yang berwarna putih polos tampak menonjol dari warna daunnya yang hijau tua mengkilat. Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah, bau harum yang dipancarkannya. Bahkan beberapa kuntum kaca piring dapat mengharumkan ruangan berukuran 3 x 3 m. Saya tahu ini karena saya selalu melakukannya. 
Jadi, anda tidak perlu lagi membeli pengharum ruangan kimia yang membawa dampak kurang baik bagi tubuh manusia. Lebih-lebih bila anda memiliki anak-anak balita dan bayi. Kesadaran untuk hidup alami harus terus dikembangkan demi kesehatan dan kesejahteraan umat manusia sendiri.
Anda tertarik untuk mengenal bunga kacapiring (manfaat dan budi dayanya) lebih jauh? Silakan teruskan membaca berbagai informasi yang saya kutip dari berbagai sumber di internet.
Pada umumnya bunga kacapiring (Gardenia) banyak dipelihara orang sebagai tanaman hias. Orang-orang juga sering memanfaatkan kaca piring menjadi pagar hijau yang memiliki aroma harum.
Kacapiring termasuk tumbuhan perdu dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae.  Tanaman juga dikenal dengan nama binomial Gardenia jasminoides yang berarti "seperti melati," walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum (Melati).
Selain itu kacapiring berumur tahunan dengan banyak cabang, ranting maupun daun yang lebat. Kelebihan dari bunga kacapiring ini adalah bahwa kacapiring mudah tumbuh di sembarang tempat, baik di daerah dingin maupun panas. Namun, tumbuhan ini lebih cocok di daerah pegunungan atau lokasi yang tingginya lebih dari 400 meter di atas permukaaan laut.
Batang pohon kaca piring mampu mencapai ketinggian sekitar 1-2 meter. Bunganya berukuran besar, indah, mirip dengan bunga mawar putih dengan tajuk-tajuk melingkar dan bersusun membentuk satu kesatuan yang anggun. Daunnya berbentuk oval, tebal, licin dan mengilap pada permukaan telapak daun bagian atasnya.