Mengatasi rumput liar di Taman






Rumput liar atau Gulma atau tanaman yang tidak diharapkan tumbuh/tanaman pengganggu yang mana keberadaannya sangat merugikan tanaman utama dalam hal ini adalah tanaman taman karena menyerap unsur hara yang dibutuhkan tanaman taman. Pengaruh gulma memang tidak terasa pengaruhnya terhadap tanaman taman dibandingkan dengan tanaman hortikultura dan tanaman buah. namun demikian jika hal ini dibiarkan terus menerus dapat merusak pertumbuhan tanaman taman.
Dari mana asal gulma? Biji-biji gulma atau bagian lain dari gulma seperti akar, umbi pada tanaman taman biasanya berasal dari tanah taman, pupuk kandang dan tanah asal. Pengambilan tanah untuk taman yang sembarangan misalnya dari tanah produktif/tegal justru akan menyusahkan kita dikemudian hari, karena gulma akan banyak bermunculan. Demikian juga dengan pupuk kandang, baik itu pupuk kandang sapi maupun kambing. Kita tahu kedua ternak tersebut mengkonsumsi rumput-rumput segar, daun dan biji yang matang.Biji-biji tersebut akan keluar kembali bersama kotoran dan merupakan titik awal tumbuhnya gulma.
Bagaimana cara mengatasinya? ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, yaitu :
  1. Cara mekanik, mencabut seluruh rumput liar yang mengganggu sampai ke akarnya, halnya ini dilakukan secara terus-menerus selama 3 bulan
  2. Cara Kimiawi, dengan menggunakan herbisida. ada beberapa macam herbisida yang beredar di pasaran dengan sifat untuk memberantas gulma berdaun lebar dan gulma yang tergolong rumput-rumputan. Misalnya herbisida Gool, Round Up dan lain-lain.
Gimana cara pencegahan saat gulma belum muncul? gunakan tanah taman dari endapan sungai/tanah katel, gunakan pupuk yang sudah terfermentasi sempurna dan cabut gulma sedini mungkin jika ada.
Kalau anda orang yang sibuk dan tidak sempat dipusingkan dengan urusan perawatan taman/service taman maka anda dapat menggunakan jasa pembuatan taman yang biasanya juga membuka jasa perawatan taman.
Share on Google Plus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Copyright SINOX NURSERY